Mengenal Perbedaan Beberapa Metode Pengiriman Dana: RTGS, Kliring dan Real Time

seorang sedang transfer
Mengenal Perbedaan Beberapa Metode Pengiriman Dana: RTGS, Kliring dan Real Time. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Demi kenyamanan dan kelancaran nasabah, saat ini begitu banyaknya pilihan yang tawarkan oleh pihak bank perihal pengiriman dana. Bahkan banyaknya pilihan yang disajikan membuat orang sulit membedakan ataupun menentukan layanan pengiriman uang mana yang paling tepat untuknya.

Ada beberapa metode pengiriman dana yang ada, yaitu RTGS, Kliring dan juga Real Time. Lalu, proses RTGS, kliring, dan real time ini berapa lama?

Baca Juga: Tips Hadapi Pinjol Ilegal Transfer Tiba-tiba Tanpa Pengajuan Pinjaman

Mengenal Apa Itu RTGS

Real Time Gross Settlement atau yang biasa disingkat dengan RTGS merupakan sebuah layanan pengiriman uang yang disediakan oleh bank. Pada umumnya, RTGS digunakan untuk pengiriman uang antar bank dengan nominal yang besar. Minimal nominal uang yang dapat di transfer melalui layanan RTGS se nilai Rp 100 juta.

Seperti namanya, RTGS mampu melakukan pengiriman uang dengan nominal yang besar secara cepat. Lantas, proses RTGS berapa lama? Waktu yang dibutuhkan untuk mengirim uang dengan nominal besar saat menggunakan layanan RTGS sekitar 3 sampai 4 jam saja. Walaupun dalam waktu 3 sampai 4 jam uang yang kamu kirim sudah dapat diterima di rekening bank lain, namun semuanya tetap bergantung dari waktu pengiriman yang kamu lakukan saat itu.

Jika kamu melakukan pengiriman di sore hari dimana mendekati berakhirnya jam kerja, kemungkinan besar uang yang kamu kirim akan diterima di keesokan harinya. Bahkan ada kemungkinan juga uang yang kamu kirim baru dapat diterima 1 hari berikutnya jika kamu melakukan pengiriman disaat bank tutup buku bulanan.

Pengiriman dana melalui layanan RTGS juga dikenakan biaya administrasi. Tarif biaya admnistrasi biasanya ditentukan oleh pihak bank masing-masing. Namun biaya rata-rata bank memberikan tarif biaya administrasi untuk layanan RTGS mulai dari Rp.25.000 hingga Rp.50.000.

Apa yang harus dilakukan saat ingin menggunakan layanan RTGS? Jika kamu berniat untuk melakukan pengiriman dana dengan layanan RTGS, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendatangi kantor cabang bank terdekat atau melalui m-banking. Setiap bank memiliki prosedurnya masing-masing, baik dengan cara datang langsung ke bank atau melalui m-banking. Namun kamu tidak perlu khawatir! Akan ada petugas dari pihak bank yang akan memberikan arahan dan bantuan untukmu.

Nah kamu sudah paham kan proses RTGS berapa lama waktu yang dibutuhkan?

Mengenal Apa itu Kliring

Sama halnya dengan RTGS, Kliring merupakan layanan yang disediakan oleh bank untuk perihal pengiriman uang. Namun kliring tidak hanya digunakan untuk mengirimkan dana saja. Kliring secara spesifik digunakan untuk transaksi dengan cara memindahkan sejumlah saldo rekening kepada pihak yang dituju dan berhak untuk menerimanya. Maka dari itu, layanan kliring yang disediakan oleh bank merupakan salah satu sarana perhitungan untuk utang-piutang dalam bentuk surat berharga maupun surat dagang yang sudah digelar oleh Bank Indonesia ataupun lembaga resmi lainnya.

Dibandingkan dengan metode pengiriman uang lainnya, kliring termasuk layanan pengiriman uang yang metodenya membutuhkan waktu yang agak lama yaitu 2 sampai 3 hari. Pihak bank harus memastikan terlebih dahulu ketersediaanya saldo dalam rekening pengirim sebelum melakukan proses kliring. Hal ini untuk memastikan adanya jumlah uang yang tersedia di dalam rekening pihak pengirim.

Durasinya tersebut hanya berlaku saat hari kerja saja, yaitu senin sampai jumat. Jika kamu melakukan pengiriman di hari jumat, maka kemungkinan dana akan diproses minggu depannya. Saat melakukan pengiriman uang melalui metode kliring, kamu juga akan dikenakan biaya administrasi. Tarif biaya adminstrasi kliring relatif murah. Biasanya mulai dari Rp.5000 hingga Rp.15.000. Tarif biayanya pun ditentukan oleh pihak bank yang bersangkutan.

Kliring dibagi menjadi tiga jenis, yaitu umum, lokal dan antar cabang. Kliring umum merupakan cara yang paling banyak digunakan untuk menghitung warkat bank. Prosesnya dilakukan mulai dari sistem pengaturan serta proses penyelenggaraanya ada ikut campur tangan langsung dari Bank Indonesia. Berbeda halnya dengan umum, jenis lokal digunakan untuk menghitung warkat antar bank.

Dalam pelaksanaanya, pihak bank sendiri yang akan melakukannya. Terakhir yaitu antar cabang. Jenis ini digunakan untuk menghitung warkat bank yang berada di daerah tertentu dengan cara mengumpulkan data dari kantor cabang lain.

Disisi lain, kliring juga memiliki berbagai macam manfaat. Dengan adanya kliring tentu saja mempermudah sistem layanan pengiriman dana untuk masyarakat, adanya layanan untuk masyarakat yang mempermudah proses pengiriman uang dengan jumlah bank dari rekening pribadi ataupun perusahaan dan juga dapat meningkatkan efektifitas sistem pembayaran nasional.

Mengenal Apa itu Real Time

Berikutnya ada Real time sebagai salah satu layanan dari bank untuk mengirimkan dana. Sama halnya denga RTGS dan kliring, sistem real time memiliki fungsi utama yaitu mengirimkan dana. Namun jika dibandingkan dengan RTGS dan kliring, real time memiliki proses yang sangat cepat.

Jika RTGS dan kliring membutuhkan waktu hitungan jam dan hitungan hari, berbeda halnya dengan real time. Sesuai dengan namanya, proses pengiriman dana melalui sistem real time akan sampai ke rekening yang dituju diwaktu kamu mengirimkan dana tersebut dan tidak adanya penundaan.

Berbeda dengan RTGS dan kliring yang mengharuskanmu datang langsung ke bank untuk melakukan transaksi, sistem real time dapat kamu lakukan melalui ATM, Internet Banking atau m-banking. Tarif biaya administrasinya juga terhitung murah, yaitu berkisar Rp.6.500.

Kelemahan dari sistem ini adalah jumlah saldo yang dapat kamu transfer tidaklah banyak. Biasanya hanya kisaran Rp25 juta ataupun sesuai dengan ketentuan bank. Metode ini cocok bagi kamu yang ingin mengirimkan dana segera mungkin dengan waktu singkat dan dengan nominal relatif kecil.

Bagaimana Cara Memilih Jenis Transfer Sesuai Kebutuhan?

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja serta syarat dan ketentuan dari RTGS, kliring dan juga real time. Kini saatnya kamu dapat menentukan layanan mana paling tepat untuk kebutuhanmu. Jika kamu berencana mengirimkan sejumlah dana dengan jumlah yang tidak sedikit kamu bisa menggunakan RTGS ataupun kliring.

Namun, perlu kamu perhatikan waktu pengirimannya agar dapat sampai ke rekening tujuan sesuai dengan harapanmu. Jika kamu ingin mengirimkan dana namun jumlah dana yang ingin kamu kirimkan tidaklah besar dan membutuhkan waktu secepat mungkin, maka sistem pengiriman dana dengan metode real time merupakan pilihan yang tepat.

Demikian pembahasan mengenai metode pengiriman RTGS, kliring, dan real time serta berapa lama prosesnya. Semoga menambah wawasanmu ya!

Artikel Lainnya