7 Tips Lancar Bayar Cicilan Utang saat Resesi

Lancar bayar cicilan utang
Tips lancar bayar cicilan utang. Photo by Pixabay
Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Waktu baca: 4 menit

Indonesia saat ini berpotensi besar masuk dalam jurang resesi atau penurunan ekonomi secara signifikan. Keadaan ini dapat berdampak besar, salah satunya ialah terjadi gelombang PHK besar-besaran. Jika banyak yang kena PHK, otomatis tidak memiliki penghasilan. Keadaan ini pasti akan membuat pembayaran cicilan utang tersendat. Namun, jangan khawatir kali ini Mincair mau berbagi tips lancar bayar cicilan utang saat resesi.

Sebab, seberat apapun kondisinya, utang menjadi sebuah kewajiban yang harus dibayar atau dilunasi. Hal itu sudah menjadi konsekuensi bagi kamu yang melakukan pinjaman atau menggunakan kartu kredit. Nah biar kamu lancar bayar cicilan utang saat resesi, berikut tips-tips yang harus diikuti.

Jalankan hidup hemat

Hitung dan atur kembali keuanganmu setelah utang lunas.
Jalankan hidup hemat. Photo by Pixabay

Saat menghadapi situasi sulit seperti saat ini, mulailah belajar hidup priatin. Apalagi jika kamu menjadi korban PHK atau pemotongan gaji. Prioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan pokok yang penting seperti makan dan minum, vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, kuota internet untuk menunjang pekerjaan karena WFH, bayar tagihan listrik dan air, serta membayar cicilan utang. Lupakan dulu pikiran untuk belanja barang-barang keinginanmu terutama yang sifatnya masih bisa ditunda.

Makan seadanya

Atur pola makan
Makan seadanya. Photo by Pexels

Pengeluaran untuk makan memang terlihat sepele. Namun, jika kamu tidak hati-hati maka bisa jadi boros. Apalagi jika kamu membeli makanan melalui platform ojek online. Memang sih, lebih praktis, namun bisa lebih boros daripada makan di tempat loh. Belum lagi jika yang dipesan menunya daging, ayam, ikan, setiap hari. Yang ada malah bikin bengkak pengeluaran.

Maka dari itu, lebih baik kamu makan seadanya saja yang penting kebutuhan gizi terpenuhi. Makan dengan lauk sayur mayur, tempe, tahu, dan kacang-kacangan. Selain itu, memasak sendiri makananmu bisa membuat lebih hemat. Penghematannya bahkan bisa lumayan besar jika konsisten. Nantinya, uang sisanya bisa disisihkan untuk membayar cicilan utang.

Kurangi jajan

Kurangi waktu nongkrong.
Kurangi waktu nongkrong. Photo by @wadeaustinellis

Jika saat sebelum resesi kamu suka jajan, seperti membeli kopi susu kekinian, makan di restoran, nonton di bioskop dan lainnya, maka sekarang saatnya untuk belajar mengendalikan keinginan tersebut. Kamu bisa mencoba membuat aktivitas seru di rumah agar tidak buang-buang uang. Misalnya, kamu bisa memasak makanan dan cemilan, membaca buku, nonton TV, berkebun dan lainnya sehingga tidak buang-buang uang.

Cari pekerjaan sampingan

Lancar Bayar Cicilan Utang
Pekerjaan sampingan sebagai fotografer. Photo by Pixabay

Agar utang bisa segera dilunasi, carilah pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilanmu. Kamu bisa mencari pekerjaan sampingan yang sesuai dengan passion atau skillmu. Misalnya, kamu jogo fotografi maka kamu bisa mencari pekerjaan sampingan atau buka usaha jasa pemotretan untuk wedding, ulang tahun, dan sebagainya. Promosikan usahamu ini melalui media sosial dan jangan lupa untuk menambah portofolio agar makin dipercaya oleh client.

Baca juga: 4 Kualifikasi Pengusaha Bisnis Sampingan Agar Sukses

Gadaikan barang berharga

Harga emas Antam
Gadaikan barang berharga salah satunya emas. Photo by Antara Foto

Saat menghadapi masa-masa paceklik, alternatif agar kamu bisa menambah penghasilan untuk membayar cicilan utang ialah dengan menggadaikan barang berharga seperti emas, laptop, BPKB motor, dan lain sebagainya. Jika unag yang diterima dari gadai barang tersebut jumlahnya cukup banyak dan cukup untuk melunasi utang, maka lebih baik segera dilunasi. Dengan begitu kamu bisa merdeka dari utang.

Jual barang tak terpakai

Lancar Bayar Cicilan Utang
Jual barang tak terpakai. Photo by Pixabay

Selain menggadaikan barang berharga, kamu juga bisa mulai menjual barang-barang yang tidak terpakai. Misalnya, pakaian, peralatan elektronik, peralatan rumah tangga, dan sebagainya. Selain berubah jadi uang yang bisa dimanfaatkan untuk bayar cicilan, lemari atau ruanganmu bisa lebih terlihat longgar karena banyak barang-barang yang tidak terpakai bisa dijual.

Memanfaatkan uang JHT

Lancar Bayar Cicilan Utang
Manfaatkan JHT BPJS Ketenagakerjaan. Photo by Berita Bojonegoro

Bila terdesak dan tidak memiliki uang sama sekali, kamu bisa mencairkan saldo Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan. Buat yang masih bekerja, klaim hanya bisa 10 hingga 30 persen saja. Namun, bagi yang resign atau kena PHK maka dapat mencairkan saldo JHT sebesar 100 persen. Nantinya, dana ini bisa dimanfaatkan untuk melunasi utang atau membuka usaha.

Demikian tips lancar bayar cicilan utang yang bisa dicoba saat resesi. Usahakan jangan melakukan gali lubang tutup lubang. Biasanya, karena sudah merasa terdesak banyak orang yang mengambil langkah itu. Hindari kebiasaan itu ya agar tidak terjerat telalu dalam pada utang. Lebih baik melakukan cara-cara di atas untuk membayar atau melunasi utangmu.


Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •