Jenis Pekerjaan yang Akan Digantikan Robot di Masa Depan

Jenis Pekerjaan yang Akan Digantikan Robot di Masa Depan
Jenis Pekerjaan yang Akan Digantikan Robot di Masa Depan. Photo by @askkell
Waktu baca: 3 menit

Seiring dengan perkembangan teknologi, diciptakanlah sebuah robot yang berfungsi untuk memudahkan pekerjaan manusia. Secara tidak langsung, ini berarti bahwa ada banyak sekali pekerjaan yang akan digantikan robot.

Sebaliknya, peran manusia di dunia kerja akan diminimalkan. Hal ini tentunya akan memangkas banyaknya tenaga kerja manusia.

Seseorang harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan zaman. Kreativitas dan kemapanan dalam mengasah kemampuan amat dibutuhkan. Tujuannya supaya perannya tetap dibutuhkan meskipun harus berdampingan dengan robot di dunia kerja.

Apa yang Dimaksud dengan Robot?

Apa itu robot? Robot merupakan sebuah perangkat atau alat mekanik yang dirancang untuk dapat melakukan serangkaian tugas fisik. Entah itu digunakan melalui pengawasan (kontrol manusia) ataupun melalui program yang telah dibenamkan ke dalamnya.

Robot akan dilatih dengan memperhatikan sejumlah tugas dari aktivitas manusia. Contohnya aktivitas di dunia pekerjaan.

Pelatihan ini sifatnya untuk mengetahui sejauh mana robot dapat bekerja. Setelah hasilnya sesuai dengan harapan, robot ini akan digunakan sebagaimana mestinya. Yakni, menggantikan peran dari manusia dalam menyelesaikan berbagai tugas.

Kebanyakan, robot tersebut diaplikasikan pada berbagai bidang manufaktur. Artinya, akan ada banyak pekerjaan yang akan digantikan robot di bidang tersebut.

Penggunaan robot ini dilandasi oleh kecepatan dan minimnya melakukan kesalahan. Di samping itu, sebuah perusahaan pun bisa menghemat biaya untuk menggaji karyawan. Karena, tugas karyawan telah diambil alih oleh robot.

Baca juga: Robot Masa Depan yang Bisa Menggantikan Peran Manusia di Dunia Kerja

Jenis Pekerjaan yang Akan Digantikan Oleh Robot

Robot mengambil alih pekerjaan
Robot mengambil alih pekerjaan. Photo by Pexels

Menurut analisis dari Exford Economics yang rilis tahun 2019, puluhan juta jenis pekerjaan di bidang manufaktur bakal tergantikan dengan robot pada tahun 2030 mendatang. Tentunya, ini menjadi peringatan serius bagi siapa saja yang berharap untuk bekerja produktif di masa depan.

Seseorang dengan keterampilan rendah rentan kehilangan pekerjaan. Sebagai gantinya, robot akan dimaksimalkan untuk menggantikannya. Di antara contoh robot yang diprediksi bakal menggantikan peran manusia di dunia kerja sebagai berikut:

  1. Perakitan Produk Pabrik

Mesin robot telah banyak digunakan dalam industri manufaktur. Terutama dalam lini perakitan sebuah produk.

Contohnya adalah robot yang dimaksimalkan untuk merakit sebuah mobil. Robot seperti ini memiliki kemampuan dalam menjalankan tugas yang sangat berat. Selain itu, robot tersebut konsisten dalam menjalankan pekerjaan tersebut.

  1. Pramusaji

Faktanya, China telah menggunakan robot sebagai tenaga kerja dalam melayani para pengunjung di sebuah restoran. Robot ini bertindak sebagai waiter atau pramusaji.

Inovasi ini diterapkan dalam lingkup yang lebih umum. Tujuannya untuk menangani berbagai kendala seperti kelelahan dalam melayani para tamu.

Meskipun begitu, masih banyak sekali restoran dan warung makan yang tidak menggunakannya. Tentunya, ini masih bisa membuka peluang bagi manusia untuk menjalani pekerjaan tersebut.

  1. Akuntan

Akuntan termasuk dalam kategori pekerjaan digantikan robot. Jenis pekerjaan ini memang bisa ditangani oleh robot. Khususnya dalam mengelola keuangan atau pajak dari sebuah perusahaan.

Kelebihan dari robot ini tentunya dapat dipercaya. Karena, robot hanya bekerja sesuai dengan sistem tanpa mengandalkan ego.

Error atau kesalahan manusia yang lumrah terjadi pun bisa diminimalkan dengan pemanfaatan robot. Karena, kinerja robot yang canggih tersebut bisa membuat dan memindai data dengan sangat akurat.

  1. Operator Telekomunikasi

Teknologi dari AI memang cukup menjanjikan. Memberikan bantuan yang sangat luar biasa dalam bidang operator telekomunikasi.

Perusahaan di bidang telekomunikasi ini bisa memanfaatkan robot yang disematkan teknologi AI. Teknologi tersebut bisa menggantikan peran manusia dengan menjawab berbagai keluhan hingga pertanyaan dari pelanggan.

Menariknya, teknologi ini semakin canggih dengan banyaknya pembaharuan. Tujuannya supaya kinerjanya dalam memberikan pelayanan lebih baik. Bahkan, kemampuannya mirip seperti manusia.

  1. Kasir

Disadari atau tidak, sudah banyak toko yang menggunakan bantuan dari robot. Khususnya dalam menangani pengecekan dan pembayaran sebuah produk.

Penerapannya memungkinkannya seperti kasir. Yakni, menangani sejumlah pembayaran yang dilakukan oleh pembeli.

Meskipun begitu, tetap ada tenaga pengawas yang akan mengoperasikannya. Hanya saja, hal ini juga akan mengurangi sejumlah orang yang dulunya menangani tugas tersebut.

  1. Sopir

Pekerjaan yang akan digantikan robot selanjutnya adalah sopir. Sopir mungkin akan terancam pekerjaannya dengan kehadiran mobil self driving.

Mobil untuk transportasi ini bisa saja dikendalikan oleh robot. Tentunya, mobil seperti ini bisa mengantarkan penumpang ke tempat tujuan sesuai dengan perintah.

Apabila mobil seperti ini memang terwujud dan mulai digunakan, bukan tidak mungkin pekerjaan sebagai sopir akan tergerus. Karena, keahlian dari sopir ini akan digantikan oleh robot.

  1. Apoteker

Lini pekerjaan yang juga bisa ditangani oleh robot adalah apoteker. Robot ini dinilai bisa bekerja lebih optimal dibandingkan dengan manusia.

Berbekal dengan informasi yang dibenamkan di dalam sistemnya, robot dapat memisahkan resep sekaligus menangani resep dengan lebih baik. Artinya, kesalahan kecil dalam pemberian resep pelanggan bisa diminimalkan oleh robot.

Alhasil, apoteker yang selama ini menjadi pilar utama dalam bidang farmasi akan semakin sedikit.

Demikianlah beberapa jenis pekerjaan yang akan digantikan robot di masa yang akan datang. Untuk menghadapi tantangan tersebut, langkah terbaiknya adalah mengasah keterampilan sebaik mungkin. Dengan begitu, kamu masih tetap bisa produktif di tempat kerja.

Mungkin Anda juga menyukai