Ingin Punya Banyak Uang? Ikuti 10 Cara Menghemat Uang Ini

Cara menghemat uang
Cara menghemat agar punya uang banyak. Photo by Pixabay
Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Waktu baca: 4 menit

Di zaman seperti sekarang ini dimana harga-harga seperti bahan pokok atau lainnya sering tidak stabil bahkan cenderung sering naik, kamu haruslah pintar-pintar dalam mengatur keuangan. Apalagi jika ada kebutuhan yang mendadak dan harus mengeluarkan biaya tentunya kamu harus punya uang atau dana di saat itu pula. Mungkin dengan meminjam uang, masalah sementara akan teratasi namun jika kamu tidak sanggup untuk melunasinya sampai tempo yang ditentukan pasti akan menambah masalah baru. Untuk itu, sebelum masalah seperti di atas terjadi sebaiknya kamu berjaga-jaga sejak dari lama atau jauh-jauh hari untuk mengantisipasi terjadinya masalah yang lebih besar. Perlu kamu ketahui bahwa ada 10 cara menghemat uang yang akan dijelaskan di sini.

Salah satu cara yang bisa untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah menabung sedikit atau sebagian uang yang kamu miliki dan dapatkan. Dengan menabung, kamu seperti sudah menyiapkan bekal dan persiapan di masa depan jika tiba-tiba terjadi suatu hal mendesak. Selain itu, keuntungan dari menabung adalah ketika kamu sedang menginginkan sesuatu barang yang sangat diinginkan dapat dengan mudah kamu beli karena sudah memiliki uang untuk membelinya.

Baca juga: Cara Agar Bisa Menabung Demi Masa Depan Cerah

Menabung atau menghemat uang memiliki tips sekaligus caranya agar cepat terkumpul. Kamu mau tahu apa saja caranya? Nah, berikut adalah beberapa cara dari 10 cara untuk menghemat uang kamu, simak ya!

Niatkan diri yang kuat untuk berhemat uang

Ingat tujuan kamu berutang.
Niatkan diri untuk hemat. Photo by @travisessinger

Hal pertama yang harus dilakukan untuk bisa menghemat uang-mu adalah kamu harus benar-benar niat dan berkomitmen bahwa kamu akan mulai berhemat mulai dari hari ini. Dengan tekad yang kuat, kamu akan lebih mantap dan yakin untuk lebih disiplin lagi dalam mengelola keuangan.

Catat dan lacak semua pengeluaran

Perencanaan keuangan keluarga.
Catat pengeluaran. Photo by Pexels

Kamu harus mencatat dan mengingat-ingat semua pengeluaran atau biaya yang sudah kamu gunakan. Dengan begitu, kamu akan lebih berhati-hati lagi dalam membeli barang atau sesuatu yang lain agar tidak terlalu boros.

Kupon belanja dan promo, ayo dimanfaatkan!

10 cara menghemat uang
Memanfaatkan promo dan diskon agar lebih hemat. Photo by Pexels

Memanfaatkan promo dan kupon belanja itu perlu bagi kamu yang sedang mulai berhemat. Menggunakan kedua hal tersebut tentu akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan saat kamu belanja di tempat itu.

Hindari utang

Saat memutuskan resign, jangan berhutang.
Hindari utang. Photo by Pexels

Jangan berutang karena bisa saja kamu sulit untuk melunasinya. Usahakanlah untuk membayar tunai atau secara langsung jika masih bisa. Hal itu karena dengan tidak berutang maka akan mengurangi beban pikiranmu, selain itu juga tidak berutang akan membuatmu lebih tenang dalam bekerja serta gaji akan aman atau pendapatan karena tidak harus dikurangi untuk membayar utang.

Cari sumber penghasilan tambahan atau kerja sampingan

Bisnis sampingan
Bisnis sampingan bisa menambah pemasukan. Photo by Pixabay

Jika kamu sudah berhemat namun masih sulit untuk mengumpulkan uang, maka carilah pekerjaan tambahan yang akan menambah penghasilan. Kamu bisa berjualan online misalnya sebagai pekerjaan sampinganmu.

Jangan bersaing dengan teman dan tetangga tentang gaya hidup

Tidak peduli lingkungan.
Bersaing dengan tetangga. Photo by @truefriend865

Jangan ikuti gaya hidup mewah yang sering dipamerkan oleh tetangga atau temanmu. Itu hanya akan membuatmu menjadi boros dan sulit untuk mendapatkan uang yang banyak. Pakailah gaya hidup yang sederhana dan apa adanya sesuai dengan kemampuanmu, dengan begitu kamu akan lebih hemat dan mungkin uang yang dimiliki lebih banyak dari orang-orang yang bergaya hidup mewah.

Hindari membeli barang yang tidak dibutuhkan dan yang tidak mampu untuk dibeli

Bergaya hidup mewah.
Bergaya hidup mewah. Photo by @freestocks

Salah satu cara lagi dari 100 cara untuk menghemat uang kamu adalah belilah barang atau bahan makanan yang sekiranya dibutuhkan dan mampu dibeli. Jangan mudah tergiur dengan barang-barang baru yang kelihatannya bagus ataupun enak. Jika kamu mudah tergiur, maka akan sulit untuk bisa lebih berhemat.

Lihat dan bandingkan barang sebelum membeli

miliki barang yang sesuai dengan kebutuhanmu.
Beli dan miliki barang yang sesuai dengan kebutuhanmu. Photo by @charlesdeluvio

Sebelum membeli suatu barang sebaiknya kamu bandingkan harga-harga dari beberapa merek. Carilah yang sesuai yang dibutuhkan namun harganya lebih terjangkau.

Belanja bahan makanan lebih baik di pasar tradisional daripada di minimarket atau supermarket

Pengeluaran untuk konsumsi.
Belanja di pasar tradisional. Photo by Pexels

Membeli bahan makanan di pasar tradisional harganya pasti akan lebih murah daripada membeli di supermarket. Hal itu karena kamu tidak harus dikenai pajak saat pembayaran nanti.

Memasak makanan sendiri atau hindari terlalu banyak jajan makanan di luar

Makan bersama
Kurangi makan di luar. Photo by Rawpixel

Kurangi jajan makanan di luar dan masak sendiri saja. Banyak jajan akan membuat kamu lebih boros karena harga makanan pasti akan lebih mahal, berbeda jika memasak sendiri. Selain itu, masak makanan sendiri akan lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Itulah beberapa cara dari 10 cara untuk menghemat uang kamu yang ada, yang mungkin bisa kamu coba terapkan di rumah. Masih ada banyak cara lagi untuk menghemat uang, jadi mulailah berhemat dari sekarang!


Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

You may also like...