Kena PHK Saat Pandemi? Begini Cara Bertahan dan Bisa Dapat Pekerjaan Lagi

PHK saat pandemi
Kena PHK Saat Pandemi? Begini Cara Bertahan dan Bisa Dapat Pekerjaan Lagi. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Gelombang pandemi covid-19 kembali menghantam Indonesia dengan kehadiran varian baru, seperti Delta Cs. Kondisi ini membuat kondisi ekonomi kembali goyah. Banyak orang kena PHK saat pandemi. Apakah kamu termasuk salah satunya TemanKlik?

Jika iya, kamu tentu harus memutar otak agar bisa tetap bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan sehari-hari pasca di PHK. Lantas apa saja yang harus dilakukan saat kena PHK saat pandemi? Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Kurangi pengeluaran
Tidak mencatat pengeluaran.
Kurangi pengeluaran. Photo by Moneyglare

Pengeluaran merupakan pos keuangan yang harus diperhatikan saat kena PHK. Meski mendapatkan pesangon atau punya dana darurat, usahakan untuk tidak boros dalam membelanjakan uangmu.

Periksa kembali daftar anggaran, terutama di bagian pengeluaran. Coret pengeluaran yang tidak penting dan bisa ditunda. Lalu, fokuskan anggaranmu untuk memenuhi kebutuhan harianmu. Untuk sementara waktu sampai kamu dapat pekerjaan baru, kencangkan ikat pinggang ya TemanKlik.

  • Mencari pemasukan baru
Bisnis sampingan
Bisnis sampingan bisa menambah pemasukan. Photo by Pixabay

Saat sedang tidak bekerja dan butuh pemasukan, hilangkan gengsi. Lakukan pekerjaan apa saja asal halal. Ingat, kamu memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi setiap harinya seperti makan, cicilan utang jika ada, tagihan listrik, dan air. Sebab, jika menunggak. ada risiko yang akan kamu tanggung.

Jika belum mendapat pekerjaan yang sesuai dengan kariermu sebelumnya, carilah pekerjaan paruh waktu atau berdagang apapun yang kammu bisa. Setidaknya kamu bisa memenuhi kebutuhan sehari-harimu terlebih dahulu. Sebab, berapapun yang kamu peroleh tentu akan sangat membantu di masa-masa sulit ini.

  • Tingkatkan keahlian
Punya skill
Belajar skill baru. Photo by Rawpixel

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan keahlian. Salah satunya ialah mendaftar Kartu Prakerja yang mana nantinya kamu akan memperoleh bantuan uang dari pemerintah sebesar Rp3,5 juta untuk mengikuti kelas atau kursus yang dapat meningkatkan keahlianmu.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Kartu Pra Kerja?

Selain itu, kamu juga bisa belajar dengan mengikuti seminar, kursus singkat, ataupun pelatihan gratis yang disediakan berbagai platform.

Dengan begitu, kamu bisa punya nilai tambah saat ingin melamar pekerjaan baru. Selain itu, pendidikan atau pelatihan yang kamu ikuti bisa dicantumkan di CV beserta sertifikatnya sehingga bisa dijadikan bahan pertimbangan oleh perusahaan yang kamu lamar.

  • Gadaikan atau jual barang berharga
PHK saat pandemi
Gadaikan perhiasan. Photo by @amyhumphries

Untuk mendapatkan dana segar dan cepat, alternatif yang bisa dilakukan ialah menggadaikan atau menjual barang berhargamu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tindakan ini merupakan tindakan yang masuk akal daripada harus berurusan dengan pihak lain karena pinjam uang. Sebab, jika utang sudah jatuh tempo, pasti kamu akan ditagih.

  • Agresif dalam melamar pekerjaan
PHK saat pandemi
Agresif dalam mencari pekerjaan. Photo by Pixabay

Kondisi PHK mendadak tentu membuatmu belum memiliki alternatif pekerjaan pengganti. Maka dari itu, jangan berlama-lama berdiam diri saja. Lebih baik, segera perbarui CV lalu sebarkan ke berbagai perusahaan. Terlebih lagi, saat ini untuk melamar pekerjaan sangat mudah. Cukup melamar secara online melalui beberapa platform yang tersedia. Atau kamu juga bisa bertanya ke teman atau kerabat, siapa tau mereka punya informasi terkait lowongan pekerjaan.

Demikian cara-cara yang bisa dilakukan untuk bertahan hidup ketika terkena PHK saat pandemi. Ingat, selama kamu terus berusaha tentu akan ada jalan keluar. Mungkin memang saat ini kamu sedang berada di titik terbawah. Namun, yakinlah dengan sabar, optimis, dan pantang menyerah ya TemanKlik!


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai