11 Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Bengkak

lampu hias dan tangan
11 Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Bengkak. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Listrik merupakan salah satu kebutuhan yang penting di kehidupan sehari-hari. Dengan listrik, kamu bisa belajar, bekerja, hingga menikmati hiburan. Bahkan dapat dikatakan, semua aktivitas manusia sehari-harinya sangat bergantung dengan listrik.

Namun perlu diingat TemanKlik, listrik yang biasa digunakan itu sebagian besar berasal dari yang tidak dapat diperbaharui. Maka dari itu, kamu wajib mengetahui bagaimana cara menghemat listrik.

Selain agar tidak boros, dengan menghemat listrik tagihan yang diterima tidak akan membengkak.

Baca juga: Cara Menghitung Pengeluaran Bulanan agar Keuangan Keluarga Stabil

Cara Menghemat Listrik

Colokan
Cara menghemat listrik. Photo by Pexels

Tanpa disadari, banyak perangkat elektronik sehari-hari yang terus menyerap daya listrik meskipun saat sedang tidak digunakan. Dapat dibayangkan jika listrik terus terpakai tanpa disadari, bahan penyedia yang tidak dapat diperbaharui itu makin lama makin langka. Belum lagi dengan tagihan yang akan terus membengkak jika tidak menghemat penggunaan listrik.

Yuk simak bagaimana cara menghemat listrik di bawah ini agar tagihan yang kamu terima tidak membengkak.

  • Mencabut perangkat elektronik yang tidak terpakai

Tanpa disadari, laptop dan smartphone saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan yang selalu digunakan sehari-hari. Terlebih masih dalam masa kerja di rumah atau kuliah/sekolah di rumah. Dengan begitu, tentu kamu tidak akan lepas dari charger dan colokan.

Nah, jika charger sudah tidak digunakan harap untuk dicabut ya dari stop kontak. Sebab, hal itu bisa membuat listrik terbuang sia-sia. Hal itu juga berlaku untuk kabel perangkat lain seperti televisi. Dan sebenarnya, dengan memutus aliran listrik pada perangkat elektronik bisa membuat perangkat tersebut lebih awet.

  • Gunakan lampu hemat energi

Saat ini ada banyak jenis lampu yang beredar untuk digunakan sehari-hari. Nah untuk menghemat listrik, gunakanlah lampu hemat listrik atau biasa dikenal juga sebagai lampu LED.

Meskipun dayanya lebih kecil, namun penerangannya tetap optimal. Dengan begitu, malam-malammu tidak akan kegelapan dan tagihan tidak membengkak.

  • Saat tidur matikan lampu

Dengan mematikan lampu saat tidur, kamu dapat mengurangi biaya atau tagihan listrik bulananmu. Bahkan, mematikan lampu saat tidur itu sangat baik untuk kesehatan. Sebab, saat kita tidur tidak perlu penerangan lebih.

Maka dariu itu, sebaiknya lampu dimatikan. Namun jika memang kamu butuh penerangan maka bisa diganti dengan lampu tidur yang hemat energi.

  • Matikan perangkat elektronik saat tidak digunakan

Mematikan perangkat elektronik yang sudah tidak digunakan menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk emnghemat penggunaan listrik. Misalnya untuk perangkat elektronik yang dibutuhkan di rumah tangga seperti kipas angin, AC, lampu dan perangkat lainnya. Jika sudah tidak digunakan harap untuk segera dimatikan saja.

Sebab, kamu bisa lebih menghemat penggunaan listrik. Bahkan, bisa juga memperpanjang umur perangkat elektronik tersebut.

  • Menghemat air

Membatasi penggunaan air dapat mengurangi penggunaan listrik. Hal itu karena saat ini sudah banyak yang menggunakan pompa air dengan tenaga listrik. Dengan begitu, saat kamu menghemat air maka dapat menghemat listrik juga.

  • Atur pencahayaan ruangan

Saat membuat rumah, usahakan untuk mengatur pencahayaan di setiap ruangan dengan baik. Hal itu penting dilakukan agar mengurangi penggunaan pendingin ruangan serta lampu.

  • Gunakan timer AC

Menggunakan pendingin ruangan seperti AC saat ini sudah menjadi hal yang lumrah. Namun ternyata, dengan menggunakan AC dapat membuat listrik lebih boros. Maka dari itu, sebaiknya pasang timer saat menggunakan AC. Dengan begitu, kamu jadi tidak lupa mematikan AC saat sudah tidak diperlukan.

  • Kurangi penggunaan mesin cuci

Mesin cuci merupakan salah satu perangkat elektronik yang dapat memudahkan pekerjaan rumah tangga. Namun ternyata, jika terlalu sering menggunakan mesin cuci maka penggunaan listrik juga semakin banyak. Oleh sebab itu, gunakanlah mesin cuci saat memang benar-benar dibutuhkan saja. Buat jadwal yang teratur untuk mencuci agar pengunaan mesin cuci tidak terlalu sering.

  • Gunakan kulkas dengan suhu rendah

Kulkas biasanya digunakan untuk menyimpan bahan makanan atau makanan yang sudah jadi. Oleh karena itu menjadi salah satu perangkat yang pasti digunakan sehari-hari, pilihlah kulkas dengan suhu rendah. Semakin rendah atau kecil suhu kulkas, maka semakin kecil pula listrik yang diperlukan.

  • Rutin bersihkan freezer

Selain memilih kulkas dengan suhu rendah, usahakan juga untuk rutin membersihkan freezer. Hal itu penting dilakukan karena jika terlalu banyak batu es di freezer maka dapat membuat kulkas bekerja lebih keras. Dari situ tentu akan memakan listrik yang lebih banyak.

Selain itu, biang es ini dapat merusak kulkas. Maka dari itu, lebih baik lakukan pembersihan biang es di freezer secara berkala.

  • Gunakan listrik prabayar

Dengan menggunakan listrik prabayar, penggunaan listrik di rumah dapat lebih terkontrol. Karena, kamu bisa menentukan batas maksimal penggunaan listrik bulanan. Hal itu tentu cukup efektif untuk menekan tagihan listrik di rumah.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan listrik rumah tangga. Selain melakukan beberapa hal di atas, kamu juga bisa menggunakan energi terbarukan seperti menggunakan panel surya.

Meski pengunaannya butuh biaya lebih saat pemasangan, namun dampaknya akan sangat besar ke depannya. Selain dapat menekan tagihan dan menghemat listrik, penggunaan panel surya juga bisa mengurangi emisi gas. Bisa disebut juga memanfaatkan energi terbarukan menjadi investasi berharga untuk menjaga sumber daya energi di bumi.

Artikel Lainnya