Definisi, Jenis, dan Daftar Fintech di Indonesia

Daftar fintech di Indonesia
Penjelasan singkat mengenai daftar fintech di Indonesia. Photo by Beritasatu
Waktu baca: 3 menit

Masalah keuangan memang tidak pernah luput dari manusia. Uang memang bukan segalanya akan tetapi jika kamu lihat ke sekitar apa yang tidak menggunakan uang? Hampir semuanya menggunakan uang. Dengan kemajuan teknologi pula kini kebutuhan akan keuangan juga semakin mudah diatasi yaitu dengan fintech atau Financial Technology. Banyak sekali daftar fintech di Indonesia yang dapat kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Mengenal Apa Itu Fintech?

resolusi keuangan 2020
Apa itu fintech? Photo by Okezone

Dari tadi, kita hanya membahas mengenai fintech dan keuangan akan tetapi tidak membahas pengertiannya lebih lanjut. Jadi, fintech ini merupakan salah satu lembaga keuangan baik dari bank maupun startup yang memang berdiri untuk memberikan layanan keuangan. Bisa diakui memang ternyata banyak fintech yang berasal dari startup dengan teknologinya yang sangat canggih.

Jenis-jenis Fintech Indonesia

Perencanaan keuangan.
Jenis-jenis fintech. Photo by Pixabay

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa di Indonesia ini ada banyak sekali perusahaan fintech akan tetapi, jika Kamu melihat daftar fintech di Indonesia maka akan dikategorikan berdasarkan akan jenis-jenisnya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Payment gateway

Payment gateway adalah sebagai suatu jembatan bagi Kamu yang senang berbelanja di e-commerce. Dengan menggunakan jembatan yang satu ini maka pembayaran menjadi lebih mudah dan juga lebih cepat karena ia memiliki sifat penghubung antara perbankan dan juga e-commerce yang digunakan.

Digital Wallet

Berikutnya adalah dompet digital yang merupakan salah satu layanan fintech dengan perkembangannya begitu cepat. Dengan teknologi ini maka kamu bisa menyimpan uang digital di sana dan bisa digunakan sewaktu-waktu ketika butuh. Kamu bisa gunakan untuk merchant online maupun offline dengan menggunakan kode QR.

Wealth Management

Berikutnya adalah Wealth Management atau manajemen kekayaan yang mana merupakan suatu jasa pengelolaan uang atau kekayaan yang bisa menjadi manajer pribadi dengan menggunakan kecanggihan teknologi. Dengan teknologi ini, semua hutang, asuransi, pengeluaran dan lain sebagainya bisa diatur otomatis.

Social Crowfunding

Berikutnya ada Social Crowfunding yang merupakan salah satu teknologi dengan mengandalkan pendanaan bisnis sosial sebagai produk utamanya. Dengan ini maka orang-orang bisa melakukan iuran untuk mewujudkan suatu pendanaan sosial yang sering kali digunakan untuk membantu sesama manusia sebagai wujud kemanusiaan.

Lending

Dan yang terakhir yang paling banyak digunakan adalah Lending atau peminjaman. Teknologi yang satu ini sangat banyak dipilih karena memang banyak kebutuhan manusia yang semakin banyak. Dengan adanya Lending maka masyarakat bisa mendapatkan arang impiannya dengan cepat dan mudah.

Cara Melihat Daftar Fintech Indonesia yang Terdaftar di OJK

fintech ilegal dan legal
Otoritas jasa keuangan. Photo by Tribunnews

Seperti yang telah diketahui bersama apabila setiap lembaga keuangan sebaiknya adalah mereka yang telah terdaftar pada OJK. Mengapa demikian? Ya, karena OJK adalah salah satu organisasi yang independen dan memang bertugas untuk mengatur, mengawasi, menyelidiki, dan lain sebagainya pada masalah keuangan sehingga bisa memberikan rasa aman dan tanggung jawab akan uangmu.

Penting sekali untuk melihat daftar fintech di Indonesia yang terdaftar di OJK. Caranya, Kamu tinggal masuk saja ke portal website Otoritas Jasa Keuangan Indonesia di daftar Fintech maka di sana akan muncul secara lengkap mengenai perusahaan mana saja yang sudah terdaftar di OJK sehingga kamu bisa menggunakannya dengan mudah dan aman tentunya. KlikCair juga termasuk dalam fintech yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Maka dari itu, jangan ragu untuk mendanai melalui KlikCair ya.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk kamu yang mungkin sedang bingung memilih daftar fintech di Indonesia mana yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan diri sendiri, selamat mencoba!

Mungkin Anda juga menyukai