5 Kunci Sukses Jangka Panjang Menurut Jack Ma

5 kunci sukses menurut Jack Ma.
Waktu baca: 2 menit

Siapa yang tidak mengenal sosok Jack Ma? Jack Ma merupakan seorang pengusaha asal China yang mendirikan perusahaan teknologi raksasa bernama Alibaba. Mungkin banyak yang mengira bahwa kesuksesan yang diraih Jack Ma dikarenakan kepandaiannya dalam bidang teknologi dan bisnis. Namun, nyatanya tidak. Awalnya, Ma memiliki cita-cita menjadi seorang guru sebelum mengenal internet untuk pertama kalinya pada 1995. Hingga akhinya, dia bisa mengenal internet berkat bantuan salah satu teman dekatnya, yaitu Rose. Jack Ma sendiri awalnya tidak mau menyentuh komputer karena pada saat itu harganya yang begitu mahal.

Namun, pada akhirnya dia memberanikan diri untuk menggunakan komputer dan mencari tentang China di internet. Hasilnya, Ma tidak mendapatkan data yang diinginkan. Bermula dari situlah Jack Ma memiliki ide untuk membuat sesuatu tentang China sehingga terbentuklah Alibaba sebagai marketplace yang menjual informasi tentang China. Hingga akhirnya, kekayaan pengusaha asal China ini diperkirakan mencapai 36,5 miliar dollar Amerika, sementara nilai Alibaba mencapai 420 miliar dollar Amerika.

Pada saat membangun perusahaan Alibaba tersebut, Jack Ma mengakui bahwa dirinya memiliki kunci rahasia yang membuat perusahaannya menjadi sukses seperti saat ini. Berikut 5 kunci sukses jangka panjang menurut Jack Ma.

Buat orang lain percaya padamu

Jack Ma mengungkapkan bahwa kepercayaan adalah bagian penting dalam kesuksesan yang diraih Alibaba. Baginya, kepercayaan dan misi perusahaan menjadi hal paling berharga yang bisa dimiliki oleh Ma. “Kepercayaan itulah yang membuat kita bersatu. 18 [investor] mempercayai saya. Karena mereka mempercayai Saya, Saya harus sangat loyal kepada mereka dan setia pada misi yang kami miliki,” kata Jack Ma dilansir dari CNBC Indonesia.

Fokus kepada pelanggan

Ma mengaku tidak terlalu mengkhawatirkan tentang persaingan yang akan dihadapi oleh perusahaannya. Apapun yang dilakukan Alibaba akan menyesuaikan dengan kebutuhan dari pelanggan. Maka dari itu, kamu harus mengutamakan kepuasan pelanggan saat mengambil keputusan untuk perusahaan atau bisnismu.

Pikikan bisnismu secara global

Salah satu kunci sukses menurut Jack Ma
Memikirkan bisnismu secara global merupakan salah satu dari 5 kunci sukses Jack Ma. Photo by Pexels

Jack Ma merasa masa depan adalah global. Dia meyakini bahwa bisnis harus bisa beroperasi secara internasional agar bisa bertahan dalam jangka panjang. Jika hanya fokus untuk bisnis lokal itu akan membuat semakin kompetitif. Maka dari itu, dia mendorong untuk usaha kecil agar memikirkan bagaimana mereka dapat menjual produknya secara global.

Pekerjakan anak muda dan orang pintar

Dengan memperkerjakan anak muda, Jack Ma merasa bisa membangun tim yang akan betahan lama dan memberi mereka untuk lebih berkembang. Selain itu, dengan memperkerjakan orang pintar bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk perusahaannya.

Terus melaju

Saran terakhir dari Jack Ma yang mencerminkan perjalannya dengan Alibaba ialah terus melaju. Menurutnya, ketekunan perlu diterapkan. “Hari ini sangat sulit, besok itu sulit, tetapi lusa sangat indah,” kata Jack Ma.

Itulah 5 kunci sukses Jack Ma yang bisa membangun perusahaan sebesar Alibaba. Kamu bisa menerapkan 5 kunci sukses itu sehingga bisnismu bisa berjalan lancar dan terus berkembang.

You may also like...

Leave a Reply