10 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu yang Perlu Diketahui

Emas Asli dan Palsu
10 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu yang Perlu Diketahui. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Emas batangan menjadi salah satu logam berharga yang bisa dijadikan sebagai produk investasi. Terlebih dengan harga emas yang cederung stabil dan nilainya tidak akan tergerus oleh inflasi. Meski begitu, kamu tetap harus hati-hati karena saat ini emas palsu sudah banyak beredar di pasaran. Maka dari itu kamu harus tahu cara membedakan emas asli dan palsu.

Baik emas asli maupun emas palsu jika dilihat secara kasat mata memang terlihat sama saja. Namun sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui perbedaan keduanya lho!

Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Berikut penjelasan mengenai perbedaan emas asli dan palsu yang perlu diketahui.

Perhatikan fisiknya

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk bisa membedakan emas asli dan palsu ialah memperhatikan fisik dari emas tersebut. Biasanya, emas yang murni memiliki cap yang menandakan kadar emas yang menggunakan satuan fineness (1-999 atau 0.1-0.999). Sementara yang lazim dikenal ialah menggunakan satuan karat dalam angka seperti 10K, 18K, atau 24K.

Cek sertifikat emas

Langkah kedua yang bisa dilakukan ialah memeriksa sertifikat emas yang kamu miliki. Caranya, kamu bisa meletakan sertifikat emas di bawah sinar ultraviolet. Dari situ akan terlihat garis-garis minor warna-warni seperti uang kertas dan blok yang berwarna hijau di setiap deskripsi detail sertifikat. Pastikan juga ada logo watermark perusahaan pencetak sertifikat tersebut.

Cek perubahan warna

Cara membedakan emas asli dan palsu selanjutnya adalah dengan menggesekkan jari ke area tertentu pada emas. Bila saat digosok warnanya berubah seperti pudar atau gak seragam, bisa dipastikan itu emas palsu.

Gigit emas

Emas merupakan logam yang lunak sehingga mudah sekali untuk dibentuk. Semakin tinggi kadar karatnya, semakin lunak pula emasnya. Dari hal itu, dengan menggigit emas kamu bisa mengetahui emas itu asli atau tidak.

Bila ada bekas gigitan yang tertinggal, kemungkinan besar itu adalah emas asli. Sebaliknya, jika keras sekali dan tidak memunculkan bekas apa-apa, bisa jadi itu emas palsu.

Baca juga: Sampoerna Punya Emas, Ini Bedanya dengan Antam

Cek dengan magnet

Selain logam yang lunak, emas juga tidak bisa ditarik oleh magnet. Dengan begitu, kamu bisa mengetes keaslian emas menggunakan magnet dengan kekuatan besar dan arahkan ke emas. Jika tertarik oleh magnet, dapat dipastikan emas tersebut palsu.

Goreskan ke keramik atau kertas

Selanjutnya, hal yang bisa dilakukan untuk mengetahui emas asli atau palsu ialah menggoreskannya ke keramik atau kertas. Jika emas itu asli, maka tidak akan meninggalkan bekas atau jejak. Perlu diperhatikan ya TemanKlik, cara ini terbilang cukup berisiko karena dapat merusak emas.

Periksa kepadatan emas

Cara membedakan emas asli dan palsu selanjutnya adalah dengan mengecek kepadatan emas tersebut. Cara ini bisa dibilang yang paling mendekati valid.

Kenapa begitu? Emas kan logam yang memiliki kepadatan tinggi banget. Jadi, jarang banget ada logam lain yang mampu menyaingi kepadatan emas. Pendek kata, semakin tinggi kepadatan, semakin murni logam mulia itu.

Cara mengecek emas asli pakai cara ini terbilang cukup mudah kok, yaitu:

  • Isi air di gelas atau botol yang ada takaran ukuran mililiter.
  • Masukkan emas dengan cara digantung dengan benang.
  • Lihat perbedaan air antara sebelum dan sesudah emas direndam.
  • Gunakan rumus perhitungan kepadatan = massa dibagi volume. Jika angka mendekati 19 gram per millimeter, udah cukup yakin itu emas asli.

Biar bisa jadi panduan, berikut ini angka kepadatan emas tergantung karat.

Emas 14 k = 12,9-14,6 gram/mililiter
18K kuning = 15,2-15,9 g/ml
18K putih = 14,7-16,9 g/ml
22K = 17,7-17,8 g/ml

Cek di butik LM terdekat

Kalau belum yakin juga, ya sudah cara mengetahui emas asli yang paling praktis adalah dengan mengunjungi butik logam mulia terdekat. Sudah pasti mereka bisa langsung memberitahumu soal keaslian emas yang kamu miliki saat ini.

Gunakan aplikasi CertiEye

Metode lain yang bisa digunakan sebagai cara membedakan emas asli dan palsu adalah menggunakan aplikasi CertiEye. Nah, metode ini pas untuk mereka yang beli emas Antam. Teknologi CertiEye merupakan inovasi yang berfungsi untuk meningkatkan keamanan produk emas batangan ANTAM.

Cara penggunaannya mudah. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi tambahan di ponsel pintar (smartphone) mereka, yaitu aplikasi berbasis internet CertiEye. Setelah aplikasi tersebut diunduh, kamu bisa langsung melakukan pemindaian (scan) di barcode (CertiCode) yang tertera di setiap produk emas batangan yang kamu beli. Pokoknya selama beli emas Antam dijamin gampang deh untuk dibedakan mana yang asli dan palsu.

Uji dengan asam

Cara mengecek emas asli yang satu ini juga bisa digunakan untuk membedakan emas asli dan palsu. Teteskan saja asam nitrat ke permukaan emas. Jika ada reaksi warna kehijauan, itu berarti adalah emas palsu. Jika ada reaksi seperti warna susu, itu berarti emas dilapisi perak. Namun, jika gak ada reaksi apa pun, emas itu adalah emas asli.Cara membedakan emas asli dan palsu ini adalah cara yang juga tergolong mudah.

Demikian beberapa cara membedakan emas asli dan palsu. Semoga menambah wawasanmu.

Mungkin Anda juga menyukai