Inilah 4 Ide Merayakan Tahun Baru dengan Hemat

Merayakan Tahun Baru dengan hemat.
Merayakan Tahun Baru dengan hemat. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Tidak terasa sebentar lagi tahun akan berganti menjadi 2020. Biasanya akhir tahun jadi momen untuk sebagian orang berlibur bersama keluarga atau teman-teman untuk merayakan malam Tahun Baru 2019. Namun, tak jarang dalam merayakan Tahun Baru ini pasti akan menghabiskan dana yang yang besar. Padahal, seharusnya dalam merayakan Tahun Baru ini harus hemat agar keuanganmu tidak berantakan menjelang pergantian tahun.

Sebenarnya ada banyak ide seru yang bisa dilakukan agar perayaan Tahun Baru ini tetap menyenangkan walaupun tidak mengeluarkan budget yang banyak. Berikut ini cara untuk merayakan Tahun Baru dengan hemat dan bisa jadi malam yang tidak terlupakan.

Kunjungi tempat perayaan umum

Kunjungi tempat perayaan umum.
Kunjungi tempat perayaan umum. Photo by Pexels

Saat ini sudah banyak tempat-tempat umum yang menggelar acara perayaan pergantian tahun. Biasanya, perayaan ini dilakukan dengan kembang api atau pertunjukan musik besar-besaran. Sebagai contoh lokasi atau tempat umum yang dijadikan sebagai tempat perayaan malam Tahun Baru ialah Bundaran HI.

Kamu bisa mendatangi dan dapat merasakan gemerlap malam pergantian tahun. Namun selalu ingat, kamu harus tetap waspada karena sudah tentu tempat itu akan penuh dengan orang.

Merayakan di rumah

Merayakan tahun baru hemat.
Merayakan tahun baru di rumah. Photo by @theplaceforthings

Jika kamu lebih mementingan keintiman dalam berkumpul menjelang pergantian tahun ini, kamu bisa merayakan malam tahun baru di rumah. Undang keluarga besar atau teman-teman dekat untuk menghadiri acara perayaan tersebut di rumahmu. Kamu bisa menggelar barbeque party sambil menyaksikan live event Tahun Baru di televisi, serta hitung mundur Tahun Baru bersama.

Membuat makanan dan minuman sendiri

Membuat makanan dan minuman.
Membuat makanan dan minuman. Photo by Pexels

Biasanya, dalam perayaan malam Tahun Baru ada makanan dan minuman untuk menemani. Apalagi jika momen ini dimanfaatkan utnuk berkumpul bersama banyak orang. Agar perayaan tersebut bisa lebih irit, kamu bisa mulai membuat kue kering dan minuman sendiri. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih. Apalagi, penjualan kue kering menjelang perayaan pergantian tahun ini pasti terbatas. Bahkan ada kemungkinan kamu tidak memiliki kesempatan untuk memesan di saat-saat terakhir.

Buat games seru

Menggelar games.
Menggelar games. Photo by SignupGenius

Agar tidak bosan menunggu malam pergantian tahun, kamu bisa membuat games yang seru yang bisa dilakukan bersama-sama. Manfaatkan kondisi dan lingkungan sekitarmu untuk membuat games tersebut. Atau jika ingin lebih sederhana, kamu bisa menggelar games truth or dare, werewolf, atau treasure hunt.

Baca juga: Introspeksi Diri yang Wajib Dilakukan di Akhir Tahun

Nah itu beberapa cara merayakan malam Tahun Baru yang hemat dan irit. Dengan melakukan perayaan tersebut, setidaknya keuanganmu tetap aman dan siap menghadapi tahun baru 2020 dengan lebih baik lagi.

You may also like...

Leave a Reply