Menentukan Jenis Investasi Sebelum Menikah yang Tepat

Persiapan investasi sebelum menikah
Menentukan Jenis Investasi Sebelum Menikah yang Tepat. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Banyak generasi milenial saat ini yang sudah berkeluarga tapi belum mapan dalam hal finansial. Bukan karena tidak punya pekerjaan atau gaji yang bagus tapi mereka tidak pandai dalam mengatur uang. Jika mereka mulai investasi sebelum menikah, seharusnya hal semacam ini tidak akan terjadi.

Maka dari itu, untuk kamu yang belum menikah dan berencana untuk menikah, ada baiknya kamu melakukan persiapan. Salah satunya dengan berinvestasi. Tujuannya agar saat kamu sudah menikah nanti, finansial kamu lebih tertata. Kebutuhan setiap hari bisa tercukupi. Yang pasti, kebutuhan saat kamu berkeluarga itu jauh lebih banyak. Belum lagi ketika kamu harus membangun rumah, memiliki anak, menyediakan biaya pendidikan untuk anak, dan lain sebagainya.

Beberapa Hal yang Perlu Dipertimbangkan

timbangan emas
Pertimbangkan beberapa hal sebelum investasi. Photo by @miracleday

Lalu, investasi sebelum menikah seperti apa yang harus kamu pilih? Sebelum membahas tentang hal tersebut, ada 3 hal yang harus kamu pikirkan:

  • Jumlah yang Ditargetkan
target untuk investasi
Target yang diinginkan.. Photo by Pixabay

Yang pertama, kamu harus menentukan berapa uang investasi yang kamu targetkan. Ini harus jelas sehingga kamu tahu berapa yang harus kamu sisihkan per bulan investasi, dan lain sebagainya.

  • Jangka Waktu yang Ditetapkan
Jangka waktu investasi
Jangka waktu yang ditetapkan. Photo by Pixabay

Selanjutnya adalah jangka waktu. Ada beberapa orang yang melakukan investasi sebelum menikah dalam waktu yang pendek. Misalnya saja investasi dianggap sebagai cara menabung untuk persiapan resepsi pernikahan. Nah, di sini, pasti angkanya sudah jelas berapa uang yang kamu butuhkan untuk mengadakan resepsi. Waktunya pun jelas.

  • Kemampuan Investasi
Kemampuan untuk investasi
Kemampuan investasi. Photo by @mathieustern

Yang ketiga adalah kemampuan investasi. Ini tergantung pada gaji atau pendapatan yang kamu miliki. Selama belum memiliki tanggungan keluarga, sebaiknya kamu tetapkan persentase yang tinggi dari gaji untuk diinvestasikan. Para ahli finansial menyarankan agar 10% dari gaji diinvestasikan. Namun, karena kamu belum punya kebutuhan yang banyak, sebaiknya kamu tetapkan di atas 10% agar target kamu lebih cepat terpenuhi.

Itulah 3 hal yang harus kamu pertimbangkan. Lalu, pertanyaan selanjutnya adalah jenis investasi apa yang sebaiknya kamu pilih?

Baca juga: Haruskah Kamu Ikut Investasi Emas Online yang Sedang Tren?

Jenis Investasi yang Tepat Sebelum Kamu Menikah

Sebelum menikah, pilih investasi ini
Jenis investasi yang tepat sebelum menikah. Photo by Pexels

Jawaban atas pertanyaan jenis investasi apa yang terbaik untuk seseorang yang belum menikah itu sangat mudah. Yaitu low risk investment atau jenis investasi yang risikonya rendah. Apa yang dimaksud risiko rendah?

Kamu harus tahu investasi itu tidak selalu untung. Kamu bisa cek di berita di mana banyak investor yang rugi. Kenapa? Karena uang yang diinvestasikan tidak memberikan profit. Ini bisa disebabkan karena perusahaan yang didanai gulung tikar.

Namun, ada yang disebut dengan low risk investment, yaitu investasi yang risikonya rendah. Bahkan, bisa dikatakan tidak ada risiko. Contohnya saja emas. Pernah dengar harga emas turun? Tentu saja harga emas pernah turun. Hanya saja, penurunannya tidak signifikan. Dan jika dibandingkan antara harga emas tahun ini dengan tahun kemarin, jelas harganya naik. Penurunan hanya terjadi di bulan-bulan tertentu lalu naik lagi mengikuti inflasi.

Maka dari itu, investasi sebelum menikah yang tepat salah satunya di emas. Kamu bisa menabung emas di Pegadaian atau di platform digital lainnya di mana jumlah emas yang kamu tabung bisa kamu cairkan suatu saat nanti ketika kamu menikah atau ketika kamu butuhkan.

Selain emas, ada juga reksadana. Ini juga termasuk jenis investasi risiko rendah. Dibandingkan dengan emas, banyak yang lebih suka dengan reksadana. Pasalnya, ini memberikan keuntungan hingga 8% per tahun.

Sebenarnya, ada lagi yang jauh lebih menguntungkan, yaitu investasi tanah. Harga tanah hampir tidak pernah turun. Jika kamu punya tabungan yang bisa digunakan untuk membeli tanah, sebaiknya lakukan. Tanah suatu saat nanti bisa kamu gunakan untuk membangun rumah dengan keluarga. Opsi lain, kamu bisa menjualnya dengan harga yang pasti naik daripada harga beli.

Nah, sudah siap untuk melakukan investasi sebelum menikah?


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai