Ide Usaha Bisnis Kosmetik Halal Bagi Pebisnis Pemula

Bisnis kosmetik halal.
Bisnis kosmetik halal. Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Berbisnis saat ini bisa saja bergerak dalam bidang apa saja asalkan menguntungkan. Salah satu bisnis yang cukup menguntungkan ialah bisnis kosmetik, lebih tepatnya bisnis kosmetik halal. Produk dengan label halal memang seolah mampu menguasai pasaran dan banyak dipilih untuk digunakan. Inilah yang membuat ide bisnis ini menjadi salah satu ide bisnis yang menjanjikan. Kira-kira ide apa saja yang bisa digunakan dan diterapkan untuk bisnis yang satu ini?

Ciptakan Brand Halalmu Sendiri

Bisnis kosmetik halal
Buat brand kosmetik. Photo by @elementdigital

Membuat kosmetik nyatanya tidak harus yang susah-susah, cobalah dengan membuat masker wajah atau setting water yang komposisinya bisa ditakar dan dipelajari dengan mudah di internet. Awali dengan memproduksi dalam jumlah kecil, namun tetap pastikan komposisi yang digunakan dalam bisnis kosmetik halal ini memang benar-benar halal bukan hanya label saja.

Kemudian mulailah mencari peluang pasar serta mengurus BPOM dan sertifikasi halal yang bisa diurus dengan langkah-langkah yang bisa dipelajari dengan mudah di internet.

Baca juga: Mengenal Penjelasan Seputar Bisnis UMKM

Jual Kosmetik yang Sudah Ada Dipasaran

Bisnis kosmetik halal
Jual kosmetik yang ada di pasaran. Photo by Okezone

Kesusahan memulai dari nol? Cobalah untuk menjadi reseller sebuah brand kosmetik yang sudah tersertifikasi halal sebelumnya. Zaman modern ini banyak sekali brand kosmetik yang tersertifikasi dan cocok digunakan untuk bisnis kosmetik halal kamu. Dengan menjual brand yang ada dipasaran akan mengurangi risiko kerugian yang besar ataupun membutuhkan modal yang besar. Kamu hanya perlu tlaten dalam memasarkan saja.

Namun yang menjadi kekurangan dari bisnis yang satu ini adalah peluang kesuksesan yang sangat susah diperoleh karena produk yang tersedia di banyak toko baik online maupun offline sehingga membatasi sebuah ruang untuk memasarkan produk tersebut.

Bekerjasama Dengan Perusahaan Kosmetik

Perusahaan sekuritas.
Kerjasama dengan perusahaan kosmetik. Photo by @flo_

Jika kamu memiliki modal yang lumayan besar cobalah untuk mengajak sebuah perusahaan untuk bekerjasama mewujudkan produk kosmetik sesuai dengan bisnis kosmetik halal keinginan kamu. Dengan bekerja sama dengan perusahaan kosmetik yang sudah profesional dibidangnya akan memudahkan kamu untuk memproduksi kosmetik halal dalam bentuk apapun dengan komposisi yang kamu inginkan juga.

Berbagai macam produk bisa direques sesuai dengan budget dan perintah kamu, bahkan harga dan kemasan kamulah yang menentukan. Mudahnya adalah tidak perlu memikirkan desain, dan pembuatan kosmetiknya. Yang dibutuhkan hanyalah promosi besar-besaran agar produk tersebut dikenal masyarakat luas.

Ajak Partner Bisnis untuk Modal

Kerja sama yang menguntungkan.
Cari partner bisnis. Photo by Pexels

Besarnya peluang untuk sukses dalam bisnis kosmetik halal ini juga memudahkan kamu dalam mengajak beberapa orang untuk menanamkan modal dalam usaha kamu. Jangan sekali-kali mendirikan usaha dengan benar-benar mandiri untuk menopang lajunya keuangan internal dan mengurangi resiko rugi yang terlalu besar, apalagi jika kamu adalah pengusaha yang baru saja ingin merintis usaha.

Ajaklah dua sampai tiga orang untuk membangun usaha kosmetik halal. Kemudian entah ingin menjual kembali produk yang sudah ada, rebranding atau membuat produk baru dari awal, semuanya bisa didiskusikan. Jangan lupa untuk adanya sistem bagi hasil untuk para penanam modal ini.

Kemudian jangan pernah mengambil untung yang terlalu banyak, kosmetik halal cenderung dijual dengan harga yang wajar dan keuntungan yang menghindari riba. Jadi jangan pernah lupa untuk menghitung setiap keuntungan, pengeluaran dan hutang yang mungkin belum terbayarkan.

Itulah 4 ide bisnis kosmetik halal yang menjanjikan pada era masa kini. Bisnis kosmetik halal banyak dipilih karena edarannya dipasaran yang seolah tidak pernah ada matinya.

You may also like...