3 Cara Ini Bisa Bantu Kamu Jalani Hukum Berkurban Tiap Tahun

Hukum Berkurban saat Iduladha via thoughtco.com
Waktu baca: 2 menit

Berkurban bagi umat islam adalah wajib hukumnya jika sudah berkecukupan dan gugur kewajibannya tersebut jika kurang mampu. Hukum berkurban ini juga ditulis dalam ayat suci Alquran. Jadi, jika sudah memiliki rezeki lebih dan berkecukupan, kamu diwajibkan untuk melaksanakan kurban yang biasanya dilaksanakan saat Hari Raya Iduladha.

Di sisi lain, harga kambing dan sapi yang selalu naik setiap tahunnya terkadang membuat niat berkurban semakin menciut. Pikiran seperti, “Ah, kurbannya tahun depan saja.” atau “Kurban, kan, tidak wajib.” pasti sering muncul. Padahal seharusnya kurban bisa kamu lakukan setiap tahun jika kamu mempunyai niat dan rencana yang matang. Nah, untuk kamu yang absen berkurban tahun ini dan di tahun 2019 mendatang ingin berkurban, yuk cek beberapa tipsnya di bawah ini!

Buat cara yang menarik untuk menabung

Umumnya, harga kambing paling murah dibanderol sekitar Rp1,4 juta. Itu pun ukurannya tidak terlalu besar, tapi yang paling penting sudah masuk syarat hukum berkurban, yaitu sehat, tidak buta, dan tidak terlalu kurus.

Per tahunnya, harga kambing meningkat sekitar Rp200.000 sampai Rp300.000. Jadi, tahun depan harga kambing bisa menjadi Rp1,7 juta sampai Rp1,8 juta. Maka, untuk mendapatkan uang segitu, kamu setidaknya harus menyisihkan uang Rp5.000 sehari. Namun, apabila kamu merasa kerepotan untuk menabung Rp5.000 setiap hari, ada cara khusus yang bisa kamu lakukan.

Pertama, kamu bisa membuat menabung lebih menarik dengan membeli celengan yang lucu. Misalnya celengan berbentuk boneka atau celengan klasik yang dibuat dari tanah liat. Dengan begitu, kamu akan mempunyai niat lebih untuk menabung. Selanjutnya, kamu bisa membuat peraturan sendiri. Misalnya, jika tim bola kesayangan kamu menang, kamu akan menyisihkan sedikit uang untuk ditabung. Pilihlah cara menabung yang unik agar kamu semangat untuk berkurban.

Lakukan bersama keluarga

Jika kamu masih belum terlalu percaya diri bahwa uang yang kamu tabung bakal pas untuk membeli seekor kambing, kamu bisa melakukannya bersama keluarga. Walaupun kurban kambing ini tidak diperbolehkan dimiliki lebih dari satu orang, kamu bisa melakukan patungan bersama keluarga. Misalnya, uang yang kamu tabung baru terkumpul Rp500.000 atau Rp1 juta, kamu bisa menyerahkannya kepada orang tua untuk digabungkan dengan uang mereka.

Berkurban Bersama Keluarga via mysharing.co
Berkurban Bersama Keluarga via mysharing.co

Ini bisa menjadi motivasi, setelah pada tahun pertama kamu hanya bisa menabung Rp500.000, maka tahun depan kamu bisa menabung lebih banyak lagi. Syukur-syukur nantinya kamu bisa melakukan kurban sendiri.

Berinvestasi

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan agar bisa jalani hukum berkurban tiap tahunnya adalah dengan melakukan investasi. Kamu bisa memilih berbagai instrumen investasi yang paling kamu suka, mulai dari reksa dana, emas, deposito, atau saham. Mulai lakukan sekarang dan jangan lupa untuk berniat agar  setiap keuntungan bisa dibuat berkurban di tahun berikutnya. Bagi yang masih pemula dalam berinvestasi, sebaiknya pilihlah investasi dengan risiko kecil dan bisa berlangsung dalam jangka panjang seperti peer-to-peer lending.

Hukum berkurban wajib bagi kamu yang sudah mampu. Agar bisa menunaikan kewajiban ini setiap tahunnya, lakukan cara-cara di atas, ya. Semoga kamu bisa berhasil!

You may also like...

Leave a Reply