Siapa Bilang Mudik dengan Anak Kecil Itu Merepotkan

Mudik dengan Anak Kecil
Siapa Bilang Mudik dengan Anak Kecil Itu Merepotkan. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Mudik dengan anak kecil memang menjadi tantangan tersendiri. Namun, kalau kamu sekarang sudah punya anak yang masih kecil, tak ada yang perlu dikhawatirkan. Kamu hanya perlu melakukan persiapan yang sedikit beda. Pasalnya, kamu sekarang membawa si kecil melakukan perjalanan mudik yang cukup panjang.

Meskipun demikian, tetap bukan hal yang aneh jika ada rasa khawatir ketika mudik dengan anak kecil. Bayangan mengenai macet panjang itu mungkin ada. Belum lagi anak rewel karena kepanasan atau pengap lantaran berjam-jam di dalam mobil.

Nah, sebenarnya ada hal yang bisa kamu antisipasi ketika mudik bersama anak kecil. Apa saja itu?

Baca juga: Agar Perjalanan Mudik Aman Sampai Tujuan, Terapkan Tips Berikut Ini!

Tips Mudik dengan Membawa Anak Kecil 

Setidaknya 6 hal berikut ini bisa kamu terapkan saat mudik dengan anak kecil. Tips ini akan membuat si kecil tetap nyaman selama berjam-jam di jalan. Apa saja keenam tips tersebut?

  1. Pastikan Kondisi Kendaraan Baik

Ini tidak ada kaitannya dengan si kecil. Akan tetapi, ada hubungannya dengan langkah antisipasi. Bayangkan jika ternyata terjadi ban bocor dan kamu tidak punya ban cadangan saat mudik. Ini sangat repot sekali, bukan? Kamu tidak hanya harus mencari bantuan dan memastikan juga anak tetap nyaman di dalam mobil.

Untuk itu, kamu perlu pastikan dulu kondisi kendaraan baik. Cek ban mobil apakah masih bagus atau tidak. Pastikan ada ban cadangan. Bawa ke bengkel jika diperlukan agar montir mengecek keseluruhan kondisi mobil. Tidak hanya ban tapi juga mesin, AC, rem, oli, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, saat mudik dengan anak kecil, sangat dianjurkan untuk bawa kendaraan sendiri. Memang bukan hal yang salah ketika kamu terpaksa harus pakai alat transportasi umum. Akan tetapi, ketika ingin menjamin kenyamanan, menggunakan kendaraan pribadi jauh lebih disarankan.

  1. Setup Kendaraan untuk Anak

Ingat. Kamu akan membawa si kecil dalam sebuah perjalanan mudik yang panjang. Mungkin tidak panjang tapi waktunya bisa berbeda saat musim mudik. Ada kemungkinan macet berkepanjangan. Jadi, jika di hari biasa kamu bisa menempuh waktu hanya 4 jam, di masa mudik, waktu tempuh bisa dua kali lipat.

Untuk itu, kamu sebaiknya ubah bagian dalam kendaraan sehingga nyaman untuk anak. Jika ada anak yang usianya balita, kamu bisa buatkan satu tempat khusus agar anak bisa tiduran. Ini akan membuat anak lelap meskipun dalam perjalanan. 

Siapkan bantal, selimut, dan jika perlu boneka kesayangannya. Ini bisa membuat anak tidak mudah bangun di perjalanan. Semakin lelap ia tertidur, semakin rendah kemungkinan anak rewel.

  1. Siapkan Camilan 

Bagaimana jika anak susah tidur? Ada beberapa anak yang memang susah tidur saat di dalam mobil. Tidak masalah. Ada satu tips mudik dengan anak kecil yang bisa kamu lakukan. Yaitu siapkan camilan. Jika anak masih terlalu kecil, tidak masalah ketika ia tidak puasa selama perjalanan mudik.

Oleh sebab itu, siapkan camilan kesayangannya. Ada baiknya juga kamu bawa roti untuk pengganjal rasa lapar anak.

  1. Jangan Lupa Multivitamin 

Ini penting sekali. Kamu harus tahu anak mudah sekali sakit saat di perjalanan jauh. Kondisi tubuh yang menurun serta kelelahan membuat anak mudah sakit.

Untuk itu, pastikan anak minum multivitamin sebelum mudik. Di saat mudik, bawa juga multivitamin. Ketika ada waktu berhenti untuk makan, ajak anak makan dan jangan lupa anak mengkonsumsi multivitamin. Ini akan menjaga kebugaran tubuh si kecil.

  1. Bawa Mainan yang Anak Suka

Mainan juga bisa menjadi solusi ketika anak susah tidur saat perjalanan mudik. Tentu bukan sembarang mainan ya. Bawa mainan yang mudah dibawa di dalam mobil. Misalnya saja mobil-mobilan kecil, boneka, dan lain sebagainya.

Tidak disarankan untuk memberikan gadget saat perjalanan. Mengapa? Saat mobil melaju kencang, mata si kecil akan kesulitan untuk menonton gadget. Ini bisa membuat mata si kecil mudah lelah dan sakit.

Sebaiknya bawa mainan yang lain saja. Bawakan mainan yang paling ia suka supaya ia tetap tenang, tidak rewel selama perjalanan mudik.

  1. Lebih Sering Istirahat

Ini mudik dengan anak kecil yang harus kamu pertimbangkan. Orang dewasa mungkin bisa menahan sama sekali tidak berhenti selama 3 jam lebih. Namun, tidak dengan anak.

Sebaiknya, berhenti untuk istirahat walaupun hanya untuk meregangkan otot. Para ahli kesehatan menyarankan agar orang yang mudik berhenti setiap 2 jam sekali. Untuk pengendara, berhenti sejenak sangat penting untuk menyegarkan tubuh dan menghilangkan rasa lelah serta kantuk.

Saat berhenti di rest area misalnya, anak bisa diajak ke kamar mandi untuk buang air kecil. Bisa anak diajak untuk membasuh muka agar lebih fresh. Yang pasti, banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika kamu berhenti setidaknya setiap 2 jam sekali saat mudik dengan anak kecil. 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat mudik bersama dengan anak kecil. Yang terpenting adalah sampai ke tujuan dengan selamat dan sehat. Tidak perlu cepat saat perjalanan mudik. 

Ada risiko tinggi di mana terjadi kecelakaan saat musim mudik tiba. Hal ini disebabkan banyak sekali kendaraan di jalan raya. Semuanya ingin sampai ke tujuan secepat mungkin. Ini yang terkadang membuat pengendara kurang begitu waspada saat mengendarai mobil.

Ingat. Ada keluarga di dalam mobil yang kamu bawa. Untuk itu, utamakan keselamatan. Semoga dengan tips mudik dengan anak kecil ini, mudik tahun ini menjadi lebih nyaman dan berkesan.

Mungkin Anda juga menyukai