7 Kuliner Bandung yang Khas dan Otentik

kuliner Bandung
Wisata kuliner di Bandung yang perlu dicoba. Photo by Pixabay
Waktu baca: 4 menit

Bandung tidak hanya dikenal dengan fashion dan wisatanya. Bandung ternyata juga dikenal sebagai kota kuliner. Ada banyak sekali pilihan kuliner Bandung yang patut kamu coba saat berkunjung. Mulai dari jajanan ringan hingga makanan berat. 

Kuliner yang ada di Bandung, sebagian besar merupakan kuliner khas yang mungkin tidak bisa ditemukan di daerah lain. Karenanya, jika kamu tengah berlibur ke Bandung jangan lupa untuk mencari kuliner khas yang ada di sini. 

Baca juga: 6 Kuliner Jakarta yang Wajib untuk Dicoba

Ragam Kuliner Bandung Yang Khas

Jika kamu tengah berlibur ke Bandung, mungkin kamu akan membutuhkan beberapa referensi kuliner khas yang bisa kamu nikmati di sana. Untuk itu, di bawah ini ada beberapa referensi menu kuliner yang mungkin bisa kamu coba selama di Bandung. Diantara menu kulinernya adalah:

Batagor Hanjuang

kuliner Bandung
Batagor hanjuang. Photo by Tribunnews

Batagor memang selama ini dikenal sebagai makanan ala Bandung. Kamu bisa menemukan banyak sekali penjual batagor di kota ini. Namun, batagor hanjuang bisa dikatakan sebagai salah satu batagor paling khas dan enak. 

Batagor paling khas ini ada di lingkungan penjual kaki lima. Meskipun begitu, rasanya yang super lezat bisa mengalahkan batagor yang dijual di restoran. Kualitas rasanya sudah dikenal sejak tahun 90 an. 

Nasi Kalong

Nasi kalong. Photo by Pergikuliner

Sesuai dengan namanya, nasi kalong ini punya warna nasi hitam seperti kelelawar. Meskipun warnanya hitam, namun rasanya tidak bisa diragukan enaknya. Penjual nasi ini biasanya mulai buka warung pukul 7 malam. 

Menu nasi kalong ini biasanya disuguhkan langsung dengan lauknya. Kamu bisa memilih lauk sesuai dengan selera. Penjualan akan menyediakan berbagai lauk khas yang bisa mengiringi nikmatnya santapan nasi kalong. 

Iga Bakar Si Jangkung

kuliner Bandung
Iga bakar si Jangkung. Photo by Kumparan

Nama wisata kuliner yang satu ini mungkin sedikit aneh. Dinamakan si jangkung adalah karena penjualnya yang berpostur tinggi atau jangkung. Kuliner yang satu ini sangat pas untuk kamu yang suka dengan jenis makanan olahan iga. 

Olahan iganya dibuat dengan sangat lezat. Bahkan dagingnya dikenal sangat lembut dan nikmat. Kuliner ini berdiri dalam sebuah tenda warung. Meskipun begitu, warung ini tidak pernah sepi pelanggan. Banyak orang rela antri panjang karena ingin merasakan nikmatnya. 

Nasi Cikur

Nasi cikur. Photo by Detik

Nasi cikur merupakan salah satu kuliner khas Bandung. Nasi ini dibuat dengan cara digoreng. Kencur muda menjadi bumbu utama dari nasi ini yang juga digoreng bersamaan dengan nasinya. Selain itu, nasi ini dihidangkan dengan serundeng, acar, daging ayam, dan telur dadar. 

Rasa nasi cikur punya kombinasi rasa renyah dan gurih. Kenikmatan rasanya, membuat siapa saja ingin mencicipi menu kuliner khas Bandung ini. Salah satu warung yang menjual menu ini adalah warung Inul Bandung, yang berada di kecamatan Cimenyan. 

Es Durian

kuliner Bandung
Es durian. Photo by makanminumid

Jika kamu adalah pecinta durian, maka menu kuliner yang satu ini bisa jadi rekomendasi. Tepatnya, kamu bisa kunjungi warung es durian Pak Aip. Di warung sederhana ini, kamu bisa mencoba berbagai menu minuman yang dibuat dari buah durian. 

Rasa original duriannya, membuat warung Pak Aip selalu ramai pengunjung. Warung es durian ini ada di kecamatan Coblong. Letak warungnya cukup strategis. 

Desert Mangkok Manis

Dessert Mangkok Manis. Photo by brisik.id

Sesuai dengan namanya, menu kuliner yang ada di Mangkok Manis ini adalah jenis dessert. Bagi kamu yang sangat suka dengan dessert, kamu bisa berkunjung ke tempat makan yang satu ini. Berbagai menu dessert lezat bisa kamu temukan di sini. 

Kamu bisa mencoba dessert khas Bandung. Bahkan di sini juga ada menu dessert internasional yang tak kalah lezat dari menu dessert di restoran. 

Cuanki

kuliner Bandung
Cuanki. Photo by IDN Times

Bagi kamu yang sangat suka dengan bakso, kamu bisa coba menu bakso khas Bandung ini. Cuanki sendiri dikenal sebagai menu kuliner khas Bandung yang hidangannya hampir sama dengan bakso. 

Isi bakso khas Bandung ini ada tahu dan mienya. Harga per porsinya juga cukup murah. Kamu bisa mendapatkan satu porsi cuanki hanya dengan biaya di bawah 20 ribu rupiah. Berbagai menu kuliner Bandung di atas, bisa jadi acuan atau referensi untuk kamu yang sedang berlibur di Bandung. Tentunya akan sangat sayang jika kamu pergi ke kota ini tanpa mencoba berbagai jajanan kulinernya yang lezat dan khas.

Mungkin Anda juga menyukai