Inilah Pos Pengeluaran Rumah Tangga yang Wajib Dipenuhi

Pos pengeluaran rumah tangga yang wajib dipenuhi.
Pos pengeluaran rumah tangga yang wajib dipenuhi. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Setiap keluarga, pasti memiliki pos pengeluaran tersendiri, entah untuk harian, mingguan, hingga bulanan. Besarannya juga pasti beragam sesuai dengan anggota keluarga. Namun yang pasti, tiap keluarga pasti harus menyiapkan dana untuk pos pengeluaran rumah tangga yang wajib dipenuhi.

Berikut ini beberapa pos pengeluaran rumah tangga yang wajib untuk diprioritaskan.

Pos pengeluaran untuk tempat tinggal

Pos pengeluaran rumah tangga wajib untuk tempat tinggal.
Pos pengeluaran untuk tempat tinggal. Photo by Pexels

Pos pengeluaran rumah tangga yang harus diprioritaskan pertama ialah tempat tinggal atau rumah. Sebab, rumah merupakan tempat untuk berlindung sekaligus tempat untuk saling mengakrabkan diri. Namun, bukan berarti kamu harus segera memiliki rumah sendiri. Rumah sewa sebenarnya tidak apa-apa.

Maka dari itu, kamu harus bisa menyisihkan penghasilanmu tiap bulan untuk tempat tinggal. Nantinya pos anggaran tersebut bisa digunakan utnuk membayar sewa atau membayar cicilan KPR hingga biaya listrik.

Pos untuk konsumsi

Pengeluaran untuk konsumsi.
Pengeluaran untuk konsumsi. Photo by Pexels

Pengeluaran penting selanjutnya ialah konsumsi harian keluarga. Sebab, tanpa makanan kamu tidak akan memiliki tenaga untuk bekerja dan menghasilkan uang. Apalagi tubuh manusia itu memerlukan nutrisi dan makanan setiap harinya.

Adapun untuk pengeluaran makanan harus diatur secermat mungkin dan secukupnya. Agar lebih hemat, kamu bisa mengusulkan utnuk selalu memasak makanan sendiri di rumah. Atau jika perlu, kamu bisa mengajak makan keluargamu di luar namun jangan terlalu sering.

Pos untuk asuransi

Persiapkan biaya asuransi.
Persiapkan biaya asuransi. Photo by Pixabay

Asuransi bisa dikatakan sebagai kebutuhan yang perlu dipenuhi, apalagi untuk keluarga. Sebab, kamu tidak akan tahu apa yang akan menimpamu atau keluarga di masa yang akan datang. Dengan adanya asuransi, kamu bisa mempersiapkan dana untuk menghadapi kemungkinan buruk itu.

Adapun di Indonesia saat ini sudah ada asuransi dari BPJS Kesehatan. Manfaat dari BPJS Kesehatan juga sudah teruji dan banyak penyakit-penyakit sudah ter-cover oleh BPJS. Nah, kewajibanmu tinggal membayarkan premi per bulannya saja dan biayanya bisa dibilang tidak terlalu mahal.

Pos untuk transportasi

Biaya untuk transportasi.
Biaya untuk transportasi. Photo by @jonason_b

Uang transportasi juga penting untuk disiapkan. Sebab, sehari-hari kamu akan membutuhkan transport untuk pergi ke kantor, pasar, hingga mengantar anak ke sekolah. Adapun uang transportasi ini meliputi ongkos naik alat transportasi umum seperti bus, ojek online, hingga untuk beli bensin dan parkir.

Pos untuk tabungan pendidikan anak

Tabungan pendidikan anak.
Tabungan pendidikan anak. Photo by Pixabay

Setelah menikah, usahakan untuk menyiapkan biaya tabungan untuk pendidikan anak sekalipun belum punya anak. Hal itu dikarenakan biaya pendidikan yang makin lama makin melonjak. Setidaknya, dengan kamu menyiapkan tabungan pendidikan anak sejak dini, maka kamu tidak perlu khawatir saat punya anak nanti.

Untuk mulai menyiapkannya, kamu bisa menyisihkan sebagian pendapatanmu. Yang terpenting biaya untuk menyiapkan pos ini tidak mengganggu pos pengeluaran-pengeluaran lainnya.

Pos untuk dana darurat

Dana darurat.
Dana darurat. Photo by Pexels

Selanjutnya pos penting yang perlu disiapkan ialah pos dana darurat. Dengan menyiapkan dana darurat, kamu lebih siap untuk menghadapi musibah atau kecelakaan yang menimpamu. Umumnya, jumlah dana darurat yang harus kamu siapkan setidaknya bisa memenuhi kebutuhanmu dan keluarga selama 3 bulan tanpa ada penghasilan lain.

Baca juga: Pentingnya Dana Darurat Sebelum Hadapi Situasi Gawat

Pos untuk bayar utang

Bayar utang.
Bayar utang. Photo by Republika

Terakhir, pos yang harus disiapkan ialah pos untuk membayar utang. Jangan sampai penghasilanmu habis untuk foya-foya namun utang yang kamu miliki belum dibayarkan. Lunasilah utang-utang yang kamu miliki terlebih dahulu agar hidupmu lebih tenang. Usahakan untuk tepat waktu, karena saat kamu telat bayar utang bisa-bisa kamu akan terkena denda yang bisa dibilang memberatkanmu.

Itulah beberapa pos pengeluaran rumah tangga yang wajib dipenuhi. Jika sudah terpenuhi semua dan masih memiliki sisa-sisa uang, kamu bisa gunakan untuk bersenang-senang. Namun, alangkah lebih baik lagi kamu bisa gunakan untuk investasi. Dengan berinvestasi, masa depanmu kelak akan lebih cerah dan menyenangkan.

You may also like...

Leave a Reply