Sebesar Inikah Peluang Usaha Cake & Bakery?

bisnis cake & bakery
Sebesar Inikah Peluang Usaha Cake & Bakery? Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Tidak banyak orang yang tahu jika ternyata peluang usaha cake & bakery itu sangat besar. Jika saat ini sedang mencari usaha sampingan, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuka bisnis cake & bakery.

Apa yang membuat peluang usaha yang satu ini menjanjikan? Tentu saja pangsa pasar. Sekarang ini, pangsa pasar cake & bakery semakin luas. Coba siapa yang memesan kue? Sekarang ini, bukan hanya orang yang sedang ulang tahun saja yang memesan cake. Berbagai acara biasanya dimeriahkan dengan hidangan kue, mulai dari tunangan, pernikahan, ulang tahun perusahaan, dan lain sebagainya.

Bahkan, masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan juga sudah mulai suka dengan kue. Untuk beberapa acara seperti selametan atau tasyakuran, mereka tidak lagi membagikan nasi dan lauk pauk ke tetangga. Mereka tidak ingin repot sehingga mereka lebih memilih membagikan kue yang mereka dengan mudah pesan di toko cake & bakery.

Jadi, calon konsumen penikmat kue itu semakin luas. Sudah jelas kan mengapa peluang bisnis cake ini sangat luas? 

Apa Saja Modal untuk Membuka Usaha Bakery 

Kebanyakan orang akan bertanya mengenai modal ketika mereka ingin memulai sebuah bisnis. Apakah modal yang harus disiapkan untuk membuka bisnis cake & bakery ini besar? 

Satu hal yang harus dipahami. Modal tidak hanya berupa uang. Dan yang pasti, modal berupa uang untuk membuka usaha cake & bakery ini tidaklah besar. Berikut ini modal yang kamu perlukan untuk membuka usaha bakery:

  1. Kemauan untuk Kuat 

Sebenarnya, apapun bisnis yang kamu jalani, kemauan yang kuat ini merupakan modal yang paling penting. Percuma saja kamu sudah memiliki modal uang yang melimpah. Tanpa ada kemauan, maka usaha apa pun tidak akan berhasil kamu jalani.

Kemauan ini bukan hanya kemauan untuk memulai bisnis. Kemauan untuk belajar jauh lebih penting. Dalam bisnis, tidak ada hal yang sifatnya statis. Semuanya dinamis. Untuk itu, pengusaha mana pun akan selalu belajar. Apalagi kamu yang mungkin pengusaha pemula. Kamu harus konsisten untuk terus belajar, entah itu belajar dalam membuat kue atau pun belajar hal lain seperti marketing, branding, dan lain sebagainya.

  1. Modal Uang 

Sepertinya bisnis apa pun tidak mungkin bisa dijalani tanpa modal berupa uang. Begitu juga bisnis cake & bakery. Lalu, berapa uang yang harus kamu siapkan sebagai modal?

Jawaban atas pertanyaan tersebut sebenarnya tergantung dengan skala bisnis yang kamu ingin jalani. Jika kamu ingin memulai usaha cake & bakery dari skala yang kecil, cukup siapkan modal untuk membeli alat-alat pembuat kue. Cukup dengan sekitar 2-5 juta, kamu sudah siap untuk membuka usaha cake.

  1. Jaringan yang Luas 

Ini sebenarnya modal yang sangat menentukan apakah kamu bisa menjalankan bisnis cake & bakery dengan baik atau tidak. Sekalipun kue buatanmu enak, kamu tidak akan bisa melakukan penjualan jika tidak memiliki jaringan. Dan semakin luar jaringan, semakin besar kesempatanmu untuk mendapatkan profit.

Dalam hal ini, luaskan jaringan dengan memanfaatkan media online. Lakukan proses promosi bisnis cake online. Meskipun demikian, tetap saja kamu perlu memperluas jaringan secara konvensional atau offline.

 Nah, sudah siap untuk memulai usaha bakery?

Baca juga: Begini Alur Membuat Video Iklan Produk Biar Bagus dan Menarik

Tips Memulai Usaha Bakery untuk Bisnis Pemula 

Mungkin kamu masih pemula dalam hal bisnis. Atau barangkali usaha cake & bakery ini akan menjadi usaha pertama yang dibangun. Kamu tidak perlu berkecil hati. Bukan berarti kamu baru di dunia bisnis membuatmu tidak memiliki peluang untuk sukses.

Berikut ini tips membuka usaha bakery untuk pemula yang perlu kamu perhatikan:

  1. Tunjukkan Keahlianmu 

Apakah kamu mau menyerahkan kendaraanmu yang rusak kepada orang yang tidak tahu mengenai mesin? Tentu saja tidak, bukan? Sama halnya dengan orang lain yang tidak akan mungkin mau membeli kue ketika kamu bukan ahli dalam pembuatan kue.

Untuk itu, belajarlah membuat kue. Kemudian, tunjukkan keahlianmu dalam membuat kue. Video kan proses pembuatan kue lalu upload di Channel Youtube. Buat orang-orang tahu dan percaya bahwa kamu ahli dalam hal pembuatan kue.

Mungkin saat kamu mulai mengupload satu atau dua video, tidak ada penonton sama sekali. Jangan berkecil hati. Upload saja hingga mencapai 10 atau 20 video. Kemudian, kamu bisa mulai bagikan link video tersebut ke jaringan pertemananmu di media sosial. Mintalah komentar dan masukan dari teman-teman kamu di media sosial.

  1. Bagikan kepada Orang Terdekat

Bisa saja kamu kurang begitu percaya diri dengan kue yang dibuat sendiri. Itu hal yang wajar. Apalagi kamu baru mulai belajar membuat kue. Namun, perasaan insecure seperti ini tidak boleh kamu biarkan begitu saja.

Setelah kamu merasa yakin bahwa kue buatan sendiri enak, cobalah untuk meminta masukan dari orang-orang terdekat. Bagikan kue yang kamu buat kepada saudara, tetangga, atau teman. Dengarkan apa yang mereka katakan mengenai kue buatanmu.

Jangan tersinggung ketika kamu mendapatkan komentar yang kurang enak didengar. Komentar seperti itu menjadi masukan untuk perbaikan agar kamu bisa membuat kue yang jauh lebih enak lagi nantinya.

Sementara itu, ketika ada yang suka dengan kue yang kamu bagikan, ada kemungkinan mereka akan order untuk acara tertentu. Atau bisa saja mereka mau merekomendasikan kepada orang-orang lain.

Dalam tahap ini, kamu tidak boleh berkeinginan langsung mendapatkan profit atau keuntungan. Untuk tahap awal, kamu sebaiknya membagikan kue secara gratis. Anggap saja kamu sedang membagikan tester. 

  1. Tawarkan Diri di Momen-Momen Tertentu

Setelah orang tahu melalui channel Youtube atau mereka sudah merasakan sendiri kue buatanmu, mulailah untuk menawarkan diri. Mungkin saat teman atau saudara sedang ada acara, kamu bisa menawarkan diri untuk membuatkan kue. Misalnya saja ada teman yang ingin merayakan ulang tahun, kamu yang membuatkan kue ulang tahun. Atau ada yang ingin merayakan pernikahan. Kamu menawarkan diri untuk membuatkan kue yang disajikan untuk tamu.

Mungkin kamu belum mendapatkan profit. Kamu hanya perlu meminta modal untuk membuat kue. Namun, bayangkan ketika banyak orang yang datang di momen seperti itu dan orang suka dengan kue buatanmu, bukankah ini menjadi ajang promosi yang efektif?

  1. Pelan-Pelan Lakukan Promosi

Di saat sudah dikenal, kamu bisa mulai pelan-pelan melakukan promosi. Mulailah dengan menyebutkan nama brand atau toko cake & bakery di setiap video yang kamu upload di Youtube. Jika diperlukan, kamu siapkan website dengan domain nama usahamu. Di website tersebut, orang akan lebih mudah dalam melakukan order kue. Ini juga sekaligus sebagai cara branding atau cara menjadi bisnis cake online secara lebih profesional.

Jadi, sudah semakin yakin untuk membuka bisnis cake & bakery? Yang pasti, peluang usaha cake & bakery sangat terbuka lebar. Keputusan ada di tanganmu. Apakah kamu mau mengambil peluang ini atau tidak.

Mungkin Anda juga menyukai