Opportunity Cost Adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya

Papan catur dan kartu
Opportunity Cost Adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 2 menit

Seringkali kita menghadapi dua atau bahkan beberapa pilihan dalam hidup dan harus bisa menentukan akan memilih salah satu pilihan tersebut. Kehilangan kesempatan lainnya ini dapat mengakibatkan munculnya biaya yang dalam ilmu ekonomi disebut dengan istilah opportunity cost.

Sampai sini mungkin TemanKlik merasa kurang jelas mengenai apa itu opportunity cost bukan? Dan apa hubungannya dalam bisnis?

Nah agar kamu lebih memahaminya, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Opportunity Cost

Secara sederhana, opportunity cost ini adalah nilai yang hilang dari suatu kesempatan saat kamu sudah memutuskan untuk memilih satu dari beberapa pilihan yang dihadapi. Memang, setiap kesempatan atau pilihan itu memiliki kelebihan dan kekurangan. Nah saat kamu memutuskan untuk memilih kelebihan dari pilihanmu, maka kamu akan kehilangan kelebihan dari pilihan yang lainnya. Itulah yang disebut dengan opportunity cost.

Adapun untuk nilai pada opportunity cost tidak melulu hanya uang atau materi saja. Namun bisa dalam bentuk lain seperti waktu, energi, kebahagiaan, kegunaan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Menghitung Pengeluaran Bulanan agar Keuangan Keluarga Stabil

Karakteristik Opportunity Cost

Ada beberapa karakteristik dari opportunity cost yang perlu diketahui. Berikut penjelasannya.

  1. Nilainya tidak selalu berkaitan dengan uang
  2. Banyak kemungkinan yang berhubungan dengan kegunaannya.
  3. Pilihan opportunity cost ditetapkan bergantung dari pengambil keputusan karena tiap orang dapat menentukan nilai yang berbeda.
  4. Opportunity cost merupakan kebutuhan sekunder, bahkan tersier.

Manfaat Mengetahui Opportunity Cost

Dari karakteristik di atas, sebenarnya sudah jelas bahwa opportunity cost ini bisa dikatakan perlu untuk dipertimbangkan. Karena, ada beberapa manfaat dari opportunity cost yang perlu kamu ketahui, yatu:

  • Memudahkan dalam menentukan prioritas

Dengan mengetahui dan menghitung opportunity cost sejak awal, kamu jadi bisa lebih menentukan prioritasmu. Terlebih dalam ranah bisnis, hal itu tentu sangat penting karena pasti dalam bisnis kamu tidak mau mengambil keputusan yang sia-sia bukan?

  • Risiko jadi minimal

Mengetahui opportunity cost ini memudahkanmu memilih atau mengambil keputusan yang risikonya kecil.

  • Membantu memperhitungkan modal

Melalui perhitungan opportunity cost, maka kamu bisa menentukan kisaran modal yang harus dimiliki sebelum menjalankan suatu bisnis.

  • Menghemat pengeluaran

Terakhir, kamu bisa lebih menghemat pengeluaran di mana kamu tidak perlu mengeluarkan anggaran atau biaya tertentu untuk sesuatu yang tidak perlu. Lebih baik fokus pada hal-hal pokok yang menunjang keberlangsungan hidupmu.

Cara Menghitung Opportunity Cost

Menghitung opportunity cost itu ada rumusnya tersendiri. Berikut ini rumus dari opportunity cost:

OC= FO-CO

Di mana FO merupakan nilai peluang yang tidak dipilih dan CO adalah nilai peluang yang dipilih.

Contoh mudahnya, saat kamu memilih untuk membeli makan siang di kantin kantor seharga Rp25.000 daripada memasak makanan sendiri yang harganya Rp10.000. Dari hal itu, biaya opportunity cost milikmu ialah -Rp10.000 di mana kamu mengalami kerugian.

Nah itulah penjelasan mengenai opportunity cost adalah apa dan cara menghitungnya. Silakan mulai diterapkan untuk keseharianmu ya TemanKlik agar bisa menikmati manfaatnya.


Bagikan: