Simak Pengertian dan Contoh Investasi Jangka Panjang yang Memberikan Banyak Keuntungan di Masa Depan

Ilustrasi investasi untuk jangka panjang
Simak Pengertian dan Contoh Investasi Jangka Panjang yang Memberikan Banyak Keuntungan di Masa Depan. Photo by @frankbusch
Waktu baca: 4 menit

Dalam menjamin masa depan yang lebih baik di masa depan, seseorang atau bahkan kamu sendiri di rumah perlu yang namanya melakukan perencanaan keuangan. Hal ini sangat penting dilakukan lantaran masalah keuangan memiliki peranan vital dalam menunjang kualitas kehidupan di masa mendatang.

Sehingga, jika kamu menginginkan kondisi keuangan yang sehat, maka dari itu sangat penting untuk melakukan investasi jangka panjang sejak dini agar memberikan banyak keuntungan nantinya. 

Kendati begitu, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan investasi jangka panjang dan contoh produk investasi yang bisa menjadi solusi pilihan yang tepat? Jika kamu penasaran, maka bisa menyimak informasi lebih jelasnya di artikel berikut ini. 

Investasi Jangka Panjang

Ilustrasi investasi
Investasi jangka panjang. Photo by Pixabay

Dalam mendukung keuangan, investasi menjadi salah satu langkah terbaik yang bisa kamu lakukan saat ini agar dapat memberikan sejumlah keuntungan di masa depan nantinya. Bahkan dengan melakukan investasi ini, kamu bisa berpeluang untuk menjadikan hal ini sebagai sumber penghasilan utama dalam mendukung keuangan sehari – hari.

Investasi sendiri umumnya dapat dibedakan menjadi 3 jenis yakni investasi jangka panjang, investasi jangka menengah dan investasi jangka panjang. Dari ketiga jenis investasi yang disebutkan di atas, di sini kita akan membahas lebih lanjut mengenai investasi jangka panjang. Lantas, tahukah kamu mengenai apa yang dimaksud dengan investasi jangka panjang?

Umumnya, investasi jangka panjang sendiri dikatakan sebagai investasi di dalam keuangan yang memiliki masa paling lama, yakni setidaknya di atas 5 tahun. Diklaim sebagai investasi yang memiliki potensi keuntungan yang cukup besar, investasi jangka panjang ini diharapkan dapat menjadi sumber penghasilan tetap di dalam keuangan di masa depan. 

Meski demikian, kamu juga perlu tahu bahwa untuk investasi jangka panjang ini sendiri umumnya memerlukan modal yang cukup besar meskipun ada juga yang bisa dimulai dengan modal kecil. Adapun untuk tujuan masa depan keuangan yang lebih baik, investasi jenis ini dikatakan dapat memiliki imbas hasil yang maksimal ketika kamu nantinya mencairkan dana investasi setelah jangka waktu tertentu, yakni minimal 5 tahun. 

Contoh Investasi Jangka Panjang

Ilustrasi investasi saham
Investasi saham salah satu contoh investasi jangka panjang. Photo by Pexels

Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan investasi jangka panjang demi menunjang masa depan keuangan yang lebih baik, ada baiknya untuk mengetahui lebih dulu apa saja produk investasi yang ditawarkan di dalam jenis investasi yang satu ini. Dalam investasi jangka panjang ini umumnya terdapat beberapa contoh produk investasi yang bisa menjadi pilihan di antaranya yakni sebagai berikut :

  • Saham

Salah satu jenis investasi jangka panjang yang berpotensi memberikan banyak keuntungan bagi para investor yakni investasi saham. Dalam praktiknya sendiri, investasi saham ini umumnya akan mengharuskan kamu untuk menanamkan sejumlah modal ke dalam perusahaan tertentu.

Adapun pada investasi ini, kamu nantinya akan memperoleh penghasilan melalui dua sumber berbeda yakni dari pembagian keuntungan yang dilakukan antara perusahaan kepada para pemilik saham dan selisih antara harga jual dan harga beli yang diperoleh dari saham tersebut saat kamu menjualnya. 

  • Obligasi 

Yakni surat hutang yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan milik pemerintah maupun perusahaan milik swasta. Ketika kamu memilih berinvestasi ke dalam obligasi ini, maka nantinya akan memperoleh surat hutang ini sebagai bukti peminjaman dana kamu kepada pihak perusahaan terkait.

Adapun untuk investasi yang kamu pilih ini nantinya akan menghasilkan sjumlah bunga obligasi yang dapat dibayarkan secara rutin, berkala maupun sekaligus ketika perusahaan melakukan pelunasan terhadap investasi obligasi yang kamu lakukan. 

  • Properti 

Zaman sekarang, investasi properti menjadi salah satu investasi jangka panjang yang cukup populer di kalangan para investor. Meski demikian, kamu juga perlu tahu bahwa untuk contoh produk investasi jangka panjang ini umumnya memerlukan dana yang cukup besar.

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir lantaran modal dana yang dikeluarkan nantinya akan sebanding dengan hasil keuntungan yang bisa kamu peroleh dari investasi properti tersebut. beberapa investasi properti ini bisa berupa rumah kost, ruko, rumah kontrakan, apartemen dan lain – lain.

  • Reksadana

Bagi kamu yang mungkin tidak memiliki banyak waktu dalam mengelola investasi secara mandiri, maka reksadana bisa menjadi solusi paling tepat untuk dipilih. Hal ini dikarenakan, investasi jenis ini umumnya sudah dikelola oleh seorang manajer investasi yang terbilang profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Adapun di sini, kamu nantinya akan memperoleh hasil keuntungan investasi yang nantinya akan dialokasikan ke dalam berbagai instrumen investasi berbeda untuk nantinya diterapkan dengan lebih baik.

  • Emas

Pilihan produk investasi jangka panjang yang terakhir bisa kamu pilih dari emas. Dimana, produk investasi ini terbilang banyak diminati di kalangan masyarakat. Ini dikarenakan, emas memiliki harga yang terbilang cukup stabil dan cenderung mengalami peningkatan.

Di samping itu, produk investasi jangka panjang ini juga dapat kamu lakukan dengan hanya menggunakan modal yang relatif kecil. Sehingga, kamu bisa melakukan investasi jangka panjang dengan emas secara mudah dengan keuntungan yang lumayan besar. 

Baca juga: Haruskah Kamu Ikut Investasi Emas Online yang Sedang Tren?

Itulah sekilas informasi penting bagi kamu mengenai apa yang dimaksud dengan investasi jangka panjang dan berbagai contoh produk investasi yang dapat menjadi pilihan terbaik demi menunjang masa depan yang lebih baik.

Artikel Lainnya