Aplikasi Kartu Pra Kerja Sebagai Respons Pandemi

Aplikasi kartu pra kerja
Aplikasi kartu pra kerja bagian dari respon hadapi dampak pandemi. Photo by Indonews
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Kartu Pra kerja menjadi proyek pemerintah yang sangat menarik pada tahun ini. Pandemi yang membuat banyak sekali hal yang berbeda tahun ini memiliki dampak pada masyarakat, salah satunya adalah banyak yang terkena PHK karena perusahaan tutup yang tentu saja diakibatkan oleh Pandemi. Hal ini tentu saja sangat meresahkan karena hilangnya banyak lapangan pekerjaan. 

Salah satu hal yang bisa membantu Kamu agar terlepas dari ini adalah dengan mengikuti pelatihan yang akan membuat Kamu belajar dan mengembangkan hal baru. Pelatihan tersebut tentu saja membutuhkan biaya, Kamu tidak perlu khawatir karena dengan aplikasi kartu pra kerja, Kamu bisa mengikuti pelatihan tersebut dengan tenang tanpa memerlukan biaya. 

Berikut cara daftar kartu pra kerja dan menggunakan aplikasi kartu pra kerja untuk Kamu. 

Mendaftarkan Diri Sendiri Dengan Lengkap

Cara daftar kartu pra kerja. Photo by Pixabay

Mendaftarkan diri secara resmi dan lengkap melalui website yang sudah disediakan adalah langkah pertama yang harus Kamu lakukan. Kamu yang sedang menempuh pendidikan formal dan memiliki usia di bawah 18 tahun tidak bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan kartu pra kerja. 

Kartu pra kerja memiliki target sendiri yaitu Kamu yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang menempuh pendidikan formal. Lalu Kamu bisa membuat akun dengan mendaftarkan nama Kamu, email yang aktif, dan password yang Kamu rasa sudah aman. Sama seperti membuat akun lainnya, Kamu harus menunggu konfirmasi yang masuk ke email Kamu dan hal ini yang membuat Kamu bisa melanjutkan mendaftar akun. 

Setelah membuat akun, kini saatnya Kamu mengisi data diri yang akan membuat Kamu terdaftar. Data diri apa saja yang dibutuhkan? Data diri Kamu yang ada di KTP menjadi hal yang penting dan tidak oleh salah, ketika Kamu mengisinya secara salah sistem akan secara otomatis mengeluarkan notifikasi bahwa data yang Kamu isi salah dan Kamu diharap mengisi data dengan benar. 

Setelah Kamu selesai mengisi data diri, Kamu diwajibkan untuk meng-upload foto KTP Kamu agar informasi menjadi lebih valid dan resmi. Langkah selanjutnya adalah Kamu diharuskan untuk melakukan swafoto dengan KTP Kamu. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh platform lain dalam hal memverifikasi data yang valid ketika memasuki sistem. 

Akan ada kode yang dikirim ke handphone Kamu, dalam waktu singkat Kamu harus mengisi kode tersebut ke dalam sistem yang sudah tersedia. 

Mengerjakan Tes 

Cara daftar kartu prakerja.
Kerjakan tes. Photo by Pexels

Tentu saja harus ada beberapa tes yang dilewati agar Kamu bisa menemukan apa saja hal yang menjadi kemampuan dasar dan motivasi. Tes ini bernama Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar, Kamu diperbolehkan untuk mengambil kertas, pensil, dan alat tulis lainnya ketika mengerjakan tes tersebut. 

Pilih tes yang Kamu inginkan dan kerjakan dengan tenang. Hal ini merupakan langkah wajib ketika mendaftar di aplikasi kartu pra kerja. Kamu juga diharapkan bisa mengerjakan soal tersebut dengan baik dan jujur karena hal ini berhubungan dengan apa yang akan Kamu lakukan dan kerjakan. 

Kartu Pra Kerja

Kartu pra kerja. Photo by Sindonews

Setelah melewati semua tes dan tahapan lain, Kamu sudah bisa mendapatkan kartu pra kerja dan mengikuti pembelajaran secara gratis. Pembelajaran yang akan mengasah skill Kamu sangat diperlukan agar bisa tetap bersaing di era yang sekarang. 

Kamu akan mendapatkan intensif sehingga Kamu tidak perlu khawatir untuk bisa mendapatkan biaya ketika Kamu sedang mengikuti pelatihan. Aplikasi kartu pra kerja menjadi sangat mudah apabila Kamu serius dalam mengerjakannya.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai