6 Kuliner Jakarta yang Wajib untuk Dicoba

Wisata kuliner Jakarta
Daftar wisata kuliner Jakarta. Photo by Tokopedia
Waktu baca: 4 menit

Ibu Kota Jakarta memang dikenal sebagai kota metropolitan. Tidak heran jika ada banyak sekali ragam kuliner Jakarta dengan beragam rasa pula. Mulai dari jajanan ringan, makanan kering, hingga makanan berkuah. Semua jenis kuliner ini bisa kamu temukan di Jakarta. 

Jika kamu berkunjung ke Jakarta, rasanya tidak akan akan lengkap jika kamu tidak mencicipi beberapa ragam kuliner yang ada di sana. Namun jika kamu belum pernah tahu apa saja kuliner lezat khas Jakarta yang patut dicoba, maka kamu pasti butuh referensi kuliner yang tepat. 

Kuliner Jakarta Pilihan Yang Patut Dicoba

Saat berkunjung ke Jakarta untuk pertama kalinya, kamu tidak perlu khawatir. Ada beragam pilihan rekomendasi kuliner yang bisa kamu coba. Sehingga kamu pun tidak akan salah membeli makanan khas yang ada di Jakarta ini. Berikut beberapa pilihan kulinernya:

Soto Betawi

Wisata kuliner Jakarta
Soto Betawi. Photo by Orami

Hampir semua orang tahu nama makanan yang satu ini. Soto Betawi adalah salah satu jenis makanan khas Jakarta yang juga banyak digemari. Jika kamu ada di Jakarta, cobalah cari soto Betawi H. Ma’ruf. Soto ini dikenal sangat legendaris di Jakarta sejak dulu. 

Rasanya yang sangat khas membuat warung H. Ma’ruf ini jarang sepi akan pelanggan. Jam bukanya juga sangat lama, dari pagi hingga malam. Kamu bisa masukkan menu soto Betawi ini sebagai list kuliner yang akan kamu coba. 

Gado-Gado Bonbin

Wisata kuliner Jakarta
Gado-gado bin bin. Photo by Qraved

Selain soto betawi, gado-gado bonbin juga termasuk kuliner khas yang legendaris dan patut kamu coba. Gado-gado ini tepatnya ada di Jakarta Pusat. Kkuliner yang satu ini juga biasa digunakan untuk menu sarapan kamu setelah olahraga pagi. 

Gado-gado yang dijual di sini juga biasanya dihidangkan bersama dengan asinan. Asinan di warung ini juga cukup terkenal dengan rasanya yang lezat. 

Baca juga: Usaha Kecil Menengah Kuliner yang Dapat Dicoba

Gandy Steak House

Gandy Steak House. Photo by Kumparan

Jika kamu merasa bosan dengan menu kuliner yang lebih lokal, maka kamu bisa mencoba membeli steak. Meskipun dari namanya saja makanan ini kurang menggambarkan Indonesia, namun steak yang dijual di warung makan ini cukup terkenal dan laku. 

Rasanya yang sangat lezat mampu membuat siapa saja tertarik untuk masuk dan mencicipi menu steak di sini. Sesuai dengan hidangan kualitas steaknya yang tinggi, kamu harus bersiap dengan harganya yang cukup mahal jika dibandingan dengan menu sebelumnya. 

Bakmie Gang Kelinci

Bakmie Gang Kelinci. Photo by Kompas

Bagi kamu yang suka makan bakmie, kuliner yang satu ini sangat pas untuk dikunjungi. Bakmie ini sudah terkenal dengan kualitas rasanya yang super lezat. Bakmie ini juga sudah mendapatkan rating yang cukup tinggi pada beberapa review wisata kuliner khas Jakarta. 

Meskipun ratingnya tinggi, harga bakmie ini terbilang cukup terjangkau untuk ukuran harga makanan yang ada di Jakarta. Sangat pas untuk kamu yang ingin makan mie dengan harga merakyat. 

Bubur Kwang Tung

Bubur Kwang Tung. Photo by Tempo

Beralih dari makanan jenis mie, kali ini kamu disuguhkan dengan pilihan kuliner jenis bubur. Salah satu bubur yang sudah cukup bagus pamornya di Jakarta adalah bubur kwang tung. Warung makan bubur ini tepatnya ada di Kelapa Gading. 

Bubur ini akan disajikan berbeda dari bubur-bubur pada umumnya. Kamu akan ditawarkan dengan menu topping bubur yang beraneka ragam. Beragam topping dengan rasa yang lezat bisa kamu pilih sesuai selera. 

Selain menyediakan bubur, ada juga menu minuman dan beberapa jajanan lainnya. Bawalah uang lebih jika kamu ingin membeli menu lain di warung makan ini. 

Roti Bakar Eddy

Roti Bakar Edi. Photo by Pergikuliner

Kali ini ada menu makanan kering atau jajanan lezat, tak lain dan tak bukan adalah roti bakar Eddy. Roti bakar ini cocok sekali untuk menjadi menu camilan lezat sepulang kerja bareng teman-temanmu. Ada berbagai menu lain juga yang bisa kamu beli di sini. 

Meskipun rasa dan kualitas rotinya terbilang sangat lezat, namun harga roti dan beberapa menu makanan di sini cukup terjangkau. Cocok untuk kamu yang tinggal di area kos. 

Kamu bisa sekaligus menghemar biaya pengeluaran untuk jajan. Hampir semua menu terutama roti bakarnya dijual dengan harga di bawah 20 ribu rupiah.  Beberapa menu kuliner Jakarta di atas bisa kamu jadikan referensi untuk dikunjungi. Sebagian menu di atas sudah cukup dikenal oleh masyarakat Jakarta. Sehingga cukup mudah menemukan tempat dari berbagai wisata kuliner di atas.

Mungkin Anda juga menyukai