Menu Sahur Praktis untuk Sebulan yang Bisa Dibuat Hanya Beberapa Menit Saja

Daftar menu sahur praktis untuk sebulan
Menu Sahur Praktis untuk Sebulan yang Bisa Dibuat Hanya Beberapa Menit Saja. Photo by KlikCair
Waktu baca: 3 menit

Banyak sekali orang yang malas sekali untuk bangun untuk sahur. Apalagi untuk masak menu sahur. Bangun saja malas sekali. Namun, jika kamu tahu menu sahur praktis untuk sebulan ini, semoga saja kamu punya semangat lagi untuk bangun menunaikan ibadah sahur.

Asal kamu tahu. Sahur tidak hanya bagus untuk tubuh sehingga kamu mampu menjalankan ibadah puasa satu hari penuh dengan semangat. Selain itu, ini merupakan ibadah. Menjalankan sahur itu hukumnya sunnah. Jadi, kamu tidak hanya punya tenaga untuk 1 hari puasa, melainkan juga kamu mendapatkan pahala.

Jadi, ada baiknya kamu tetap bangun sahur untuk menunaikan ibadah berupa makan sahur. Agar semangat, kamu bisa melakukan hal yang baru. Jika di Ramadhan tahun lalu kamu lebih sering makan sahur sisa berbuka atau membeli menu sahur dari luar, akan lebih baik jika kamu buat menu sahur sendiri.

Tenang saja. Ada lho menu sahur praktis untuk sebulan. Yaitu menu makanan yang mudah dibuat tapi mengandung energi yang sangat tinggi.

Baca juga: Cari Tahu Tips-Tips Sehat Menjalani Puasa

7 Menu Sahur Simple dan Sehat yang Bisa Kamu Pilih 

Sebenarnya, yang membuat sahur penuh semangat adalah menu makanan yang lain dari yang lain. Dan satu lagi. Menu makanan untuk sahur seharusnya masih fresh alias baru dimasak. Makanan juga harus mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar memiliki tenaga selama 1 hari penuh berpuasa. 

Berikut ini 7 menu sahur sederhana yang bisa kamu masak sendiri di rumah:

  1. Telur Dadar

Mungkin ini menu yang biasa. Namun, kandungannya sangat luar biasa. Telur mengandung protein yang tinggi. Protein inilah yang membuat tubuh penuh energi mulai dari pagi hingga berbuka nanti. Protein merupakan kandungan yang tidak mudah dicerna oleh tubuh. Makanya, jika sahur dengan telur, maka kamu akan lama merasakan lapar.

Mungkin kamu merasa menu sahur berupa telur dadar ini biasa. Menjadi tidak biasa jika mau masak dengan cara yang beda. Kocok telur dan tambahan wortel yang sudah diiris kecil-kecil, daging sapi yang juga dipotong kecil-kecil, serta potongan daun bawang.

Sajikan dengan nasi panas serta saos atau sambal terasi. Sudah bisa dipastikan sahur akan sangat berbeda.

  1. Ayam Goreng Krispi

Menu makanan untuk sahur sangat disarankan berupa makanan yang mengandung protein. Ini dibutuhkan agar kamu memiliki energi yang banyak untuk berpuasa 1 hari penuh. Selain telur, kamu bisa memasak menu goreng krispi.

Cara membuat menu ini juga sangat mudah. Kamu hanya perlu membeli daging ayam. Agar benar-benar enak, akan lebih baik jika daging tersebut kamu balur dengan sedikit bumbu penyedap rasa dan air. Diamkan ke dalam lemari es selama 1 malam. Saat sahur tiba, kamu bisa goreng. Balur daging dengan tepung instan krispi. Goreng lalu sajikan.

Mudah, bukan?

  1. Oseng-Oseng Tempe dan Tahu

Ini juga menu yang mengandung protein tinggi lainnya. Yaitu tempe dan tahu. Ini makanan yang terbuat dari kedelai. Kedelai ini mengandung protein yang sangat tinggi.

Kamu bisa membuat oseng-oseng tempe dan tahu untuk menu sahur. Potong kecil-kecil tempe dan tahu. Bumbunya adalah bawang putih, bawah merah, dan cabai. Tumis bumbu tersebut lalu masak tempe dan tahu. Tambahkan sedikit garam, gula, dan kecap manis.

  1. Capcay

Ini menu yang beda. Dan memang menu sahur ini sedikit lebih susah dimasak dibandingkan dengan 3 menu sebelumnya. Akan tetapi, ada tips yang bisa kamu coba agar menu ini bisa dengan lebih mudah dimasak saat sahur tiba.

Capcay ini bisa dimakan sebagai menu makanan utama. Tidak perlu makan nasi karena ada kandungan karbohidrat dan juga protein di dalam capcay. Bisa juga capcay ini dipakai sebagai lauk.

Yang terpenting, ada sayuran dan daging di dalam capcay. Ini sudah bisa mencukupi kebutuhan tubuh selama 1 hari penuh.

  1. Udang Asam Manis

Udang mengandung protein yang juga sangat tinggi. Kamu bisa membuat udang asam manis. Caranya sangat mudah. Siapkan saja kecap asam manis dari minimarket terdekat. Agar lebih enak lagi, tumis bawang bombai. Oseng udang dan bawang bombai lalu masukkan kecap asam manis. Tambahkan sedikit garam, gula, dan penyedap rasa. Mudah sekali, kan?

  1. Sambal Terong

Kalau kamu suka menu yang sedikit lebih lebih gurih dan pedas, kamu bisa membuat sambal terong. Bahan-bahannya sama seperti yang dipakai untuk membuat sambal. Kamu hanya perlu menambahkan terong saja. 

Terong bisa kamu rebus atau goreng. Akan lebih sehat jika terong direbus saja. Lalu, penyet ke dalam sambal dan kamu bisa sajikan sebagai menu sahur.

  1. Tumis Sayur dan Sosis

Menu makanan berupa tumis tidak harus selalu berupa tempe dan tahu. Ganti dengan sayur dan sosis. Sayurannya bisa berupa kol, wortel, dan brokoli. Tambahkan sosis yang sudah dipotong kecil-kecil. Masak seperti kamu memasak oseng tempe dan tahu. Tambahkan kecap manis agar lebih enak lagi.

Nah, itu beberapa menu sahur praktis untuk sebulan. Menu yang tidak butuh waktu lama untuk dimasak.

Artikel Lainnya