Hari Lebaran Boros? Simak Tips Hemat Hadapi Lebaran Ini

Berikut tips hemat selama bulan ramadhan ini
Waktu baca: 2 menit

Hari lebaran sebentar lagi akan segera tiba. Banyak orang yang menanti-nanti hari raya ini setelah menjalani puasa selama satu bulan penuh. Biasanya, saat hari lebaran, kamu akan bertemu dengan sanak-saudara dan keluarga tercinta. Selama lebaran ini, bisa dipastikan kamu akan mengeluarkan biaya besar. Apalagi, jika kamu merantau jauh dari rumah sehingga harus menyiapkan tiket untuk mudik yang terkadang harganya melonjak.

Jika tidak dipersiapkan dengan baik, bisa dipastikan kamu akan mengalami krisis keuangan karena biaya pengeluaran tidak terkendali. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa menyimak tips hemat hadapi lebaran yang bisa membantumu untuk mengatur pengeluaran lebih baik.

Membuat rencana belanja

Menjelang lebaran, biasanya banyak yang harus dibelanjakan. Terlebih jika akan mengadakan open house di rumah dan membagi-bagikan parcel ke tetangga. Maka dari itu, kamu harus mengatur belanjamu agar pengeluaran tidak besar dan membuat tabunganmu jebol. Selain itu, diusahakan kamu jangan belanja mendekati hari lebaran. Pasalnya, kawasan pusat perbelanjaan dipastikan akan sangat ramai.

Membuat kue lebaran sendiri

Coba buat kue lebaranmu sendiri agar hemat hadapi lebaran nanti.
Buat kue sendiri agar lebih hemat hadapi lebaran. Photo by pexels.com

Biasanya, pada saat mengadakan open house kamu akan menyiapkan banyak makanan untuk tamu-tamu yang datang. Utuk menyiasati pengeluaran berlebih dari membeli makanan, kamu bisa coba membuat kue lebaran sendiri. Selain hemat, kamu juga bisa menyalurkan kreatifitasmu dalam makanan atau kue yang akan dibuat tersebut.

Jangan mudah termakan diskon

Menjelang lebaran, biasanya akan banyak sekali diskon yang bertebaran. Misalnya, diskon hingga 50 persen dengan minimal pembelian tertentu. Dengan makin besarnya diskon yang diberikan, makin banyak orang yang tertarik. Kamu harus bisa mengendalikan diri agar tidak tergiur dengan diskon yang tersedia.

Lebaran tidak harus beli baju baru

Saat lebaran, baju baru bukanlah prioritas utamamu. Kamu bisa gunakan baju lamamu yang masih pantas untuk dipakai saat lebaran tiba. Terlebih esensi lebaran itu bukanlah mengenakan baju baru, melainkan terjaganya silaturahmi antar sesama. Biaya untuk membeli baju baru bisa kamu alokasikan ke pengeluaran yang lebih penting seperti menambah tabungan atau investasi.

Beli tiket mudik jauh-jauh hari

Jika kamu merantau jauh dari rumah, sudah pasti harus membeli tiket untuk bisa pulang saat lebaran. Maka dari itu, kamu harus bersiap untuk membeli tiket jauh-jauh hari. Selain itu, manfaatkan diskon atau promo yang disediakan agar pengeluaranmu lebih terkendali.

Hemat selama puasa

Nah tips yang terakhir ialah kamu harus bisa berhemat saat menjalani puasa. Saat menjalankan puasa, kamu bisa menyusun rencana belanja selama sebulan sehingga pengeluaranmu lebih tertata. Atau bisa juga kamu jangan terlalu sering untuk berbuka puasa di luar. Dengan berhemat saat puasa, kamu bisa memiliki dana lebih saat lebaran.

Dengan mengikuti tips hemat hadapi lebaran di atas, maka lebaranmu akan lebih tenang tanpa harus memikirkan biaya hidup selepas hari raya tersebut.

You may also like...

Leave a Reply