Gaji Pas-Pasan, Terapkan Tips Hemat Saat di Kantor Agar Keuangan Tetap Stabil

Gaji Pas-Pasan, Terapkan Tips Hemat Saat di Kantor Agar Keuangan Tetap Stabil
Gaji Pas-Pasan, Terapkan Tips Hemat Saat di Kantor Agar Keuangan Tetap Stabil. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Menerapkan kebiasaan hemat saat di kantor merupakan pilihan yang bijaksana. Kebiasaan ini akan membuat kondisi finansial lebih stabil.

Sayangnya, sebagian besar kalangan milenial merasa kesulitan untuk berhemat. Akibatnya, gaji yang didapatkannya seakan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Semakin parah ketika gaji yang diperoleh pas-pasan. Tanpa adanya keinginan untuk berhemat, pemenuhan atas kebutuhan yang utama akan sulit diwujudkan. Pada akhirnya, seseorang memutuskan untuk berhutang untuk memenuhinya.

Supaya tidak terjadi, budayakan untuk hidup hemat. Gaya hidup ini bisa dibiasakan sehingga kamu akan merasa mampu untuk memenuhi kebutuhan. Bahkan, bisa menyisihkan gaji untuk menabung.

Baca juga: Memahami Risiko Keuangan dan Contohnya

11 Tips Hemat di Kantor

Berikut ini 11 tips hemat saat di kantor yang sebaiknya diterapkan secara konsisten:

1. Bawalah Bekal Makanan dan Minuman

Membawa bekal makanan dan minuman saat pergi ke kantor menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, bekal ini memungkinkan kamu dapat menghemat banyak biaya.

Seperti diketahui bahwa biaya makan ini terkadang cukup tinggi. Parahnya, seseorang perlu mengeluarkannya setiap hari untuk makan.

Supaya tidak mengeluarkannya setiap hari, ini bisa diakali dengan membawa bekal dari rumah. Baik itu berupa makanan atau pun minuman.

2. Manfaatkan Kendaraan Umum untuk Pergi ke Kantor

Naik transportasi umum untuk hemat.
Naik transportasi umum untuk hemat. Photo by Pexels

Perlu disadari bahwa penggunaan transportasi umum ini jauh lebih murah ketimbang membawa kendaraan pribadi. Penghematan yang bisa dilakukan pun cukup besar.

Setidaknya, seseorang hanya perlu menyediakan uang yang bisa diperkirakan sendiri saat pergi dan pulang kerja. Ini berbeda jika menggunakan kendaraan pribadi. Ada kemungkinan biayanya lebih tinggi. Bahkan, tidak terprediksi seperti tidak sengaja mampir ke beberapa tempat yang menghabiskan bensin.

3. Batasi Mampir Minimarket

Tips hemat saat di kantor selanjutnya adalah membatasi keinginan untuk mampir ke minimarket. Ini penting untuk diperhatikan.

Kenapa? Karena dikhawatirkan seseorang akan kalap dengan membeli banyak produk tanpa disadari.

4. Batasi Membuka Media Sosial di Kantor

Ketika berada di kantor, minimalkan untuk membuka media sosial di waktu luang. Ada baiknya jika waktu tersebut dimanfaatkan untuk bersosialisasi dengan rekan kerja.

Alasannya, media sosial kini banyak dimanfaatkan untuk menawarkan berbagai produk. Dikhawatirkan, seseorang akan kepincut dan tanpa sadar membeli berbagai produk lantaran dinilai lebih murah.

5. Tahan Keinginan Membeli Minuman Kekinian

Salah satu kebiasaan yang dapat menghabiskan biaya adalah membeli minuman kekinian. Sayangnya, gaya hidup seperti ini dinilai cukup lumrah. Apalagi, banyak dari rekan kerja yang melakukannya.

Jika kamu ingin stabil keuangannya, usahakan untuk menahan diri. Hindarilah kebiasaan untuk membeli minuman kekinian yang memakan biaya besar.

6. Kurangi Jajan Via Aplikasi Online

Memang sesekali membeli camilan atau semacamnya diperbolehkan. Tetapi, bijaklah dalam melakukan pembelian.

Meskipun membelinya semakin mudah lewat aplikasi online, sudah seharusnya kamu tidak memanfaatkannya secara penuh. Dikhawatirkan, kemudahan ini membuat kamu sering memesan makanan. Akibatnya, gaji yang didapatkan ini tidak bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan bulanan.

7. Pilih Warung Makan yang Murah

Jika lupa membawa bekal untuk makan siang di kantor, kamu masih diperkenankan untuk membeli makan siang di warung makan. Hanya saja, pilihlah warung yang menawarkan makanan dengan biaya lebih murah.

Yang terpenting, menunya cukup enak dan mengenyangkan. Itu sudah cukup untuk mengisi energi yang terkuras saat bekerja.

8. Top Up E-Wallet dengan Bijak

Banyak orang yang sering transaksi melalui e-wallet. Ini tidak lepas dari kemudahannya dalam menggunakannya.

Tetapi perlu diperhatikan, sebagian e-wallet ini akan dikenai biaya admin saat top up. Ketika sering top up e-wallet, akumulasi biayanya tentu semakin besar. Untuk itulah, biasakan transaksi secara bijak. Contohnya, jadwalkan top up 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali.

9. Minimalkan Nongkrong di Akhir Pekan

Gaya hidup boros yang masih sering dilakukan karyawan adalah nongkrong di akhir pekan bersama rekan kerja. Hal ini dimaksudkan untuk rehat dari rutinitas. Begitu pula, mengembalikan mood atau merelakskan pikiran.

Sayangnya, nongkrong yang terlalu sering ini bisa menguras isi kantong. Pasalnya, kamu tanpa sadar bisa mengeluarkan uang untuk membeli minuman, makanan, camilan dan lain sebagainya yang cukup besar.

Bahkan, ada saja yang membudayakan traktir. Kebiasaan ini bisa membuat keuangan tidak stabil. Tentunya, menyulitkan keuangan bulanan sendiri.

10. Bawa Tumbler Sendiri

Tips hemat saat di kantor lainnya adalah membiasakan untuk membawa tumbler dari rumah. Tumbler ini bisa diisi air terlebih dahulu. Ketika habis, kamu bisa mengisinya dengan air mineral yang sudah disediakan kantor.

11. Manfaatkan Fasilitas Kantor

Hal selanjutnya yang bisa membantu penghematan uang adalah dengan memanfaatkan fasilitas kantor yang telah disediakan. Contohnya adalah fasilitas gym untuk olahraga.

Atau, bisa juga pantry yang bisa digunakan untuk mengambil camilan. Bahkan, untuk sekedar membuat kopi secara gratis.

Selagi banyak hal yang sudah disediakan untuk karyawan secara gratis, ini sebaiknya dimanfaatkan secara penuh. Dengan begitu, gaji yang didapatkan bisa dihemat. Bahkan, bisa ditabung untuk investasi masa depan.

Itulah beberapa tips bermanfaat bagi karyawan yang ingin hemat saat di kantor. Praktikkan supaya keuangan stabil meskipun gaji yang didapatkan pas-pasan. 

Mungkin Anda juga menyukai