Bukan Hanya Jualan untuk Bisa Meningkatkan Pendapatan di Bulan Ramadan

Meningkatkan Pendapatan di Bulan Ramadhan
Bukan Hanya Jualan untuk Bisa Meningkatkan Pendapatan di Bulan Ramadhan. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Banyak orang yang ingin meningkatkan pendapatan di bulan Ramadan. Dan kebanyakan dari mereka memilih untuk menawarkan makanan takjil. Mereka menyewa lapak yang disediakan di spot-spot yang sudah disediakan khusus untuk pedagang takjil puasa.

Apakah kamu juga berpikir hal yang sama ketika ingin meraup lebih banyak rupiah di bulan Ramadan ini? Tentu itu bukan hal yang salah. Dan wajar sekali ketika kamu memikirkan hal yang sama lantaran memang kebanyakan orang melakukannya.

Akan tetapi, coba bayangkan jika banyak orang yang melakukan hal tersebut? Persaingan tentu semakin ketat. Dan kemungkinan pendapatan yang kamu dapatkan tidak begitu maksimal.

Untuk itu, kamu perlu ide yang beda ketika ingin meningkatkan pendapatan di bulan Ramadan. Apa ide tersebut?

Kesempatan Berbisnis di Bulan Ramadan 

Kalau kamu merasa kurang percaya diri kalau harus buka lapak dan menawarkan hidangan takjil, mungkin ide bisnis berikut ini bisa diterapkan. Pada intinya, kamu hanya perlu cari tahu apa sih hal-hal yang dibutuhkan masyarakat saat Ramadan tiba. Dan itu yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan pendapatan di bulan Ramadan. 

  1. Bisnis Berbasis Layanan

Bagi yang merasa tidak punya bakat berjualan, kamu bisa bisnis layanan. Coba kamu pikirkan apa sih layanan yang dibutuhkan masyarakat saat bulan puasa tiba?

Ada banyak sekali layanan yang diperlukan masyarakat. Misalnya saja layanan dekorasi rumah. Untuk mempersiapkan Idul Fitri, banyak orang yang ingin memperbaiki atau mendekorasi ruangan yang ada di rumah. Jika kamu jago di bidang desain, kenapa tidak tawarkan jasa layanan dekorasi rumah?

Kamu bisa bekerja sama dengan tukang untuk mengimplementasikan dekorasi yang sudah dibuat. Kamu juga bisa sekaligus mencarikan produk aksesoris yang diperlukan oleh pemilik rumah. Jadi, semakin banyak cuan yang bakal kamu dapatkan, bukan?

Selain itu, ada juga layanan lainnya yang sangat terkait dengan bulan puasa. Misalnya saja layanan menjadi guru ngaji. Yang pasti, harus sesuaikan dengan skill yang kamu miliki ya.

Baca juga: Usaha Sambal Kemasan Rumahan yang Menguntungkan

  1. Menambah Jam Kerja

Ini cara meningkatkan pendapatan di bulan Ramadan yang sangat tepat untuk para freelancer. Kamu seorang freelancer desain website, penulis online, desain konten media sosial, video pendek TikTok, dan sejenisnya? Saat yang tepat untuk menambah jam kerja untuk menambah pendapatan.

Di bulan puasa, biasanya ada banyak kegiatan yang bisa di skip. Misalnya saja sudah tidak ada lagi waktu untuk nongkrong sore hari atau malam hari. Akan lebih baik jika kamu manfaatkan waktu untuk menambah jam kerja.

Kamu bisa menawarkan layanan tambahan ke klien dengan hanya menambahkan biaya yang tidak terlalu tinggi. Atau kamu bisa memanfaatkan platform freelancer untuk mendapatkan klien baru. Jika biasanya hanya melayani 1 atau 2 klien tiap hari, kamu bisa menargetkan untuk melayani 3 atau bahkan sampai 5 klien. 

  1. Bantu Pemasaran

Kamu jago pemasaran online? Ada banyak orang yang perlu kamu bantu. Tentu saja bukan bantu begitu saja. Bantu dalam hal ini bantu untuk mendapatkan komisi. 

Beberapa pebisnis membutuhkan pemasaran online yang kencang di bulan Ramadan. Misalnya saja jasa catering khusus untuk bulan Ramadan. Wedding tidak ada di bulan Ramadan. Praktis jasa catering kehilangan omset. 

Mereka biasanya pivot dengan cara menawarkan catering untuk berbuka dan sahur. Dalam hal ini, kamu bisa menawarkan jasa pemasarannya.

Ada juga bisnis lain yang butuh sentuhan tangan marketer online. Yaitu jasa sewa mobil. Biasanya, jasa sewa mobil ini meningkat di akhir Ramadan atau menjelang Idul Fitri. 

Nah, kamu bisa membantu pemilik persewaan mobil untuk meningkatkan pendapatan mereka. Secara otomatis, kamu juga mendapatkan imbalan atau komisi, bukan?

Ada banyak bisnis yang memerlukan pemasaran online khususnya di bulan Ramadan. Misalnya saja bisnis pakaian muslim, bisnis kue, bisnis layanan antar, dan lain-lain. 

Jika kamu jago di bidang pemasaran online, kau bisa meningkatkan pendapatan di bulan Ramadan dengan cara bekerja sama dengan pemilik bisnis semacam itu.

  1. Meminta Job Tambahan

Kamu seorang karyawan di sebuah perusahaan? Mungkin kamu merasa bahwa tidak mungkin bisa membuka lapak atau membuka bisnis untuk menaikkan pendapatan di bulan Ramadan. Tenyata bisa lho. 

Kamu tidak harus berbisnis untuk bisa menambahkan tambahan pendapatan. Apalagi kamu bekerja full dari pagi hingga sore hari di kantor.

Untuk bisa mendapatkan tambahan income, kamu bisa meminta ekstra job kepada atasan. Tidak masalah jika harus berterus terang bahwa kamu ingin memperoleh tambahan pendapatan. 

Justru dengan menunjukkan motivasi seperti itu, atasan akan semakin yakin bahwa kamu akan melakukan pekerjaan dengan jauh lebih baik. Atasan bisa saja memberikan job di luar pekerjaan kantor untuk kamu. 

Itulah beberapa ide yang bisa kamu pilih jika ingin meningkatkan pendapatan di bulan puasa tahun ini. Kira-kira mana yang akan jadi pilihanmu?

Apapun pilihan yang akan kami ambil, pertimbangkan kemampuan kamu sendiri. Jangan sampai kamu memilih sebuah pilihan yang tidak sesuai dengan kemampuanmu. Karena jika itu yang kamu lakukan, hasilnya tidak akan maksimal.

Kolaborasilah dengan pihak lain. Ini juga langkah yang tepat untuk meningkatkan pendapatan di bulan Ramadan. Akan ada banyak kesempatan yang bisa didapatkan jika kamu berkolaborasi. Manfaatkan momen bulan Ramadan ini untuk meningkatkan keterampilan dan juga pendapatan.

Mungkin Anda juga menyukai