Gaji Pas-pasan! Kamu Bisa Investasi dengan Lakukan 7 Hal Ini

Investasi Gaji Pas-pasan via klikcair.com
Waktu baca: 5 menit

Kekuatan finansial adalah salah satu pencapaian dalam hidup yang ingin didapatkan semua orang di dunia ini. Apalah artinya hidup tanpa memiliki kekuatan finansial. Memang tidak semua hal bisa dibeli dengan uang, tetapi banyak hal yang bisa dibeli dengan uang. Dan itu tidak hanya berurusan dengan foya-foya saja. Dari kebutuhan primer hingga tersier, semuanya membutuhkan uang.

Hal ini membuat terciptanya satu fase dalam hidup yaitu bekerja. Ya, hampir semua orang menjalani fase yang sama. Dari dididik orang tua, bersekolah, ada yang memasuki dunia perkuliahan dan akhirnya mulai berkecimpung di dunia kerja. Dan fase hidup ini tidak hanya dijalankan pada masa kini saja, tetapi sudah sejak dahulu kala.

Ketika kamu masuk ke dunia kerja, kamu akan bekerja di sebuah perusahaan yang bisa memberikan kamu jabatan serta tugas sehari-hari yang perlu kamu lakukan berdasarkan kemampuan yang kamu miliki. Pada akhirnya, setiap akhir bulan, kamu akan mendapatkan gaji tetap yang sudah ditentukan sejak awal kamu masuk ke perusahaan tersebut.

Namun ketika kamu bekerja di kota besar seperti Jakarta, terkadang gaji yang kamu dapatkan tidak bisa memenuhi kebutuhan kamu sehari-hari. Kalau pun memang bisa memenuhi kebutuhan hidup kamu sehari-hari, kamu tetap saja harus berusaha berhemat.

Investasi sebagai tren positif

Investasi menjadi salah satu tren positif yang beredar di masyarakat baik yang berusia tua maupun muda. Selain itu, tren itu juga tidak hanya terbuka untuk orang-orang yang sudah mengerti perihal investasi saja, tetapi orang awam pun memiliki kesempatan untuk terjun langsung. Apalagi, dengan investasi kamu dapat mendapatkan keuntungan yang banyak sekali. Lebih lanjut, kamu juga bisa mendapatkan berkali-kali lipat yang akan berguna untuk masa depan kamu.

Baca juga: Pastikan Masa Depan Cerah dengan Investasi Ini!

Dari kelebihan yang bisa kamu dapatkan, sayang sekali jika kamu melewatkan kesempatan untuk melakukan investasi, khususnya pada usia muda seperti sekarang ini. Tapi bagaimana jika kamu hanya memiliki gaji pas-pasan? Apakah bisa melakukan investasi? Tentu saja bisa!

Semua yang memiliki uang dari gaji bulanan dengan bekerja di kantor di kota besar bisa saja melakukannya dengan lebih mudah, tapi kamu perlu melakukan cara-cara di bawah ini agar keinginan kamu untuk investasi bisa berjalan lancar. Berikut 7 penjelasan agar kamu tetap bisa investasi dengan gaji pas-pasan.

1. Menabung

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk tetap bisa investasi adalah menabung. Ini adalah hal yang paling mendasar di dalam mendapatkan kekuatan finansial. Begitu juga ketika kamu ingin investasi.

Ketika kamu bisa menyisihkan sebagian besar uang yang kamu miliki untuk menabung, maka kamu sudah menjalankan satu langkah penting. Menabung memang pesan yang selalu didengungkan sejak kamu kecil, tapi sayangnya, ketika kamu sudah mengenal yang namanya mendapatkan uang banyak, terkadang perilaku konsumtif membuat kamu tidak bisa menabung dengan baik. Malahan kamu tidak bisa menyisihkan sepeserpun uang setiap bulan karena terlalu sering berfoya-foya.

Ada satu cara menabung yang bisa kamu lakukan saat ini yaitu menyisihkan uang dalam jumlah yang tetap setiap bulannya. Ketika kamu bisa menentukan berapa jumlah yang bisa kamu tabung dalam sebulan, coba lakukan itu secara berkala setiap bulannya. Cobalah berkomitmen untuk menabung agar dari uang tabungan itu, kamu bisa menjadikannya sebagai investasi.

Selain menabung setiap bulan dengan jumlah yang tetap, kamu juga bisa membuat rekening baru di bank. Dengan rekening ini, kamu bisa mempergunakannya untuk menabung. Jadi, dengan jumlah uang yang sudah kamu tetapkan, kamu bisa memasukkan uang tersebut ke rekening khusus ini sehingga tidak akan kamu utak-atik atau kamu gunakan hanya untuk foya-foya saja.

2. Hidup sederhana

Selain menabung, kamu juga harus hidup sederhana. Ketika kamu sudah memutuskan untuk menabung tiap bulannya, maka ada sebagian besar dana yang tidak boleh dipakai dan akhirnya kamu sisihkan. Akhirnya, pendapatan kamu pun sudah terpotong sejak awal bulan. Dan di sanalah awal dari kamu untuk hidup sederhana.

Cobalah lebih disiplin dalam mengeluarkan uang yang ada. Jangan sering jajan makanan yang mahal, jangan sering membeli barang-barang yang tidak penting dan coba untuk fokuskan sisa uangmu dalam menyambung hidup. Jika kamu berhasil melakukan cara-cara itu, niscaya kamu akan terbiasa secara alamiah dan kamu bisa mendapatkan uang untuk investasi nantinya.

3. Hidup sehat

Hal ketiga yang perlu kamu lakukan untuk tetap bisa investasi dengan gaji pas-pasan adalah hidup sehat. Mengapa harus hidup sehat? Ketika kamu bisa menerapkan gaya hidup sehat, maka kamu bisa mendapatkan banyak manfaat yang akan sangat terasa untuk tubuh kamu dan pikiran kamu.

Cobalah untuk berolahraga pada waktu luang, khususnya akhir pekan. Selain olahraga, cobalah untuk membuat pikiran kamu lebih jernih lagi dan hindari pikiran-pikiran negatif yang tidak berguna untuk kehidupan kamu juga. Saat kamu bisa menjaga kondisi tubuh serta pikiran, maka kamu akan menjadi orang yang positif dan bisa mendapatkan menerapkan gaya hidup sederhana dengan lebih lancar.

Hidup sehat walau gaji pas-pasan
Walau gaji pas-pasan kamu tetap harus hidup sehat via pexels.com

Apalagi, kamu juga akan mendapatkan tubuh yang sehat pula sehingga kamu akan dijauhi dari berbagai penyakit yang bisa datang kapan saja karena padatnya aktivitas kamu sehari-hari. Jadi cobalah untuk hidup sehat.

4. Jauhi hutang

Membicarakan investasi, maka kita membicarakan tabungan. Tapi seiring berjalannya waktu, gaya hidup yang ada membuat kita berpikir untuk berhutang agar bisa mendapatkan apa yang kita inginkan. Dan sudah sangat jelas, hutang adalah hal yang sangat tidak berguna dan membahayakan.

Ketika kamu memutuskan untuk hutang demi mendapatkan aset, itu masih wajar dan dimaklumi. Namun yang dimaksud di sini adalah hutang dari gaya hidup konsumtif. Itu adalah suatu langkah dalam hidup yang salah dan sangat tidak dianjurkan untuk kamu coba di dalam perjalanan hidup karena sangatlah merugikan nantinya.

Hutang kamu miliki akan membuat tabungan yang sudah kamu kumpulkan bisa saja harus dipakai untuk membayar hutang tersebut. Saat kamu harusnya bisa berinvestasi, malah ujung-ujungnya harus membayar hutang yang ada. Tentu saja, itu adalah sebuah langkah yang salah dalam rencana memiliki kekuatan finansial pada masa depan yang sudah kamu rencanakan selama ini.

5. Bijak dalam gunakan kartu kredit

Menyambung persoalan jauhi hutang, maka kamu juga perlu bijak dalam gunakan kartu kredit. Di dalam bisnis perbankan, kartu kredit adalah kartu yang membawakan berbagai kelebihan dibandingkan kartu debit. Dan itu bisa membuat kamu tergiur untuk menggunakannya. Berbagai macam diskon hingga cicilan ditawarkan oleh kartu kredit tersebut.

Sebaiknya kamu lebih bijak dalam menggunakan kartu kredit yang kamu miliki agar kamu tidak terlilit dengan pembayaran kredit yang bisa memberatkan. Tapi sebaiknya, kamu tidak menggunakan kartu kredit sekali agar nafsu kamu dalam berbelanja bisa ditekan hingga kamu sama sekali tidak tertarik untuk berbelanja sama sekali.

6. Ubah gaya hidup

Hal keenam yang perlu kamu lakukan untuk tetap bisa investasi meski gaji pas-pasan adalah ubah gaya hidup. Gaya hidup yang kamu miliki juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan kamu untuk melakukan investasi. Jika gaya hidup kamu masih terlalu foya-foya, maka kamu tidak akan bisa melakukan investasi. Menabung pun sulit. Karena itu, cobalah untuk mengubah gaya hidup kamu agar bisa mendapatkan apa yang sudah kamu inginkan dari awal yaitu invetasi.

Ubah gaya hidup kamu mulai dari sekarang
Ubah gaya hidup kamu mulai dari sekarang via pexels.com

7. Pilih investasi yang paling tepat

Jika semua sudah kamu lakukan, maka sekarang saat kamu untuk memilih investasi yang paling tepat untuk kamu pilih agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari sana. Saat ini, cukup banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih investasi properti, investasi emas, investasi saham hingga investasi peer-to-peer lending yang bisa memberdayakan para UMKM. Uang yang kamu investasikan akan memberikan kamu keuntungan yang oke, kamu juga bisa membantu bisnis dari orang-orang yang membutuhkan suntikan dana.

Itulah tujuh hal yang bisa kamu lakukan agar kamu tetap bisa berinvestasi dengan gaji pas-pasan. Berapa pun gaji yang kamu dapatkan tiap bulan, sebaiknya sisihkan untuk ditabung. Lebih baik lagi jika kamu bisa berinvestasi dari sana. Selamat berinvestasi!

You may also like...

Leave a Reply