9 Cara Beli Rumah dengan Gaji 2 Juta per Bulan

Ilustrasi orang membeli rumah
9 Cara Beli Rumah dengan Gaji 2 Juta per Bulan. Photo by KlikCair
Waktu baca: 3 menit

Memiliki rumah sendiri pasti pernah terlintas dipikiran setiap orang. Berandai-andai memiliki rumah seperti apa, kawasannya di mana, luasnya berapa dan harapan-harapan lainnya. Namun, bagaimana saat kamu memiliki gaji yang tidak besar? Memiliki gaji yang relatif kecil terasa mustahil untuk mewujudkannya.

Memiliki gaji 2 juta dalam satu bulan saja untuk kebutuhan sehari-hari terkadang susah untuk mengaturnya. Apalagi untuk membeli rumah. Bagi kamu yang memiliki pendapatan di bawah UMR, jangan takut untuk memulai memikirkan membeli rumah sendiri. Masih ada harapan untuk dapat mewujudkannya.

Baca Juga: KPR atau Ngontrak? Ini Saran untuk Para Milenial

Cara Membeli Rumah dengan Gaji 2 Juta

Seorang sedang melakukan perundingan pembelian rumah.
Cara beli rumah dengan gaji 2 juta. Photo by Pixabay

Rasanya memang mustahil denganh gaji 2 juta bisa membeli rumah. Namun, kamu bisa mencoba beberapa hal di bawah ini agar bisa membeli rumah. Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Membuat Target

Di usia berapakah kamu ingin memiliki rumah sendiri? Apakah kamu sudah menetapkan kapan waktu yang tepat untuk memiliki rumah sendiri? Tentunya untuk dapat memiliki rumah sendiri kamu harus memiliki target yang jelas. Memiliki target membuat kamu memiliki acuan yang jelas untuk dapat memiliki rumah sesuai tempo waktu yang sudah ditentukan.

  • Sisihkan Gaji Setiap Bulannya Untuk Ditabung

Saat kamu sudah memiliki target untuk membeli rumah, kini saatnya mulai bergerak! Usahakanlah untuk menyisihkan 20% hingga 30% dari gaji mu untuk ditabung. Buatlah rekening tersendiri untuk tabungan rumah impianmu. Langkah ini dilakukan agar uang tabungan untuk membeli rumah tidak tercampur dengan tabungan lainnya.

  • Mengatur Pola Hidup Agar Tidak Boros

Pola hidup yang boros bisa menjadi hambatan untuk kamu bisa menabung lho! Disaat kamu sudah memiliki tekad untuk membeli rumah sendiri, kamu harus mulai memperhatikan gaya hidupmu. Jika pada awalnya kamu terbiasa membeli barang-barang yang diluar kebutuhanmu, kini waktu yang tepat untuk lebih tegas kepada dirimu sendiri. Dengan mengurangi kebiasaan selalu jajan makanan di luar ataupun tidak belanja online secara implusif bisa memberikan perubahan yang cukup signifikan.

  • Tidak Menggunakan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit akan menambah bebanmu. Disaat kamu memiliki kartu kredit sama saja dengan memiliki hutang yang harus dibayar. Apalagi saat kredit mu “macet”. Pastinya akan menambah beban keuangan. Jika kamu terlilit hutang kredit akan lebih sulit untuk dapat mengikuti program KPR. Saat mengajukan KPR, bank akan me-review kondisi keuanganmu terlebih dahulu. Bank akan menolak pengajuan KPR jika kamu terlilit hutang kredit.

  • Membeli Rumah Sesuai Kemampuan

Memiliki gaji yang kecil bukan berarti kamu tidak bisa memiliki rumah sendiri! Tapi ingat, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu. Lokasi rumah, luas tanah dan desain rumah harus sesuai dengan budget yang kamu punya. Ada baiknya kamu melakukan survei untuk mencari rumah yang paling tepat sesuai dengan budget.

  • Mencari Rumah dengan DP Kecil

Uang DP yang kecil cukup meringankan kamu lho! Saat ini banyak program yang memberikan penawaran uang DP kecil. Bahkan ada yang memberikan penawaran seperti DP 0%!

  • Mengikuti Program KPR

Program KPR (Kredit Pemilikan Rumah) merupakan fasilitas yang disediakan oleh perbankan kepada nasabah untuk membeli atau merenovasi rumah. KPR memiliki dua tipe, yaitu; KPR Subsidi dan KPR Non-Subsidi.

KPR Subsidi sudah diatur oleh pemerintah. Untuk mendapatkan KPR Subisidi tidak semua orang bisa mendapatkannya. Sedangkan KPR Non-Subsidi persyaratannya diatur oleh bank. Suku bunganya juga sudah diatur oleh pihak bank yang terkait. Semua orang dapat mengikuti KPR Non-Subsidi.

Program KPR ini bisa menjadi solusi kamu untuk menyicil rumah.

  • Membeli Rumah Subsidi

Rumah Subsidi merupakan program dari pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Rumah-rumah ini relatif memiliki harga yang sangat terjangkau. Jika kamu memiliki penghasilan rendah, rumah subsidi bisa menjadi bahan pertimbanganmu.

  • Mulai Berinvestasi

Selain mengatur keuangan dengan baik, berinvestasi juga dapat membantu. Berinvestasi dapat membantu kamu memiliki tambahan pendapatan. Pillihlah investasi yang memilki resiko minim, seperti emas atau reksadana pasar uang.

Gaji hanya 2 juta bukan berarti kamu tidak bisa memiliki rumah. Banyak program pemerintah hingga non pemerintah yang menawarkan rumah dengan harga terjangkau. Konsisten dan pengelolahan keuangan yang baik adalah kunci untuk meraihnya.

Selamat mencoba!

Artikel Lainnya