5 Manfaat Kerja dari Rumah yang Dapat Dirasakan

Manfaat bekerja dari rumah.
Manfaat bekerja dari rumah. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Pemerintah telah memberikan arahan agar karyawan atau pekerja untuk bekerja dari rumah sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19. Beberapa perusahaan di kawasan Jakarta sudah mulai mengizinkan karyawannya untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Seperti yang sudah diketahui, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta perusahaan-perusahaan yang ada di Jakarta untuk menyiapkan protokol kerja jarak jauh atau kerja dari rumah. Hal itu bertujuan untuk mewaspadai penyebaran virus corona jika terus meluas.

“Bagi dunia usaha, kami meminta untuk menyiapkan protokol kerja jarak jauh,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (13/3/2020) dilansir dari Kompas.com.

Senada dengan Anies, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) juga meminta agar masyarakat tidak melakukan aktivitas di luar rumah agar jumlah pasien positif corona tidak bertambah.

“Kepada seluruh rakyat Indonesia saya harap tenang, tetap produktif agar penyebaran Covid-19 ini bisa kita hambat dan kita setop. Dengan kondisi ini, saatnya kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah,” kata Jokowi dalam konferensi pers, Minggu (15/3/2020).

Dengan ketentuan tersebut, per hari Senin (16/3/2020), baik karyawan swasta maupun beberapa pegawai negeri sipil (PNS) sudah mulai work from home atau bekerja di rumah. Sudah ada beberapa perusahaan yang mengikuti kebijakan pemerintah untuk mulai kerja dari rumah dari Senin hingga Jumat (28/3/2020). Namun, ada pula yang memberlakukan kerja dari rumah selama tiga atau empat hari hingga sepekan ke depan.

Ada juga yang memberlakukan sistem secara bergiliran di mana pada pekan pertama beberapa divisi kerja dari rumah, sementara divisi lain kerja dari kantor. Begitu pula sebaliknya.

Saat menjalankan kerja dari rumah, sudah tentu ada manfaat yang bisa didapatkan oleh para karyawan. Salah satunya ialah mengurangi kemungkinan karyawan untuk terpapar virus corona tersebut. Selain itu, ada beberapa manfaat kerja dari rumah yang bisa didapatkan.

Baca juga: 7 Tips Agar Kamu Selalu Semangat Ketika Bekerja

Berikut ini 5 manfaat kerja dari rumah yang bisa dinikmati oleh karyawan:

Menghemat waktu

Gunakan uang untuk hemat waktu
Hemat waktu. Photo by Pixabay

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa waktu untuk perjalanan kerja sangat menyita tenaga dan fokus. Apalagi jika kantor dan rumahmu memiliki jarak yang lumayan jauh. Kemungkinan kamu akan butuh waktu lebih dari satu jam untuk mencapai kantor dalam sekali perjalanan pulang atau pergi. Dengan kerja dari rumah, kamu bisa menghemat waktu.

Mengurangi pengeluaran

Buat prioritas pengeluaran.
Mengurangi pengeluaran. Photo by Pexels

Dengan bekerja di rumah, kamu tidak hanya memiliki waktu luang. Tapi kamu uga bisa menghemat pengeluaran yang biasa digunakan untuk uang saat bekerja di kantor. Misalnya, uang untuk ongkos transportasi, beli makan siang, hingga uang untuk nongkrong bisa disimpan.

Dengan begitu, kamu bisa menghemat pengeluaran dan uang tersebut bisa digunakan untuk hal yang lebih penting.

Suasana kerja lebih nyaman

Manfaat kerja dari rumah
Bekerja lebih nyaman. Photo by @neonbrand

Terkadang saat memakai pakaian yang rapi di kantor terasa melelahkan. Apalagi jika kamu termasuk orang yang suka dengan gaya hidup yang santai. Maka dari itu, dengan bekerja dari rumah kamu akan lebih merasa nyaman. Sebab, kamu bebas berpakaian santai saat bekerja tanpa mengurangi konsentrasi dan produktivitas. Hasilnya, pekerjaan bisa cepat selesai dan rapi.

Waktu istirahat lebih panjang

Manfaat kerja dari rumah
Punya waktu istirahat yang panjang. Photo by Pixabay

Usai lelah bekerja, kamu pasti ingin segera beristirahat. Namun hal itu tidak dapat dilakukan jika kamu harus menempuh perjalanan pulang yang jauh. Kamu akan memiliki waktu istirahat yang sebentar dan kemudian harus bersiap untuk bekerja lagi keesokan harinya.

Berbeda saat kamu kerja dari rumah. Kamu bisa menikmati istirahatmu lebih panjang dan bahkan bisa memiliki waktu yang lebih banyak bersama keluarga.

Risiko stres kecil

Manfaat kerja dari rumah
Risiko stres mengecil. Photo by Pexels

Setiap pekerjaan pasti ada risiko stresnya. Stres dapat meningkat saat harus menghadapi atasan, rekan kerja, atau klien yang menyebalkan. Akibatnya tubuh jadi mudah sakit akibat dari stres kerja berkepanjangan. Jika kamu bekerja dari rumah, kamu bisa meminimalkan risiko stres. Hal itu karena bekerja dari rumah akan membuatmu lebih rileks.

Itulah beberapa manfaat keuangan yang bisa didapatkan saat kerja dari rumah. Lalu, ingat bagi yang mendapat kesempatan bekerja di rumah, kamu harus tetap berada di rumah saat mendapat kesempatan bekerja di rumah dalam keadaan seperti ini. Hal itu dilakukan agar penyebaran virus corona bisa berkurang.

Mungkin Anda juga menyukai