Inilah 10 Pengusaha Wanita Indonesia yang Sukses dan Inspiratif

Seorang wanita sedang fokus
Inilah 10 Pengusaha Wanita Indonesia yang Sukses dan Inspiratif. Photo by Pixabay
Waktu baca: 5 menit

Banyak sekali kaum wanita yang saat ini ternyata masih merasa minder dan insecure pada diri sendiri untuk bisa menjadi seorang pengusaha sukses seperti halnya kaum laki–laki. Pada dasarnya, kaum perempuan bisa meraih kesuksesan yang ada dengan mengandalkan niat, usaha dan tekad besar yang ditanamkan pada diri sendiri. Namun jika kamu mungkin masih belum yakin pada diri sendiri untuk bisa meraih kesuksesan di masa depan, ada baiknya untuk menyimak beberapa contoh pengusaha sukses wanita di Indonesia inspiratif yang mampu membangun usahanya dari nol hingga bisa sesukses seperti sekarang berikut ini. 

10 Pengusaha Wanita Indonesia yang Sukses

  • Aulia Halimatussadiah
Aulia Halimatussadiah, pengusaha wanita sukses
Aulia Halimatussadiah. Photo by Detik

Salah satu pengusaha inspiratif Indonesia dan sukses yang bisa menginspirasi banyak kalangan wanita untuk meraih kesuksesannya yakni Aulia Halimatussadiah yang membangun usahanya benar–benar dari nol. Berangkat dari sekadar hobinya yakni menulis dan teknologi, Aulia pernah mendirikan sebuah situs nulisbuku.com sebagai platform untuk menerbitkan buku sendiri pertama di Indonesia.

Melalui platform tersebut, para penulis pemula merasa terbantu untuk mulai menerbitkan karyanya sendiri tanpa harus melalui berbagai seleksi. Tidak hanya menerbitkan buku dan membangun platform, Aulia juga turut membangun toko online untuk berbagai macam genre buku. 

  • Catherine Hindra Sutjahyo
Catherine Hindra Sutjahyo. salah satu pengusaha wanita sukses
Catherine Hindra Sutjahyo. Photo by Kumparan

Jika kamu pernah mendengar sebuah marketplace Zalora, maka harus berkenalan dulu dengan pendirinya yang tak lain adalah Catherine Hindra Sutjahyo. Ya, Catherine merupakan sosok di balik kesuksesan platform Zalora hingga sekarang ini. Terlebih lagi, Zalora kini menjadi tempat berbelanja produk fashion online yang mampu bersaing dengan para marketplace lain di pasaran. Bermula dari keberanian Catherine yang memutuskan resign dari perusahaan ternama, wanita ini justru berambisi kuat untuk memulai sebuah bisnis di Indonesia. Dari situlah semuanya berhasil terbayar dengan kesuksesan yang dicapainya sekarang. 

  • Nurhayati Subakat
Nurhayati Subakat
Nurhayati Subakat. Photo by Kumparan

Mungkin saja kalangan masyarakat atau bahkan kamu sendiri kurang familiar dengan nama Nurhayati Subakat yang dikenal sebagai salah satu dari banyaknya wanita yang menjadi pengusaha sukses di Tanah Air. Akan tetapi, jika kamu pernah menggunakan produk kecantikan dari brand Wardah, Putri dan Make Over, tentu tidak menyangka jika Nurhayati merupakan sosok wanita dibalik kesuksesan produk–produk tersebut di pasaran.

Wanita lulusan farmasi dan pernah berkarir di bidang kosmetik ini, pernah mendirikan sebuah usaha kosmetik versi sendiri tetapi tidak berjalan mulus. Namun dengan semangatnya yang luar biasa, Nurhayati bisa bangkit hingga menjadikan produknya bisa dikenal luas oleh masyarakat seperti sekarang.  

  • Grace Tahir
Grace Tahir
Grace Tahir. Photo by Kompas

Berikutnya ada nama Grace Tahir yang juga merupakan pengusaha sukses yang membangun bisnis dari nol. Grace sendiri merupakan seorang direktur dari Rumah Sakit Mayapada dan memiliki tekad yang kuat untuk mengembangkan bisnis platform-nya bernama Pilihdokter di tahun 2014 silam. Melalui platform kesehatan tersebut, pasien bisa dengan mudah untuk melakukan layanan konsultasi dengan dokter sesuai dengan keluhan yang diderita pasien.

Hadirnya platform Pilihdokter ini siapa sangka berhasil mendekatkan pasien dengan dokter sekaligus memudahkan untuk konsultasi. Bahkan, platform tersebut masih terus dipakai masyarakat hingga saat ini.

Baca juga: Macam-Macam Gaya Kepemimpinan dalam Sebuah Organisasi

  • Martha Tilaar
Martha Tilaar.
Martha Tilaar. Photo by CNN

Sebagai warga negara Indonesia, kamu tentu pernah mendengar salah satu produk kosmetik lokal bernama Martha Tilaar, bukan? Ya, kesuksesan produk kosmetik lokal di pasaran ini tentu saja tidak jauh dari sosok wanita berbisnis sukses di dalamnya yang juga bernama Martha Tilaar. Martha sendiri merupakan salah satu sosok pengusaha sukses yang berhasil membangun kerajaan bisnis kosmetik di Tanah Air dari nol bahkan hingga banyak dicintai oleh kalangan masyarakat.

Awal mulanya, Martha yang lulus dari pendidikan kecantikan di Amerika Serikat mendirikan bisnis kecantikan di garasi rumahnya. Dan seiring dengan berjalannya waktu, bisnis tersebut kini menjadi andalan bagi para penggunanya.

  • Veronika Linardi
Veronika Linardi
Veronika Linardi. photo by Klub Wanita

Veronika Linardi juga termasuk dalam jajaran pengusaha wanita sukses dari nol. Veronika sendiri merupakan pendiri platform Qerja yang mana memudahkan para calon karyawan untuk melihat nilai perusahaan yang akan dilamar sampai dengan perkiraan gaji yang nantinya bisa diterima. Tidak hanya itu, platform ini juga membagikan informasi mengenai pekerjaan yang sedang dibutuhkan para calon karyawan. Mengenai latar belakang Veronika sendiri yakni bergerak di bidang sumber daya manusia sehingga hal inilah yang mendorongnya untuk membuat platform Qerja tersebut. 

  • Nabilah Alsagoff
Nabilah Alsagoff
Nabilah Alsagoff. Photo by Kumparan

Pengusaha sukses wanita yang juga sangat menginspirasi bagi semua kalangan wanita Indonesia yakni Nabilah Alsagoff. Nabilah sendiri dikenal sebagai seorang pendiri dari fintech bernama DOKU yang merupakan startup yang memiliki konsep seperti halnya dompet digital. Sebelum mencapai kesuksesannya, Nabilah merupakan seorang PNS yang bekerja di bagian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Namun berkat jiwa bisnisnya yang kuat, wanita ini berani keluar dari comfort zone dan memilih untuk mendirikan usahanya sendiri hingga akhirnya mencapai kesuksesan seperti sekarang ini. 

  • Diajeng Lestari
diajeng lestari
Diajeng Lestari. Photo by Tribunnews

Terhitung dari tahun 2011 silam, nama Diajeng Lestari dikenal sebagai pendiri sebuah usaha fashion khusus untuk busana muslim bernama Hijup yang hingga sekarang banyak dikenal oleh para pecinta busana Islam. Wanita yang berhasil membangun bisnis usahanya dari nol dan sukses seperti sekarang ini, pertama kali mengaku mengalami kesulitan saat membangun usahanya. Bahkan, tak sedikit para investor yang mengaku menolak bisnis Diajeng karena ragu dengan kemampuannya yang sudah menikah dan menjadi seorang ibu. Namun karena jiwanya yang pantang menyerah, siapa sangka Diajeng berhasil membuktikan kesuksesannya seperti sekarang. 

  • Hanifa Ambadar
Hanifa Ambadar
Hanifa Ambadar. Photo by Kumparan

Tokoh wirausahawan yang sukses di Indonesia selanjutnya yakni Hanifa Ambadar yang mana mendirikan bisnis dari hobi menulisnya. Hanifa sendiri merupakan seorang pemilik dari situs menulis Female Daily Network yang mana berisikan beragam informasi yang berhubungan dengan wanita. Tentu saja, ini sangat membantu para pembaca khususnya mereka yang merupakan kaum wanita, bukan?

Sejak didirikan pada tahun 2005 silam, situs yang dibuat oleh Hanifa ini memiliki banyak sekali anggota yang semakin hari semakin bertambah hingga bisa sesukses seperti sekarang. Tidak heran jika Hanifa dikenal sebagai salah satu pengusaha wanita yang sukses membangun usahanya dari nol hingga sekarang.

  • Intan Anggita Pratiwie
Intan Anggita Pratiwie.
Intan Anggita Pratiwie. Photo by Pijak Bumi

Sosok pengusaha wanita sukses yang juga tak kalah menginspirasi para kaum wanita yakni Intan Anggita Pratiwie. Ya, Intan dikenal sebagai sosok yang unik karena dikenal sebagai pebisnis barang–barang daur ulang. Wanita yang merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung ini justru mendapat gelar master di bidang seni di Institut Musik Daya Indonesia.

Kemudian, Intan turut mempelajari seni daur ulang yang memang menjadi passion-nya sejak lama. Karena itulah, Intan akhirnya terdorong untuk terlibat langsung dalam isu pengurangan sampah fashion. Bahkan dengan support dari keluarganya, Intan akhirnya membuat brand pakaian daur ulang dari yang awalnya bernama “Sight From The East” menjadi “Sight From The Earth” yang akhirnya bisa sesukses seperti sekarang ini.  

Demikianlah 10 pengusaha sukses wanita di Indonesia yang dapat menginspirasi bagi semua kalangan wanita untuk bisa sukses meraih impiannya dengan niat, tekad dan kerja keras dalam diri.

Artikel Lainnya