Grab Luncurkan Grab for Business 365 untuk Bantu UMKM

Peluncuran Grab for Business 365.
Peluncuran Grab for Business 365. Photo by CNBC Indonesia
Waktu baca: 2 menit

Demi mendukung perkembangan bisnis nasional dengan teknologi, Grab Indonesia bekerjasama dengan Microsoft Indonesia meluncurkan Grab for Business 365. Grab for Business 365 menghadirkan kolaborasi sistem yang terintegrasi agar lebih mudah dan manajemen perjalanan bisnis, visualisasi data yang dipersonalisasi dengan saluran komunikasi yang lebih mudah melalui Microsoft Teams bagi korporasi maupun UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).

Saat ini, Grab Business telah memiliki 7.400 konsumen korporasi di 224 kota. Dan diproyeksikan bisa semakin bertambah dengan adanya produk kolaborasi ini.

“Grab for Business 365, sebuah inisiatif hyperlocal kami untuk membantu bisnis dalam mengelola aktivitas transportasi mereka. Dengan bantuan teknologi, pengelolaan menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga bisnis bisa terus maju,” kata Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia saat peluncuran, Kamis (28/11/2019) dilansir dari CNBC Indonesia.

Berdasarkan hasil riset dan pendataan dari Grab dan Microsoft, telah ditemukan bahwa bisnis di Indonesia sering mengalami kesulitan dalam mengelola aktivitas bisnis. Kerumitan dalam mengelola aktivitas bisnis ini mengakibatkan kinerja perusahaan jadi kurang efisian dan dapat menghambat produktivitas.

launching Grab for Business 365.
Kolaborasi Grab Indonesia dan Microsoft Indonesia. Photo by Kompas

Dengan adanya Grab for Business 365 yang berkolaborasi dengan Office 365, dapat membantu memudahkan proses pengajuan pengajuan dan persetujuan perjalanan bisnis, visualisasi data yang dipersonalisasi untuk pendataan real time, dan platform komunikasi yang terintegrasi dengan Microsoft Teams.

Baca juga: Ingin UMKM Go Internasional, Menkop Gandeng Perusahaan Pemasaran Digital

Maka dari itu, menurut Head of Grab for Business Indonesia, Roy Nugroho, teknologi ini tidak hanya menyasar korporasi besar saja, namun UMKM juga jadi sasarannya. Sebab, selama ini penggunaan teknologi di level UMKM masih sangat rendah sehingga membuat bisnis tidak efektif.

“Padahal Indonesia memiliki 63 juta UMKM, dengan sumbangan yang sangat besar terhadap ekonomi Indonesia. Tapi baru 8% yang menggunakan platform online, jadi bagaimana Grab For Business 365 ini mensimplifikasi bisnis mereka supaya efektif,” kata Roy Nugroho.

Jika UMKM bisa menggunakan dan memanfaatkan produk tersebut, maka akan bisa meningkatkan tiga poin penting dalam menjalankan bisnisnya. Pertama, kolaborasi untuk meningkatkan produktivitas, kedua, pencatatan dan laporan untuk mendukung efisiensi. Dan yang ketiga, otomatisasi proses menjadi lebih sederhana agar lebih efektif.

Sumber: CNBC Indonesia

Mungkin Anda juga menyukai