Ketahui Beberapa Cara Mengecek Harga Emas Tanpa Harus Datang Ke Toko

Emas batangan
Ketahui Beberapa Cara Mengecek Harga Emas Tanpa Harus Datang Ke Toko. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Berbicara mengenai cara mengecek harga emas untuk saat ini bisa dibilang sangatlah mudah.  Kalau dulu kamu harus bersusah payah datang ke toko emas dengan perkembangan teknologi, masyarakat bisa dengan mudah melakukan pengecekan harga emas tanpa harus datang ke tokonya langsung. 

Tentu kemudahan yang diberikan ini sangat menguntungkan bagi masyarakat. Pasalnya, mereka tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk transportasi. Hal ini karena emas adalah sebuah aset yang mudah digunakan untuk berinvestasi. Emas merupakan sebuah aset investasi yang mudah dan bisa untuk lebih cepat dibanding aset lainnya. Risiko yang ditawarkan juga cukup kecil. 

Harga emas sendiri terus naik dari waktu ke waktu, sehingga tidak ada ruginya melakukan investasi emas. Meskipun begitu kamu harus tahu bagaimana perkembangan harga emas setiap harinya. Untuk itu cobalah beberapa cara cek harga emas dengan mudah. 

Cara Cek Harga Emas Tanpa Ke Toko Emas

  1. Pengecekan Harga Emas Melalui Website Terpercaya

Kemudahan internet membuat segala aktivitas baik jual-beli, layanan, jasa, dan usaha-usaha lainnya bisa dilakukan secara online. Begitu juga dengan mencari tahu harga emas. Jangan langsung buru-buru datang ke toko emas dan bertanya kepada penjualnya. 

Mendapatkan informasi mengenai harga emas saat ini bisa langsung mengunjungi website-website trading terpercaya. Namun dalam memilih laman website harus dipastikan bahwa website tersebut memilih sertifikat resmi. Website seperti ini akan memberikan informasi terpercaya dan juga asli. Kamu juga bisa mengupdate harga terbaru dari harga emas. 

Tidak hanya informasi mengenai harga emas saja yang bisa didapatkan dalam website tersebut.  Website tersebut akan memberikan layanan jual-beli emas dan juga bahkan cicilan emas. 

Cara mengakses website harga emas sangatlah muda, kamu tinggal cari website yang sangat direkomendasikan dan ketik pada kolom pencarian. Bila laman sudah terbuka tinggal melihat fitur yang menampilkan harga emas. 

  1. Cara Mengecek Harga Emas Melalui Aplikasi Hp

Selain website, salah satu cara untuk cek harga emas adalah menggunakan aplikasi pada smartphone kamu. Smartphone membantu dalam mempercepat pekerjaan. Hal ini karena kamu tidak perlu keluar rumah untuk mencari informasi terbaru. Dengan menggunakan HP dan tersambung ke internet sudah bisa menemukan berbagai informasi sesuai keinginan. 

Hp bisa dipasangi berbagai aplikasi untuk membantu kegiatan online. Termasuk aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek harga emas. Aplikasi-aplikasi ini dibuat oleh lembaga yang menangani tentang emas guna mempermudah masyarakat dalam mengakses fitur mereka. Bahkan, ada beberapa aplikasi yang dibuat langsung oleh badan pemerintah.

Pembuatan aplikasi ini biasanya bisa diunduh secara gratis. Aplikasi tersebut akan menyuguhkan informasi terbaru mengenai harga emas. Keunggulan lain dari aplikasi tersebut adalah kamu bisa mendapatkan hadiah dan bonus yang disediakan oleh perusahaan. Untuk mendapat hadiah dan bonus tersebut bisa dipelajari aturannya melalui aplikasi tersebut. 

Cara Mengetahui Harga Emas Naik Atau Turun

Harga emas memang tidak stabil, terkadang ada masa naik dan turunnya. Namun pada dasarnya harga emas bisa stabil dalam kurun waktu yang cukup lama. Kalau kamu masih awam di dunia investasi emas pasti akan bingung memahami naik turunnya harga emas. Sebenar ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga emas.

Supaya kamu lebih paham kenapa harga emas naik turun, berikut cara mengecek harga emas melalui faktor penyebabnya. 

  1. Keadaan ekonomi secara global

Bila terjadi ketidakpastian dalam  ekonomi global akibat bencana perang ataupun pandemi seperti yang dirasakan saat ini membuat kekuatan ekonomi secara global mulai melemah. Kondisi ini pastinya akan mempengaruhi harga dari emas. 

Situasi tersebut membuat banyak orang ramai-ramai mengambil investasi yang lebih aman yaitu emas. Banyak sektor yang berubah haluan ke investasi emas sehingga membuat permintaan emas semakin meningkat dibanding ketersediaan barangnya. Hal tersebut membuat harga emas semakin naik. 

  1. Jumlah permintaan dan ketersediaan terhadap emas

Emas sendiri merupakan sebuah sumber daya alam yang  tidak mungkin bisa diperbaharui.  Jumlahnya saja sangat terbatas. Untuk itu semakin lama harga emas semakin meningkat. Tidak hanya itu kualitas produksi yang dilakukan oleh penambang juga bisa mempengaruhi naik turunnya harga emas. 

  1. Perubahan suku bunga 

Perubahan suku bunga ini dilakukan secara moneter oleh bank sentral AS. Apabila ada kebijakan mengenai naik atau turunnya suku  bunga maka harga emas akan terpengaruh. Misalnya saja suku bunga naik, maka dolar sudah tidak menarik untuk dilakukan investasi mereka memilih berinvestasi menggunakan emas dan membuatnya menjadi naik. 

  1. Adanya inflasi

Saat situasi inflasi segala barang dan kebutuhan menjadi naik nilainya. Otomatis hal ini membuat harga emas juga meningkat. Pada situasi ini, emas akan menjadi barang yang cukup berharga dibandingkan dengan uang. Nilai uang selama inflasi akan menurun karena tergerus. 

  1. Terjadinya perubahan kurs

Perubahan kurs juga menjadi salah satu faktor harga emas naik dan turun. Untuk nilai kurs saat ini adalah dollar As. Bila nilai dolar As tinggi terhadap rupiah.  Harga emas juga semakin tinggi.

Berapa Harga Emas Indogold? 

Indogold sendiri adalah sebuah platform yang melayani jual beli emas di Indonesia. Indogold merupakan salah satu platform yang memberikan informasi mengenai harga emas. Dalam platform ini kamu bisa melakukan pembelian emas dalam jumlah yang kecil sekalipun. 

Cara mengecek harga emas di Indogold sendiri cukup mudah. Bisa melalui websitenya atau aplikasinya. Pada bagian layar utama kami sudah bisa melihat perkiraan harga jual dan harga beli emas per harinya.  Untuk harga emas per tanggal  12 April 2022 sekitar 930,299/gramnya, itu adalah harga beli emasnya. Untuk harga jual emas senilai 893.500/gram. Nilai ini bisa berubah kapan saja. Kamu harus rajin melakukan pengecekan harga supaya mendapatkan investasi emas yang menguntungkan. 

Cara Menghitung Harga Emas Dengan Kalkulator

Harga emas bisa dihitung secara manual dan disesuaikan dengan harga rupiah di Indonesia. Pasalnya emas sangat dipengaruhi oleh harga dari negara London yang menggunakan ukuran troy. Untuk itu untuk menghitung harga emas harus diubah ke dalam ukuran gram. 

Istilah yang lazim digunakan oleh penjual emas di Indonesia adalah kitco. Secara umum harga jual emas di Indonesia bisa dikurang sekitar 3 persen. 

Cara mengecek harga emas menggunakan kalkulator bisa menggunakan perhitungan berikut ini. 

Pada dasarnya pembuatan emas tidak 100% mengandung emas murni. Kalkulasi pembuatan emas sekitar 75% sama 25%. Dari perhitungan ini kombinasi emas ada yang 24 karat, 23,dan 18 karat. Untuk menemukan harga jualnya bisa digunakan perhitungan, harga emas 600 ribu dikali dengan 75% hasilnya 375  ribu rupiah per gramnya. 

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengecek harga emas yang bisa kamu gunakan sebagai referensi. Emas semakin banyak dipilih untuk investasi. Untuk itu sebelum kamu masuk untuk berinvestasi harus tahu bagaimana cara perubahan harga yang terjadi pada emas seperti penjelasan di atas. 

Artikel Lainnya