5 Keuntungan Investasi Surat Utang Negara Bagi Investor

Keuntungan investasi surat utang negara.
Waktu baca: 2 menit

Bagi milenial yang ingin investasi, saat ini tidak perlu khawatir. Sebab, sudah banyak sekali jenis investasi yang bisa kamu pilih. Salah satunya ialah investasi surat utang negara.

Surat utang negara bisa menjadi pilihan bagi para investor milenial. Sebab, banyak keuntungan yang bisa didapatkan saat memutuskan untuk investasi surat utang negara.

generasi milenial investasi p2p lending
Generasi Y atau lebih dikenal dengan generasi milenial via kiwireport.com

Lalu apa saja keuntungan dari investasi surat utang negara bagi investor? Berikut penjelasannya.

Minim risiko

Seperti yang diketahui, surat utang negara atau obligasi ini merupakan sebuah surat utang resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Jadi, selama pemerintah dan negara baik-baik saja, maka uang yang kamu tanamkan itu pasti akan dibayarkan bagi hasil dan bunganya tiap bulan. Maka dari itu, bisa dikatakan investasi ini minim risiko karena dijamin oleh pemerintah.

Stabil

Surat utang negara ini memiliki dua sumber keuntungan, yakni kupon dan capital gain yang nantinya akan dibayarkan kepada investor secara stabil. Terlebih, nilainya tidak terpengaruh oleh fluktuasi pasar layaknya investasi-investasi lainnya.

Mudah dicairkan

Ada beberapa jenis investasi yang sulit untuk dicairkan. Namun, bagi surat utang negara atau obligasi ini, bisa dikatakan mudah untuk dicairkan. Investasi jenis ini bisa digadaikan di kantor pegadaian atau dijual kembali di pasar saham sekunder.

Baca juga: Investasi Surat Utang Mulai dari 1 Jutaan yang Perlu Diketahui

Bagi hasil yang kompetitif

Saat kamu memutuskan untuk memilih investasi, salah satu pertimbangannya ialah imbal hasil yang diberikan. Untuk surat utang negara ini, bagi hasil yang diberikan bisa dikatakan kompetitif. Adapun besarannya berbeda-beda tiap serinya, menyesuaikan dengan suku bunga acuan Bank Indonesia yang berlaku saat itu.

Berdasarkan nilai yang tercatat selama ini, kupon tertinggi yang pernah dimiliki sebesar 12,05 persen pada 2006 dan kupon terendah adalah sebesar 6,25 persen pada ORI009. Kupon dan bagi hasil ini juga dibayarkan setiap bulan layaknya tabungan atau deposito sehingga kamu dapat melihat uang bertambah setiap bulannya.

Pajak rendah

Bagi yang sudah pernah melakukan deposito, tentu sudah tau bahwa keuntungan atau bunga setiap bulannya merupakan nilai kotor yang belum dipotong pajak. Jadi, misalkan kamu memperoleh bunga 6 persen, suku bunga tersebut belum dipotong pajak sebesar 20 persen. Jika dihitung, maka nilai bersihnya adalah 6%-(20%*6%)= 4,8%.

Sedangkan pada investasi surat utang negara ini pajak yang dikenakan lebih kecil, yakni 15 persen saja. Sehingga, nilai kupon yang lebih besar dari deposito, hasil yang kamu dapatkan juga lebih besar. Sebab, potongan pajak atas bunga yang tidak sebesar pajak atas bunga yang dikenakan oleh deposito.

Berpartisipasi membangun negara

Surat utang negara berupa ORI atau sukuk yang diterbitkan oleh pemerintah digunakan untuk menutup defisiti yang terjadi pada APBN biasanya dalam setahun. Dengan kata lain, kamu memberikan pinjaman kepada pemerintah dalam bentuk surat berharga yang dijamin sesuai dengan masa berlaku yang telah disepakati. Sehingga, kamu secara tidak langsung sudah membantu negara dengan cara berpartisipasi dalam pembangunan negara.

Baca juga: Yuk Investasi Modal Kecil dengan Saving Bond Ritel!

Itulah beberapa keuntungan yang didapatkan oleh investor saat memilih investasi surat utang negara. Melihat banyaknya keuntungan tersebut, apakah kamu tertarik untuk mengalokasikan dananya untuk instrumen yang satu ini?

You may also like...

Leave a Reply