Mengatasi Permintaan Harga Teman Tanpa Canggung

Sepasang teman sedang berbincang soal permintaan harga teman
Mengatasi Permintaan Harga Teman Tanpa Canggung. Photo by Freepik
Waktu baca: 2 menit

Bagi pelaku usaha, pasti sudah tidak asing dengan permintaan diskon “harga teman”. Biasanya, diskon seperti ini diminta oleh orang terdekatmu.

Saat menghadapi kondisi tersebut akan membuat kamu sebagai pebisnis merasakan dilema akan memberikan harga tersebut atau menolaknya.

Jika memberikan harga diskon tersebut, kemungkinan akan merugikan penjualan produkmu. Apalagi jika bisnis masih merintis. Selain itu, bisa jadi orang terdekatmu yang lain juga ingin mendapat harga yang sama pula.

Sementara jika menolaknya, takut akan melukai perasaan mereka dan hubungan kalian akan terdampak.

kalau kamu menghadapi kondisi seperti ini, cobalah ikuti beberapa tips yang ada di artikel ini.

Baca juga: Ikuti 6 Tips Ini Agar Relasi Bisnis Terbangun dengan Baik

Tips Mengatasi Permintaan Harga Teman

Berikut ini adalah tips yang bisa kamu coba saat menerima permintaan diskon harga teman agar tidak canggung dan tidak memutus tali silaturahmi.

Tunjukkan daftar harga

Saat menawarkan produk kepada orang terdekat, pastikan untuk menunjukkan daftar harga di awal. Ini dilakukan untuk mengantisipasi permintaan diskon khusus teman ya TemanKlik.

Dengan memberikan daftar harga di awal, seharusnya temanmu menyadari bahwa harga tersebut sudah harga tetap. Hal ini juga menjadi salah satu upaya untuk menunjukkan batasan yang jelas terkait harga jual.

Sehingga mereka akan berpikir ulang untuk mengajukan diskon harga teman karena kamu sudah terlebih dahulu menegaskan harga jual dengan mengirim daftar harganya di awal.

Tawarkan alternatif lain

Saat teman atau orang terdekatmu tetap bersikukuh meminta harga teman, kamu bisa mengganti hal itu dengan penawaran alternatif lain.

Tentunya alternatif ini yang berbeda dari yang didapatkan oleh pelanggan lain. Contohnya, temanmu akan mendapatkan garansi produk selama satu tahun yang mana biasanya pelanggan lain hanya dapat garansi 6 bulan.

Selain itu, kamu juga bisa menawarkan bundling dengan produk lain yang sekiranya tidak akan merugikan penjualanmu.

Negosiasi timbal balik

Salah satu cara yang mungkin sekali untuk diterapkan ialah coba negosiasi timbal balik. Setidaknya saat memberikan diskon khusus, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lain.

Sebagai contoh, kamu memberikan harga khusus teman dengan syarat mereka mempromosikan produkmu melalui media sosial mereka masing-masing.

Tentu cara ini sangat menguntungkan satu sama lain.

Tanggapi dengan humor

Biasanya, orang terdekat yang meminta harga teman itu hanya untuk bercanda saja. Makanya, kamu juga bisa menanggapinya dengan humor.

Apalagi jika kalian sudah dekat. Tentunya menolak dengan humor akan lebih terdengar santai dan mengurangi kecanggungan.

Dengan begitu, kamu tetap bisa menjaga harga yang sudah ditetapkan dengan tidak melukai perasaan temanmu.

Demikian cara mudah dalam mengatas permintaan diskon harga teman agar tidak canggung. Dan pesan tambahan untuk kamu yang memiliki teman sedang merintis bisnis, seharusnya dukung dengan sebisa mungkin ya! Bukan malah minta harga teman.

Mungkin Anda juga menyukai