Jenis-Jenis Mobil LCGC Terbaik di Indonesia yang Harus Kamu Miliki

Mobil LCGC di jalan
Jenis-Jenis Mobil LCGC Terbaik di Indonesia yang Harus Kamu Miliki. photo by @nevergg
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

LCGC terbaik hadir sebagai jawaban untuk Kamu yang mendambakan mobil harga affordable yang ramah lingkungan. Polusi udara terutama di kota-kota besar sekarang ini semakin memburuk. Karenanya kehadiran mobil LCGC seperti sebuah solusi alternatif terbaik untuk lingkungan dan sekaligus isi kantong Kamu. Tapi sebenarnya apa itu mobil LCGC? 

Pengertian Mobil LCGC 

Mobil kuning terparkir di pinggir jalan
Mobil terparkir di pinggir jalan. Photo by Pexels

LCGC adalah singkatan dari Low Cost Green Car yang artinya mobil LCGC merupakan kendaraan harga ekonomis yang sekaligus ramah lingkungan. Mobil LCGC termasuk bagian program pemerintah yang tengah digalakkan. Program yang disusun bertujuan mengembangkan kendaraan yang terjangkau dari segi harga untuk kalangan menengah ke bawah. 

Tidak semua mobil disebut LCGC. Salah satu beda mobil LCGC dengan mobil lainnya ada pada penggunaan mesinnya. Adapun mesin mobil LCGC memakai mesin ramah lingkungan yang irit bahan bakar.

Lebih lanjutnya terdapat kriteria tertentu suatu mobil termasuk dalam varian LCGC terbaik. Sebagaimana yang ditetapkan Kementerian Perindustrian berikut spesifikasi mobil LCGC yang perlu Kamu ketahui, diantaranya:

  • Memiliki nama brand dan juga logo khas Indonesia.
  • Menggunakan bahan bakar RON (Research Octane Number) 92 atau bahan bakar dengan CN (Bilangan Setan) 51.
  • Untuk mesin bensin setidaknya memiliki kapasitas 980 – 1200 cc dengan tingkat konsumsi bahan bakar 20 km/liter atau untuk mesin diesel setidaknya berkapasitas 1.500 cc dengan tingkat konsumsi bahan bakar 20 km/liter.
  • Radius belok maksimal 4,6 meter.
  • Harga jual maksimal 95 juta rupiah yang ditetapkan berdasar lokasi ATPM atau Agen Tunggal Pemegang Merek dengan toleransi ruang penyesuaian harga sebesar 10% untuk fitur keamanan dan 15% untuk transmisi otomatis. Terkait harga ini juga bergantung dengan inflasi ketika produksi mobil LCBC berlangsung.

Baca juga: Lebih Murah! Ini Tips Mendapatkan Diskon Mobil Baru untuk Harga Terbaik

Jenis-Jenis LCGC Terbaik

Banyak mobil sedang melaju di jalanan
Jenis-jenis LCGC. Photo by Pixabay

Mobil LCGC tak hanya hemat bahan bakar dan ramah lingkungan saja. Ada beberapa kelebihan lain seperti ramah dengan pengemudi baru, dimensi kendaraan lebih compact, dan durabilitas baik. Jadi makin penasaran dengan mobil ini bukan? Berikut ini jenis-jenis mobil LCGC terbaik dan paling irit yang layak untuk dipertimbangkan:

  1. Daihatsu Siagra

Jenis yang pertama ini hadir dalam tipe MPV yang memang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Desain eksteriornya begitu elegan dan stylish yang sukses berpadu dengan interior gaya modern. 

Daihatsu Siagra dibekali mesin yang mantap seperlu menunjang performanya. Adapun pada tipe D dan M terdapat mesin 1KR-VE, DOHC VVT-I dengan kapasitas 998 cc. Sedangkan tipe X dan R memiliki mesin 4 silinder 3NR-VE dengan dapur pacu 1.197 cc.

  1. Honda Brio Satya

Jenis mobil LCGC terbaik berikutnya ini hadir dengan desain sporty. Meski berdesain sporty siapa sangka jika penggunaan bahan bakarnya sangat hemat, bahkan saat digunakan untuk melaju kencang. Setiap 1 liternya bisa menempuh jarak hingga 22,6 km. 

Honda Brio Satya pun diketahui termasuk dalam mobil yang cukup diminati di pasaran. Hal ini tidak lain karena performa mobil yang jempolan. Performanya bagus karena ditunjang dengan mesin 4 silinder yang sudah berteknologi i-VTEC berkapasitas 1.200 cc.

  1. Toyota Agya

Toyota Agya termasuk jenis mobil LCGC karena memiliki bekal mesin kapasitas 1.200 cc yang hemat konsumsi bahan bakar. Mobil ini memiliki desain yang stylish dan sporty. Sudah dilengkapi dengan smoked projector headlamp menggunakan LED Light Guide trapesium enam sisi yang bisa Kamu ajak melalang buana dalam berbagai kondisi, termasuk kondisi berkabut minim cahaya.

Mobil LCGC ini tidak hanya digunakan sebagai kendaraan pribadi saja. Beberapa waktu belakangan ini Toyota Agya semakin marak dimanfaatkan sebagai transportasi umum yang dinilai efektif mengurangi pencemaran lingkungan dan irit bahan bakar. Jadi mengapa tidak mempertimbangkan mobil ini?

  1. Datsun Go

Datsun Go termasuk mobil LCGC yang populer dengan fitur hiburan terbaiknya. Kamu bisa menjumpai layar 2D1N berukuran 6,75 inchi di dalamnya dan fitur menarik lain.

Dari segi penggunaan bahan bakar juga termasuk hemat. Setiap 1 liter dapat menempuh jarak hingga 20 km. Namun, masih cukup disayangkan karena Datsun Go masih menggunakan transmisi manual. Karenanya beberapa orang khususnya yang terbiasa dengan transmisi otomatis akan sedikit kesulitan saat mengemudikannya.

  1. Suzuki Alto K10

Mobil LCGC satu ini hadir dengan desain yang mewah. Mulai dari eksterior hingga interiornya identik dengan sentuhan desain yang elegan. Karenanya tentu tidak banyak yang mengira jika harga jualnya di pasaran hanya berkisar 60 jutaan saja.

Suzuki Alto K10 juga dibekali fitur canggih seperlu menunjang kenyamanan dan keamanan Kamu saat berkendara. Meski harus berkendara jarak jauh dijamin tetap nyaman.
Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat akan mobil LCGC, jenisnya pun semakin beragam dengan bekal fitur yang semakin canggih. Karenanya selalu perbarui informasi Kamu agar selalu update tentang mobil LCGC terbaik yang layak untuk dimiliki. Jadi jenis mobil LCGC mana yang menjadi favorit Kamu?


Bagikan: