Rekomendasi Usaha Menyambut Masa Pemilu yang Bikin Rekening Semakin Gendut

Rekomendasi Usaha Menyambut Masa Pemilu yang Bikin Rekening Semakin Gendut
Rekomendasi Usaha Menyambut Masa Pemilu yang Bikin Rekening Semakin Gendut. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Banyak sekali jenis usaha menyambut masa pemilu yang menjanjikan. Peluang bisnis ini bisa membuat rekening semakin gendut. Lantas, apa saja jenis bisnis yang bisa ditekuni?

Pemilu selalu identik dengan atribut partai politik. Tentunya, banyak dari partai politik yang berlomba-lomba untuk memperkenalkan dirinya. Tepatnya untuk menaruh perhatian di mata khalayak ramai.

Untuk merealisasikannya, atribut tersebut dibutuhkan sebagai bentuk kampanye. Tentunya, ini bisa menjadi peluang bagi pebisnis untuk menyediakan kebutuhan dari partai politik tersebut.

Kali ini, kami akan menyajikan informasi terkait jenis usaha menyambut masa pemilu yang menjanjikan keuntungan. Mari temukan informasinya di bawah ini.

7 Ide Usaha Menyambut Masa Pemilu 2024

Menyambut masa pemilu, pebisnis biasanya sudah mempersiapkan diri untuk memanfaatkan momentum tersebut. Ini dijadikan peluang untuk meraih cuan. Adapun ide usaha yang bisa dijalankan sebagai berikut:

1. Desain dan Percetakan

Punya keahlian mendesain, ini tentunya menjadi keterampilan yang sangat menjanjikan. Keterampilan ini bisa dimanfaatkan untuk mendulang rupiah di masa pemilu.

Terlebih, jika kamu juga memiliki percetakan. Atau, bekerja sama dengan percetakan di daerah setempat.

Ini disebabkan oleh kebutuhan desain dan percetakan atribut partai akan semakin meningkat. Bahkan, jumlahnya sangat besar sehingga dapat menghasilkan untung yang tinggi.

Desain seperti baliho, spanduk, selebaran, banner hingga brosur tentu akan lebih banyak. Di samping itu, kartu nama pun amat dibutuhkan.

Selama kamu memiliki keterampilan dalam mendesainnya, kamu bisa menawarkan jasa pembuatannya di tempatmu. Tentunya, tidak masalah jika tidak memiliki percetakan. Karena, kamu bisa bekerja sama dengan percetakan untuk mencetak hasil desain tersebut.

2. Sablon Kaos

Sablon kaos partai atau pun calon pejabat tentunya ada menjelang masa pemilu. Meskipun ini tergolong sebagai bisnis musiman, namun keuntungan yang didapatkan sangatlah besar.

Betapa tidak, kebutuhan dari sablon kaos partai ini tentunya sangat banyak. Bisa mencapai ratusan atau pun ribuan dalam sekali pesan.

Kaos-kaos yang digunakan ini pun harganya lebih murah. Kamu bisa memesannya dalam jumlah besar untuk mendapatkan harga yang lebih bersahabat.

Setelah itu, tinggal desain nama partai atau pun foto calon pejabatnya. Kemudian, sablon di kaos dan jual sesuai dengan margin yang diinginkan.

3. Katering

Pada dasarnya, katering makanan dan kue ini selalu dibutuhkan setiap saat. Pebisnis dapat menjalankannya hingga menawarkannya ke khalayak ramai. 

Semakin menjanjikan ketika bisa menawarkannya di berbagai acara pertemuan partai politik. Karena, acara seperti ini biasanya akan mendatangkan massa yang cukup banyak.

Kamu yang memiliki keterampilan membuat kue atau pun sajian bisa memanfaatkannya. Tawarkan jasa katering ini pada penyelenggara acara. Dengan begitu, bisnis ini bisa segera mendapatkan konsumen.

Usahakan agar memberikan pelayanan terbaik. Karena pelayanan ini akan membuka kesempatan berulang. Artinya, jasa katering akan selalu diprioritaskan setiap kali acara dilangsungkan.

4. Jasa Event Organizer Acara

Tak hanya catering, usaha masa pemilu yang bisa ditekuni adalah jasa event organizer. Kenapa? Karena kebanyakan dari kandidat hingga tim sukses parpol biasanya sering mengadakan acara formal.

Beberapa pertemuan penting akan dilakukan untuk membahas kampanye pemenangan. Dan acara tersebut membutuhkan pengelolaan yang tepat.

Biasanya, jasa event organizer akan dilibatkan dalam mengelola acara tersebut. Jadi, sangat pas jika kamu juga menerjuni peluang tersebut.

5. Fotografi

Bisnis fotografi di masa pemilu.
Bisnis fotografi di masa pemilu. Photo by Pexels

Faktanya, beberapa kandidat akan menampilkan dirinya dengan baik di berbagai media. Contohnya adalah banner.

Untuk menguatkan imagenya, fotonya harus bagus. Tentu saja, kandidat ini membutuhkan jasa fotografer yang profesional untuk mewujudkannya.

Jika kamu memiliki keterampilan dalam fotografi, tidak ada salahnya untuk membuka usaha menyambut masa pemilu di bidang fotografi ini. Tentunya, ini bisa melengkapi dari jasa desain banner dan semacamnya.

Semakin lengkap jasa yang disediakan, kandidat akan semakin mempercayakan pembuatan atributnya di tempat usaha tersebut. Artinya, banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan dari usaha tersebut.

6. Jasa Pembuatan dan Pengelolaan Konten

Usaha menyambut masa pemilu yang selanjutnya adalah jasa pembuatan dan pengelolaan konten. Jasa ini akan lebih sering dimanfaatkan sebagai bagian dari kampanye yang masif.

Konten positif dari calon kandidat akan dibutuhkan sebagai sarana untuk memperkenalkan dirinya. Begitu pula, visi misi yang diusungnya sebagai kandidat.

Berbagai platform tentunya bisa dimanfaatkan. Mulai dari website hingga halaman di media sosial.

Kuncinya adalah punya portofolio konten yang menarik. Dengan memiliki portofolio tersebut, kamu akan diprioritaskan untuk membantunya dalam berkampanye di ranah online.

7. Jasa Pemasangan Iklan

Hampir serupa dengan konten, jasa pemasangan iklan berbayar dari kandidat juga menjadi bisnis yang menarik. Kamu bisa memanfaatkan website atau pun media sosial.

Kampanye melalui iklan di internet ini cukup banyak dilakukan oleh kandidat. Karena, kebanyakan masyarakat menghabiskan waktunya untuk berselancar di internet.

Apabila kamu memiliki halaman dengan pengikut besar, tentunya kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan iklan tersebut. Baik itu dengan menawarkan diri atau memang mendapatkan tawaran dari pihak partai.

Demikianlah beberapa usaha menyambut masa pemilu yang menggiurkan untuk dicoba. Selama kamu memiliki keterampilan dan kesempatan, manfaatkan sepenuhnya untuk memperoleh penghasilan. Karena, momentum tersebut menjanjikan pendapatan yang lebih tinggi dari hari biasanya.

Mungkin Anda juga menyukai