Yuk, Ketahui Harga Pasang Billboard

Harga Pasang Billboard
Yuk, Ketahui Harga Pasang Billboard. Photo by @whodunelson
Waktu baca: 4 menit

Kamu ingin memasang iklan produk atau jasa di billboard? Namun, kamu belum mengetahui harga pasang iklan di sana? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak pembahasan harga pasang billboard yang bisa kamu ketahui.

Kamu sering melihat iklan dengan ukuran besar yang dipasang di pinggir jalan? Jika iya, itu merupakan salah satu media periklanan berupa papan reklame atau bisa disebut juga billboard. Dengan pemasangan iklan billboard, kamu bisa melihat iklan dari jarak jauh.

Sebagai orang yang memiliki iklan, kamu pun ingin memasangkan iklan di billboard, tetapi belum tahu harganya? Simak pembahasan berikut ini untuk mengetahui harga pemasangan iklan billboard.

Mengenal Billboard Iklan

Saat memasang iklan, ada berbagai media yang bisa kamu pilih, di antaranya brosur, televisi, surat kabar, media online, hingga billboard. Namun, sebelum kamu masuk ke pembahasan harga pasang billboard, sebaiknya terlebih dahulu aku bahas billboard itu artinya apa?

Billboard atau dalam bahasa Indonesia disebut papan reklame adalah media promosi iklan berbayar yang berada di luar ruangan dan masuk ke kategori OOH (Out of Home) Advertising. Biasanya, billboard memasang dipasang di posisi yang cukup tinggi dan lebih besar.

Saat ini, kamu bisa melihat banyak billboard di jalan umum dengan berbagai promosi produk atau jasa iklan. Dengan begitu, kamu bisa melihat iklan saat berada di jalan umum, seperti di pusat kota maupun di tengah keramaian.

Alasan Pasang Billboard

Anda ingin memasang iklan di billboard? Anda pun bertanya-tanya, mengapa billboard penting? Tujuan pemasangan billboard ini agar dapat dilihat banyak orang yang berada di jalan umum, seperti di pusat kota maupun di tengah keramaian.

Setelah itu, timbul pertanyaan, di mana billboard dipasang? Seperti yang sudah aku bahas sebelumnya, billboard dipasang di posisi yang mudah dilihat, seperti di pinggir jalan yang berada di pusat kota maupun di tengah keramaian.

Kemudian, siapa sasaran dari billboard? Sasaran atau target pasar billboard adalah para pengguna jalan umum, termasuk pengendara maupun pejalan kaki. Dengan begitu, mereka bisa melihat iklan yang dipromosikan.

Baca juga: Begini Alur Membuat Video Iklan Produk Biar Bagus dan Menarik

Pemasangan Billboard

Sebelum membahas harga pasang billboard, kamu pun penasaran apakah billboard dipasang permanen? Biasanya, billboard berbentuk persegi dan dibuat dari bahan kayu, logam, kain, kaca, plastik, fiberglass, dan bahan lainnya.

Oleh karena itu, pemasangan billboard dilakukan secara permanen dengan konstruksi yang tetap. Namun, ada beberapa billboard yang tidak dipasang di jalan umum atau jalan tol, tetapi dipasang pada bangunan lain, seperti di atas toko.

Berapa Harga Billboard untuk Iklan?

Setelah itu, kamu bertanya-tanya, berapa harga pasang iklan di billboard? Harga pasang billboard tergantung dari jenisnya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak di bawah ini mengenai jenis dan harga billboard, di antaranya:

1. LED Billboard

Jenis LED Billboard ini masih baru dan termasuk ke kualitas tinggi dengan menampilkan layar yang mempromosikan iklan, seperti komputer atau televisi. Iklan yang ditayangkan berupa hasil cetakan dari komputer.

Biasanya, konten pembuatan LED ini menggunakan A/V (audio visual) atau JPEG still high res. Selain itu, penggunaan dalam pembuatan LED, yaitu warna eye catching, backlight terang, tajam, dan beraneka ragam.

Jenis LED ini menayangkan berbagai iklan yang berganti pada setiap detik. Harga pasang billboard dari LED ini, yaitu mulai dari Rp5.000 per 15 detik.

2. Poster Panel

Jenis poster panel ini merupakan salah satu jenis billboard berupa poster yang diolah oleh komputer, lalu dicetak di kertas flexy yang berukuran besar, kemudian dipasang di papan reklame besar.

Harga pasang billboard ini mulai dari Rp60.000.000 per bulan sudah termasuk pencahayaan di sekitar billboard dan maintenance.

3. Frontline

Jenis frontline billboard ini paling umum kamu temui di pinggir jalan umum atau pinggir jalan tol. Biasanya, jenis ini dicetak dengan teknik digital printing pada bagian depan kertas dengan memiliki daya tahan yang tinggi untuk dipasang di indoor maupun outdoor.

Harga pasang billboard jenis frontline ini yang berukuran 6×12 m diberi Rp90.000.000 per bulan.

4. Inflatables

Jenis inflatables merupakan salah satu jenis billboard yang memberikan penambahan ornamen berupa 3D sehingga terlihat lebih nyata. Biasanya, gaya siluet 3D ini sangat eye catching sehingga membuat banyak orang tertarik melihatnya.

Harga pasang billboard jenis inflatables ini dimulai dari Rp6.000.000 tergantung dengan desain kostum, modis, kualitas superior, pemasangan, kemudahan instalasi, dan objek yang diiklankan awet, tahan air, hingga tahan sinar UV.

5. Kinetic Board

Jenis kinetic board kerap kali disebut treevision atau 3 dimension rotary board ini terdiri dari prisma segitiga dengan satu tiang yang pada porosnya dapat diputar. Prisma tersebut memiliki tiga sisi dengan tiga iklan yang berbeda dan dapat diputar sehingga terlihat dari segala sisi.

Harga pasang billboard jenis kinetic board ini memiliki harga yang bervariatif tergantung dengan konsep iklan yang ingin kamu tayangkan.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Billboard

Kamu ingin memasang iklan dan sedang mencari informasi mengenai harga sewa billboard di Jakarta? Harga billboard Jakarta bervariatif tergantung faktor-faktor yang mempengaruhinya. Berikut bisa kamu simak mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi harga billboard.

1. Jenis Billboard

Hal pertama yang mempengaruhi harga billboard adalah jenis billboard yang dipilih. Sebab, setiap jenis billboard memiliki harga yang bervariatif tergantung visual dan penayangan iklannya.

2. Ukuran Billboard

Tak hanya jenis billboard, ukuran billboard juga mempengaruhi harga billboard. Semakin besar, maka semakin mahal pula harga yang diberikan. Biasanya, setiap jenis billboard memiliki ukuran yang telah disesuaikan.

3. Kategori Iklan

Kamu harus tahu terlebih dahulu kategori iklan untuk mengetahui pajak yang dikenakan. Jadi, kamu bisa mengetahui harga dari pemasangan iklan tersebut. Biasanya, iklan rokok diberikan pajak 25% dari iklan lainnya.

4. Lokasi Billboard

Lokasi billboard juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi harga billboard. Harga billboard sangat bergantung pada tingkat keramaian di lokasi billboard tersebut. Jadi, kamu pastikan terlebih dahulu tingkat keramaian saat ingin memasangkan iklan billboard.

5. Waktu Penayangan Iklan

Salah satu faktor yang mempengaruhi harga billboard adalah waktu penayangan iklan. Dengan waktu penayangan iklan yang lama, harga billboard pun semakin mahal. Jadi, tentukan kontrak iklan yang kamu inginkan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Selain itu, kamu juga harus tahu mengenai harga pemasangan iklan yang ditawarkan dalam bentuk salah satu jenis billboard sehingga bisa menyesuaikan waktu penayangan iklan.

Itulah pembahasan billboard, alasan pasang billboard, pemasangan billboard, harga dan jenis billboard, hingga faktor-faktor yang mempengaruhi harga pemasangan billboard yang kamu ketahui. Jadi, kamu pun semakin tahu mengenai harga pasang billboard untuk iklan.

Mungkin Anda juga menyukai