Cari Tahu Manfaat, Cara, dan Penjelasan Giveaway Artinya di Sini! 

Pengertian giveaway
Cari Tahu Manfaat, Cara, dan Penjelasan Giveaway Artinya di Sini! Photo by @donangel
Waktu baca: 5 menit

Akhir-akhir ini, giveaway jadi salah satu strategi marketing yang sangat populer, terutama di media sosial. Akan tetapi giveaway artinya apa, ya? Dan bagaimana cara mengadakan giveaway yang sukses dan bisa menguntungkan bisnismu?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, kamu bisa simak dulu penjelasannya di bawah ini. Selamat membaca!

Pengertian Giveaway

ilustrasi mencari tahu pengertian giveaway
Pengertian giveaway. Photo by Pexels

Pertama, yuk kita bahas dulu apa pengertian giveaway. Pada dasarnya, giveaway merupakan suatu aktivitas di mana kamu membagikan hadiah dengan syarat dan ketentuan tertentu. Nantinya, pemenang bisa kamu pilih dari orang-orang yang sudah mengikuti semua syarat dan ketentuan yang sudah kamu buat.

Di media sosial sendiri, syarat dan ketentuan giveaway yang paling sering ditemukan adalah like dan/atau subscribe, menulis komentar, dan nge-tag beberapa teman di komentar. Untuk mempermudah dalam memilih pemenang, sekarang bahkan sudah ada aplikasi untuk memilih pemenang giveaway yang jauh lebih praktis dan cepat. Dan aplikasi ini sangat bermanfaat apalagi untuk akun-akun besar dengan peserta giveaway hingga ribuan.

Tips Menyelenggarakan Giveaway yang Sukses

Ilustrasi papan dart sebagai tujuan
Menentukan tujuan giveaway jadi salah satu tips yang perlu dipahami. Photo by Pixabay

Meskipun popular dan terbukti bisa menarik perhatian orang-orang, giveaway bisa jadi hanya sebatas “bagi-bagi hadiah” saja jika tidak kamu kelola dengan baik. Lantas, bagaimana ya cara buat giveaway agar giveaway-nya sukses dan tidak malah berujung tekor?

1.    Tentukan apa tujuan giveaway

Untuk mengetahui apakah giveaway-mu sukses atau tidak, kamu harus menentukan dulu apa tujuannya. Nah, tujuan giveaway ini bisa berbeda-beda tergantung kebutuhan bisnismu.

Misalnya buat kamu yang baru saja memulai sebuah bisnis, kamu bisa adakan giveaway untuk menarik perhatian orang-orang terlebih dahulu (awareness). Atau mungkin kamu ingin menambah jumlah follower, atau untuk meningkatkan engagement (like dan komentar).

2.    Tentukan apa jenis giveaway-nya

Langkah berikutnya adalah menentukan apa jenis giveaway yang sebaiknya kamu selenggarakan. Secara garis besar, ada 2 jenis giveaway yang biasa dipilih para pemilik bisnis: self-giveaway dan 

sponsored giveaway.

  • Self-giveaway

Jenis giveaway yang satu ini berarti segala proses giveaway-nya kamu selenggarakan sendiri, mulai dari persiapan, penentuan syarat dan ketentuan, promosi, hadiah, hingga pemilihan dan pengumuman pemenang.

  • Sponsored giveaway

Sedangkan sponsored giveaway adalah giveaway yang disponsori oleh brand lain. Di sini, biasanya pihak sponsor lah yang akan menyediakan hadiahnya, dan kamu tinggal melakukan proses lainnya sendiri.

3.    Pilih hadiah yang menarik

Meskipun pada dasarnya orang-orang tentu suka mendapatkan hadiah, kamu tetap perlu cermat dalam memilih apa hadiah giveaway yang akan kamu berikan kepada pemenang. Dalam menentukan hadiah, kamu bisa pertimbangkan siapa audiensmu atau apa tujuan giveaway-mu. Dan hadiah giveaway tidak harus selalu berkaitan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Sebagai contoh, misalnya demografi audiensmu adalah wanita berusia 20-30 tahun yang sudah bekerja dan tertarik dengan dunia fashion. Dengan mempertimbangkan data tersebut, hadiah checkout belanjaan di marketplace online bisa jadi pilihan yang layak buat dipertimbangkan.

Yang perlu kamu ingat adalah jumlah peserta tentunya akan memengaruhi jumlah leads yang bisa kamu dapatkan. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih hadiah yang menarik dan tepat agar ada semakin banyak peserta yang ikutan.

4.    Buat syarat dan ketentuan giveaway

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pemenang giveaway dipilih berdasarkan peserta yang sudah mengikuti syarat dan ketentuan giveaway. Oleh karenanya, kamu juga perlu membuat syarat dan ketentuan giveaway dengan cermat.

Pertimbangkan habit dari para audiensmu. Selain itu, jangan lupa apa tujuan giveaway-mu. Contohnya, giveaway kamu maksudkan untuk menambah jumlah follower dan meningkatkan engagement. Kalau begitu, buat syarat dan ketentuan di mana peserta wajib follow akunmu, dan kemudian spam like dan komentar sebanyak-banyaknya di postingan yang sudah kamu upload.

5.    Gunakan hashtag yang pas

Hal lain yang juga tidak boleh kamu lupakan adalah penggunaan hashtag untuk giveaway, terutama untuk Instagram. Soalnya, hashtag berfungsi untuk mengategorikan kontenmu serta mempermudah orang dalam menemukan akunmu.

Lakukanlah riset hashtag agar kamu tidak keliru memilih. Soalnya, pemilihan hashtag yang tepat bisa meningkatkan engagement postingan hingga 12,6 persen.

Baca juga: Bingung Pilih Hadiah? Dompet Wallts Jawabannya

Efek Giveaway untuk Perkembangan Bisnis

ilustrasi engagement meningkat
Engagement meningkat menjadi salah satu hasil menjalankan giveaway. Photo by Pixabay

Kalau giveaway jelas menguntungkan pemenang, lalu apa manfaatnya buat bisnismu? Apabila dilakukan dengan benar, giveaway bisa memberikan berbagai keuntungan bagi bisnismu, seperti yang dijelaskan dalam daftar berikut ini.

1.    Meningkatkan jumlah leads

Salah satu efek positif dari giveaway adalah jumlah leads yang meningkat, bahkan jika kamu baru saja memulai sebuah usaha sekalipun. Soalnya, kamu bisa mendapatkan leads berupa akun media sosial secara langsung lewat giveaway. 

Dengan demikian, selanjutnya kamu juga bisa terus memberikan informasi yang bermanfaat kepada leads-mu, misal tentang program promo, produk baru, atau lainnya.

2.    Meningkatkan engagement

Peningkatan jumlah engagement adalah salah satu dampak giveaway yang paling terasa bagi para pelaku bisnis. Soalnya, giveaway sendiri memang paling umum dilakukan untuk meningkatkan engagement, terutama jumlah like dan komentar.

Dalam jangka panjang, tingkat engagement yang tinggi juga dapat membantu bisnismu dalam membentuk image yang tepat di mata audiens. Tak hanya itu saja, engagement yang tinggi dan baik juga bisa mempermudah kamu dalam mendapatkan feedback dari para pengguna atau pelanggan, yang jelas bermanfaat buat pertumbuhan dan perkembangan usahamu

3.    Meningkatkan brand awareness

Salah satu tujuan umum dan dampak positif giveaway adalah peningkatan brand awareness. Soalnya, giveaway bisa memperluas jangkauan brand-mu ke para calon konsumen atau pelanggan, terutama jika kamu memastikan bahwa pemilihan hashtag-nya tepat dan sesuai.

Terlebih lagi, giveaway memang bisa jadi salah satu cara untuk mempromosikan bisnismu, terutama lewat media sosial. Cara ini bisa jadi alternatif untuk pemasangan iklan secara online, dan dalam beberapa kasus bahwa bisa lebih efektif. Karena dalam giveaway, wajar jika terbangun interaksi dan engagement antara audiens dengan bisnismu, terutama lewat komentar.

4.    Hemat budget

Mungkin efek yang satu ini terkesan kontradiktif – karena bukannya saat mengadakan giveaway, kamu malah mengeluarkan uang untuk hadiah, ya? Menariknya, yang terjadi justru sebaliknya, lho!

Soalnya, budget giveaway pada dasarnya bisa kamu tentukan sendiri dan bisa benar-benar kamu prediksi. 

Minimal, besar budget untuk hadiah adalah besar dana yang akan kamu keluarkan untuk penyelenggaraan giveaway. Dengan begitu, risiko adanya hidden cost yang tidak terduga dan bisa membuat pengeluaran menjadi jauh membengkak jadi bisa kamu tekan seminimal mungkin. 

Kesimpulan

Menyelenggarakan giveaway bisa membantu orang-orang untuk mengenal brand-mu, sehingga terjadi peningkatan brand awareness. Bahkan jika mereka yang ikut giveaway belum melakukan transaksi pembelian produk atau layanan, mereka sudah kenal dan tahu brand-mu lebih dulu. Dengan demikian, begitu mereka membutuhkan produk atau layananmu, mereka tahu ke mana mereka harus mencari.

Itu tadi rangkuman penjelasan mengenai giveaway, yang meliputi pengertian giveaway, tips menjalankan giveaway yang sukses, hingga manfaatnya.

Artikel Lainnya