SMS Blast Adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Tutorialnya

SMS Blast adalah
SMS Blast Adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Tutorialnya. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Strategi marketing atau pemasaran untuk meningkatkan penjualan usaha sangat beragam. Salah satu strategi yang kini banyak digunakan adalah SMS Blast. Secara sederhana, SMS Blast adalah strategi pemasaran dengan cara mengirimkan pesan ke banyak nomor telepon.

Bagaimana sistem kerja atau cara SMS Blast? Apa saja kelebihan dan kekurangan strategi marketing yang satu ini? Pengertian, cara kerja , kelebihan, kekurangan, tips, dan berbagai informasi lainnya tentang SMS Blast akan dibahas melalui artikel ini!

SMS Blast untuk Marketing

SMS singkatan dari Short Message Service yang merupakan fitur untuk mengirim serta menerima pesan teks. Fitur SMS dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan promosi atau marketing suatu perusahaan, baik untuk branding atau menawarkan jasa dan produk.

Strategi marketing atau kegiatan promosi tersebut dikenal dengan nama SMS Blast. Blast SMS juga dikenal dengan istilah lainnya, seperti SMS Broadcast. Istilah Blast adalah istilah yang memiliki arti ledakan atau sesuatu yang besar.

SMS Blast itu apa? SMS Blast adalah suatu strategi marketing atau promosi produk/ jasa perusahaan yang dilakukan dengan mengirimkan pesan teks dari satu sumber server ke banyak nomor telepon. SMS blasting berisi pesan teks yang sama. 

Secara sederhana, manfaat SMS Blast adalah memberikan informasi produk/ jasa kepada banyak target pasar sebagai strategi marketing untuk meningkatkan penjualan.

Pengiriman SMS Blast ke banyak nomor dapat dijadwalkan secara manual, sementara itu biaya pengiriman ditanggung oleh pengirim. Namun, ada juga SMS Blast gratis. SMS Blast Telkomsel maupun operator lainnya dapat dijangkau dengan mudah.

Baca juga: Strategi Bisnis di Masa Pandemi yang Para Pengusaha Tangguh Terapkan

Kelebihan dan Kekurangan SMS Marketing

SMS Blast sebagai strategi marketing memiliki beberapa kelebihan, sehingga banyak perusahaan yang menggunakannya. Selain itu, strategi marketing ini juga memiliki beberapa kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari SMS Blast?

1. Kelebihan SMS Blast

Kelebihan SMS Blast adalah dapat mengirim pesan dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu tertentu. Selain itu, berikut ini beberapa kelebihan lainnya dari SMS Blast, yaitu:

  • Identitas nama pengirim dapat diatur menggunakan nama maupun nomor telepon.
  • Pengiriman SMS dalam jumlah besar dapat dilakukan dalam waktu singkat.
  • Dapat mengirimkan pesan SMS ke semua operator.
  • Mudah dilakukan dan tepat sasaran.
  • Cocok untuk semua jenis ponsel.
  • Lebih ramah lingkungan karena menggunakan media digital.
  • Bersifat pribadi dan langsung.
  • Tidak memerlukan biaya yang besar, seperti promosi secara offline.

2. Kekurangan SMS Blast

Meskipun memiliki banyak kelebihan, SMS Blast juga memiliki kekurangan. Kekurangan SMS Blast adalah penerima pesan dapat menganggap pesan sebagai spam dan merasa terganggu ketika SMS Blast didapatkan terus menerus. 

Selain itu, kekurangan lainnya adalah adanya kemungkinan SMS Blast tidak dibaca oleh penerima pesan atau bahkan diabaikan begitu saja.

Tips Melakukan SMS Blast

Bagaimana cara melakukan SMS Blast? Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini ketika akan melakukan SMS Blast untuk keperluan marketing, yaitu:

1. Menentukan Tujuan Utama yang Akan Dicapai

Tips yang pertama adalah menentukan tujuan dari SMS Blast yang akan dilakukan. Pastikan tujuan tersebut sudah spesifik, measurable, achievable, relevant, dan time spesifik. Tujuan SMS Blast harus dipahami agar dapat berjalan dengan baik sesuai target pelanggan.

2. Memahami Ketentuan dan Regulasi SMS Blast

Pastikan juga Anda memahami ketentuan dan regulasi atau peraturan dalam membuat maupun mengirimkan SMS Blast. Cobalah untuk mencari referensi dari lembaga regulasi resmi atau jasa konsultan, seperti Badan Regulasi Telekomunikasi di Indonesia.

Memahami ketentuan peraturan SMS Blast tentunya akan membuat Anda terhindar dari kesalahan penerapan strategi marketing tersebut.

3. Pesan SMS yang Dikirim 160 Karakter

SMS Marketing yang akan dikirimkan sebaiknya tidak terlalu panjang dan dibatasi maksimal 160 karakter. Tujuannya agar SMS tidak dikirimkan dalam dua bagian yang terpisah dan tidak mengganggu pelanggan yang menerimanya.

4. Mengirimkan SMS Blast Kepada Pelanggan Terdaftar

Tips lainnya yang dapat digunakan adalah sebaiknya menyebarkan SMS kepada pelanggan terdaftar. Artinya, pelanggan tersebut memang bersedia memberikan nomor teleponnya pada usaha bisnis perusahaan Anda.

Jika memiliki database, maka Anda juga bisa mengirimkan pesan kepada pelanggan di dalam database tersebut.

5. Jangan Lupa Sisipkan URL

Sisipkan juga URL yang singkat sebagai rujukan atau arahan pelanggan. Pelanggan yang merasa tertarik dengan promosi SMS Blast nantinya dapat membuka link atau URL tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

6. Pastikan Mengirim SMS Blast di Waktu yang Tepat

SMS Blast berisi promosi atau informasi penting lainnya sebaiknya dikirimkan pada waktu yang tepat. Tujuannya adalah agar peluang SMS tersebut dibaca oleh penerima lebih tinggi, sehingga tujuan dari strategi marketing SMS Blast dapat tercapai.

Waktu yang tepat adalah ketika banyak orang santai atau memiliki waktu luang membuka ponsel. 

Alat-alat SMS Marketing untuk SMS Blast

SMS Blast dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan tools atau alat tertentu. Apa saja alat atau tools yang dapat digunakan? Berikut ini daftar beberapa tools SMS Blast yang mudah untuk digunakan, yaitu:

1. Wavecell

Wavecell didukung dengan teknologi cloud, sehingga Anda bisa melakukan integrasi menggunakan API atau SDK. Di dalam tools ini terdapat fitur Messaging Solutions dan Live Video Interaction yang dapat diintegrasikan dengan platform apa saja.

2. Clickatell

Pengiriman pesan SMS Blast menggunakan Clickatell dapat menjangkau hingga 6 miliar pengguna ponsel di seluruh dunia. Pengiriman pesan tersebut pun hanya membutuhkan waktu singkat beberapa menit.

3. AyoSMS

AyoSMS juga merupakan salah satu tools SMS Marketing yang memanfaatkan fitur Buku Telepon di dalamnya. Tools yang satu ini dapat digunakan untuk mengatur jadwal pengiriman SMS secara otomatis. 

Selain itu, AyoSMS juga dapat terhubung dengan HTTP dan SMPP ke SMS Gateway dan juga operator seluler di seluruh dunia.

Cara Mengukur Kesuksesan SMS Marketing

Keberhasilan dari SMS Marketing yang sudah dilakukan dapat diukur menggunakan cara tertentu. Cara mengukur keberhasilan SMS Blast adalah menggunakan metode Subscriber Growth, Subscriber Churn Rate, Cross Channel Engagement, dan Redemption Rate.

  • Subscriber Growth: mengukur pertumbuhan user yang menjadi pelanggan.
  • Subscriber Churn Rate: menghitung user yang berhenti berlangganan.
  • Cross Channel Engagement: dilakukan dengan menerapkan A/B testing.
  • Redemption Rate: mengukur keaktifan pelanggan yang memberikan respon terhadap SMS Blast.

SMS Blast adalah strategi marketing yang dilakukan dengan mengirimkan pesan SMS kepada banyak pengguna atau pelanggan. Strategi marketing yang satu ini memiliki banyak kelebihan, sehingga banyak pihak yang menggunakannya untuk promosi.

Mungkin Anda juga menyukai