Contoh Usaha Kecil yang Layak Kamu Coba Meskipun di Saat Pandemi 

bisnis rumahan
Contoh Usaha Kecil yang Layak Kamu Coba Meskipun di Saat Pandemi. Photo by Pexels
Waktu baca: 6 menit

Di masa pandemi seperti saat ini, banyak sekali orang yang kehilangan pekerjaan. Hingga akhirnya mereka mencoba mencari penghasilan dengan cara berbisnis sendiri. Inilah yang membuat semakin banyak orang yang mencari contoh usaha kecil rumahan yang tetap menguntungkan di masa pandemi.

Mungkin kamu juga salah satu dari orang tersebut. Atau kamu tahu bekerja di kantor atau di perusahaan seperti saat ini kurang begitu bagus untuk masa depan. Apalagi kamu merasa perusahaan di mana kamu bekerja saat ini mengalami kerugian akibat pandemi. Kamu khawatir ada kemungkinan perusahaan akan bangkrut atau setidaknya membuat keputusan pahit, yaitu mengurangi jumlah karyawan.

Apa pun itu, tidak ada salahnya jika kamu mencoba membuka usaha kecil di rumah. Entah itu jadi sumber penghasilan utama atau jadi penghasilan tambahan. Yang terpenting, ketika kamu masih bekerja, usahakan agar bisnis kamu ini tidak mengganggu pekerjaan utama kamu ya.

Baca juga: Begitu Mudahnya Cara Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan

15 Jenis Usaha Kecil yang Bisa Kamu Mulai dari Rumah 

Ilustrasi donat
Bisnis kue donat jadi pilihan. Photo by @__elisa__

Sebenarnya, tidak sedikit pilihan contoh usaha kecil yang bisa kamu coba sekarang. Namun, 15 contoh usaha kecil berikut ini sangat menjanjikan. Berikut ini ke 15 usaha kecil tersebut lengkap dengan bagaimana tips sukses menjalankannya:

  1. Jasa Content Writer

Kamu suka menulis? Sekarang ini, kamu bisa mendapatkan uang dari tulisan lho. Kamu tidak perlu berkompetisi dengan penulis lain di media besar. Kamu bisa membuat jasa content writer untuk kebutuhan SEO atau Search Engine Optimization. 

Ada banyak sekali perusahaan yang ingin websitenya muncul di halaman pertama mesin pencarian Google. Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, mereka membutuhkan tulisan yang sesuai dengan standar SEO. Makanya, mereka membutuhkan jasa content writer.

Kamu bisa menawarkan jasa penulisan artikel atau content writer ini melalui marketplace freelancer yang ada. Buat akun di marketplace seperti itu dan pasang tarif yang tidak begitu mahal di awal agar semakin banyak orang yang tertarik menggunakan jasa kamu.

  1. Jasa Video Maker 

Tidak hanya artikel saja yang digunakan untuk marketing saat ini. Ada juga yang melakukan online marketing dengan menggunakan video. Itulah mengapa jasa pembuatan video sekarang ini semakin banyak dicari.

Apalagi sekarang sudah ada video TikTok, Reels-nya Instagram, dan juga Shorts di Youtube. Para marketer menggunakan video untuk membangun branding dan juga untuk marketing.

Untuk itu, jika kamu suka membuat video atau setidaknya editing video, kamu bisa menawarkan jasa pembuatan video pendek untuk Reels, TikTok, atau Shorts. Ada banyak agency yang bakal menggunakan jasa kamu.

  1. Jasa Desain Grafis untuk Media Sosial

Selain video, media sosial juga butuh konten grafis. Apalagi mereka yang menggunakan Instagram. Jelas sekali konten grafis sangat diperlukan.

Kamu bisa belajar menggunakan aplikasi Canva atau sejenisnya untuk membuat konten grafis yang menarik untuk diposting di media sosial. Aplikasi seperti itu mudah sekali digunakan.

  1. Bisnis Camilan Sehat

Di masa pandemi seperti saat ini, masyarakat tidak mau asal-asalan dalam mengkonsumsi makanan. Mereka lebih mengutamakan makanan yang sehat. Itulah mengapa salah satu contoh usaha kecil yang layak untuk kamu coba adalah membuat camilan sehat.

Apalagi jika kamu memang punya bakat di bidang kuliner camilan sehat. Jangan khawatir bersaing dengan camilan yang brandnya terkenal dan sudah ada di minimarket. Pangsa pasar kamu adalah mereka yang mencari camilan yang sehat. Yakinkan mereka bahwa camilan yang kamu buat itu tidak menggunakan pengawet. Dan tentu saja camilan harus enak ya.

Pasarkan dengan menggunakan media sosial. Jika perlu, tawarkan sistem pre order. Ini akan semakin meyakinkan konsumen bahwa camilan kamu laku keras dan istimewa.

  1. Jualan Minuman Sehat

Selain camilan sehat, kamu juga bisa membuat minuman sehat. Asal kamu tahu saja. Di masa pandemi, banyak orang yang menggandrung minuman tradisional yang sehat seperti jamu.

Kamu bisa membuat jamu? Buat saja lalu jual dengan menggunakan botol yang menarik. Tawarkan melalui media sosial. Pastikan kamu membuat jamu untuk hari ini dan kamu langsung pasarkan pada hari itu juga. Ini akan membuat konsumen semakin yakin bahwa jamu yang kamu buat benar-benar alami dan tanpa bahan pengawet. Tawarkan juga dengan sistem pre order.

  1. Jual Sayur Organik 

Selama pandemi, banyak orang yang tidak begitu berani untuk keluar rumah, bahkan hanya pergi ke pasar membeli sayuran. Mereka lebih memilih beli sayuran secara online.

Ini kesempatan besar. Apalagi jika kamu bisa menawarkan sayuran organik. Banyak lho yang lebih tertarik dengan sayuran organik lantaran ini jauh lebih sehat.

Lalu, bagaimana cara kamu mendapatkan sayuran organik? Kamu bisa menanam sendiri jika kamu memiliki lahan kosong di rumah. Tentu saja kamu harus belajar dulu bagaimana cara menanam sayuran organik.

Mau tahu cara yang lainnya? Kamu bisa bekerja sama dengan petani. Akan lebih baik jika petani tersebut sudah biasa menanam sayuran organik. Ajaklah mereka bekerja sama. Mereka yang menanam dan kamu yang memasarkan.

Agar jualan sayuran organik kamu terlihat lebih menarik, lakukan packaging yang bagus. Packaging yang bagus tidak hanya membuat konsumen semakin tertarik tapi juga semakin menambah value. 

  1. Dropshiper atau Reseller

Sebenarnya, ini bukan contoh usaha kecil yang baru saja muncul. Sudah banyak yang ikut program dropshiper atau reseller jauh sebelum pandemi menyerang.

Pada intinya, dropshiper atau reseller itu menjualkan produk orang lain. Kamu sebagai penjual menaikkan harga untuk mendapatkan keuntungan.

Meskipun bukan termasuk jenis usaha kecil yang baru, ini tetap menjadi jenis bisnis kecil yang masih menguntungkan. Namun, ada tantangannya. Karena pasti sudah banyak orang yang menggeluti bisnis, kamu harus jauh lebih kreatif dalam menawarkan produk yang kamu jual. Misalnya saja kamu memberikan paket bundling dengan harga spesial. Manfaatkan juga iklan di media sosial seperti menggunakan Fb Ads atau Instagram untuk menjangkau lebih banyak konsumen potensial.

  1. Jual Frozen Food

Meskipun sudah banyak resto yang buka dan menawarkan layanan delivery order, tetap saja banyak orang yang lebih memilih untuk memasak makanan di rumah. Apalagi sekarang sudah ada frozen food. Ini membuat ibu-ibu yang tidak biasa masak akhirnya bisa masak sendiri di rumah. Memasak frozen food jelas jauh lebih irit daripada harus order makanan dari luar terus menerus.

Ini kesempatan yang tidak boleh kamu lewatkan. Kamu bisa membeli alat untuk menyimpan frozen food di rumah. Cari supplier frozen food yang paling lengkap, tidak hanya seperti nugget tapi juga daging, seafood, dan lain sebagainya. Semakin lengkap jenis frozen food yang kamu jual, maka semakin banyak orang yang percaya dan tertarik untuk membeli dari tempat kamu.

  1. Jualan Pakaian Preloved

Tahu apa itu pakaian preloved? Ini merupakan pakaian bekas. Namun, biasanya ini pakaian branded yang harga barunya sangat mahal. Semakin banyak orang yang membeli pakaian preloved ini karena beberapa alasan. Bisa saja karena itu pakaian branded yang masih bagus. Atau ada nilai sejarahnya seperti pakaian tersebut pernah dipakai oleh orang terkenal.

Biasanya, orang-orang dari kota besar yang menjual pakaian preloved mereka. Kamu bisa sasar pembeli dari kota-kota kecil yang selama ini banyak mencari barang seperti ini. Buat website, toko sosial media, dan juga toko di marketplace yang kamu memang khusus gunakan untuk menjual pakaian preloved. Ini akan membuat orang lebih mudah mendapatkan toko online kamu.

  1. Bisnis Katering

Punya bakat di bidang kuliner? Kenapa kamu tidak membuka jasa katering saja? Buat kerja sama dengan perkantoran yang ada di sekitar. Kamu harus tahu beberapa kantor melarang karyawan mereka keluar masuk kantor hanya untuk sekedar mencari makan siang. Ini disebabkan pandemi yang membuat karyawan diharapkan tidak sering berinteraksi dengan orang luar.

Nah, di sini ada celah yang bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa menawarkan katering ke karyawan di kantor seperti itu. Biasanya, para karyawan bersama-sama memesan makanan katering yang dikirimkan setiap jam makan siang. Akan lebih baik lagi jika kamu langsung bekerja sama dengan pengelola kantor.

  1. Jasa Pembuatan Hantaran dan Souvenir Nikah

Sekarang ini, banyak orang yang tidak mau repot membuat hantaran untuk keluarga calon istri. Apalagi ini bukan sekadar hantaran biasa. Hantaran harus unik dan kreatif.

Itulah mengapa banyak penyedia jasa hantaran nikah dan souvenir nikah. Selain calon mempelai tidak perlu repot lagi, ini jauh lebih irit lho. Pasalnya, biasanya hantaran akan dibuat sesuai dengan budget yang mempelai miliki.

Jika kamu ingin menjalankan bisnis ini, pastikan kamu orang yang kreatif dalam membuat hantaran ya. Jika perlu, kamu bisa hire orang yang memiliki kapabilitas untuk membuat hantaran yang menarik.

  1. Jualan Kue

Ini juga menjadi contoh usaha kecil menarik untuk kamu yang suka kuliner, terutama di bidang baking, yaitu jualan kue. Kamu bisa berjualan kue custom untuk acara ulang tahun, pernikahan, dan acara-acara lainnya.

  1. Affiliate Marketing

Berjualan tidak harus memiliki barang. Kamu bisa menjadi affiliate marketing. Pada intinya, kamu hanya perlu membuat konten, entah itu tulisan atau video yang bisa meyakinkan orang lain untuk membeli barang tertentu. Kamu bisa membuat blog atau channel youtube tentang tips atau review produk. Di sana, kamu bisa menyematkan link affiliate produk yang sedang kamu review. Jika ada yang membeli dari link tersebut, kamu mendapatkan komisi. Ini yang dimaksud dengan sistem affiliate marketing.

  1. Jasa Laundry 

Selama pandemi, para dokter menyarankan agar setiap orang lebih sering mengganti pakaian, terutama setelah keluar dari rumah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan pakaian dan mandi. Ini membuat pakaian kotor menumpuk.

Jasa laundry kebanjiran pekerjaan. Tidak semua orang mencuci pakaiannya sendiri. Mereka tidak punya waktu. Apalagi jika mereka harus menyetrika setelah pakaian selesai dicuci dan kering. Ini sangat merepotkan. Ini yang membuat jasa laundry kini bertebaran di mana-mana.

Kamu juga bisa membuka jasa laundry. Agar lebih cepat mendapatkan customer, buatlah sistem antar jemput. Jadi, ada pekerja kamu yang khusus mengambil dan mengantar laundryan ke konsumen.

  1. Jasa Translator

Meskipun sudah ada aplikasi untuk menerjemahkan dokumen, tetap saja banyak yang cari jasa translator lho. Banyak faktor penyebabnya. Misalnya saja hasil translate dari aplikasi tidak sempurna. Kalimat menjadi aneh ketika dibaca.

Jika kamu menguasai bahasa asing, seperti Bahasa Inggris, kamu bisa menawarkan jasa translation. Targetnya bisa mahasiswa yang biasanya diwajibkan untuk menerjemahkan skripsi atau tugas akhir mereka. Atau mahasiswa yang menggunakan referensi dari buku Bahasa Inggris yang harus diterjemahkan terlebih dahulu ke dalam Bahasa Indonesia.

Dari 15 usaha kecil tersebut, mana yang cocok untuk kamu jalankan?

Artikel Lainnya