Perlu Cara Cerdas Saat Kamu Ingin Mencari Investor

mencari investor
Perlu Cara Cerdas Saat Kamu Ingin Mencari Investor. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Ada yang mengira dengan memiliki teman, kenalan, atau jaringan orang-orang kaya membuat mereka bisa lebih mudah mencari investor. Tapi, faktanya tidak. Bahkan, teman dekat pun tidak akan semudah itu memberikan modal atau menanamkan investasi di bisnis yang kamu buat. Bisnis itu tidak sama dengan pertemanan.

Memang benar kamu akan lebih mudah meyakinkan seseorang yang sudah kenal sangat lama. Akan tetapi, hal tersebut tidak lantas membuat kamu 100% diterima.

Di sisi lain, banyak sekali pengusaha yang justru diminati oleh para investor. Mereka tidak saling kenal. Mereka tidak juga berteman. Akan tetapi, cara cerdik yang pengusaha lakukan bisa membuat investor yakin untuk segera menaruh uang mereka di bisnis tersebut.

3 Strategi Jitu Agar Usaha Kamu Disukai Investor

Strategi jitu agar disukai investor. Photo by Pexels

Jika saat ini kamu memiliki bisnis yang sedang berkembang dan kamu sangat membutuhkan modal untuk pengembangan, mencari investor memang menjadi cara yang terbaik. Mungkin kamu sudah merasakan betapa beratnya menjalankan usaha dari modal hutang. Dan itu tidak mau kamu lakukan lagi.

Modal dari investor beda dengan hutang. Karena uang yang diberikan investor itu bukan hutang. Uang tersebut bisa kamu gunakan agar perusahaan kamu lebih produktif. Investor hanya ingin sharing profit. Kalaupun terjadi rugi, seorang investor juga mengerti tentang hal tersebut.

Maka dari itu, tepat sekali jika sekarang kamu mulai mencari investor. Yang perlu kamu lakukan bagaimana kamu bisa meyakinkan para investor. Berikut ini 3 trik jitu yang bisa kamu coba:

  • Buat Proposal yang Meyakinkan
mencari investor
Buat proposal. Photo by @charlesdeluvio

Ini hal yang sangat formal sekali. Namun, inilah yang penting. Karena proposal yang kamu buat yang akan menunjukkan seberapa potensial bisnis yang kamu jalankan sehingga investor yakin menaruh uang di bisnis kamu tersebut.

Setidaknya dua hal yang akan dilihat oleh investor. Yang pertama adalah visi misi perusahaan kamu. Dan kedua, apa rencana yang kamu akan lakukan sebagai penerapan dari visi misi tersebut. Jika kamu mampu memaparkan dalam proposal secara baik, maka investor akan melirik perusahaan kamu dan menginvestasikan dana mereka.

Baca juga: Alternatif Mencari Modal Usaha Selain Utang di Bank

  • Jelaskan Risiko Bisnis Kamu
mencari investor
Jelaskan risiko bisnis. Photo by @officestock

Bisnis apapun pasti ada risiko. Daripada kamu menutupi risiko tersebut, akan lebih baik jika kamu memaparkannya. Namun, lengkapi dengan pemaparan bagaimana kamu mengantisipasi risiko tersebut.

Investor tahu betul bahwa setiap bisnis itu punya risiko. Justru ketika kamu tidak menjelaskan risiko usaha, maka kamu dianggap menutup-nutupi. Dan kamu dianggap sebagai pengusaha yang hanya ingin menunjukkan hal baik saja, bukan hal obyektif yang seharusnya kamu jelaskan.

  • Buat Strategi Usaha yang Kamu akan Jalankan
Buat strategi. Photo by Pixabay

Poin ketiga ini juga sangat penting. Biasanya, investor akan melihat laporan keuangan dari awal perusahaan kamu berdiri hingga sekarang. Jika laporan menunjukkan tren positif, kemungkinan besar investor akan tertarik. Mereka akan semakin tertarik jika kamu menjelaskan strategi ke depan yang akan kamu lakukan itu seperti apa untuk memajukan perusahaan.

Kamu harus ingat investor menaruh uang ke perusahaan kamu pasti ingin perusahaan kamu profit lebih banyak dari sebelumnya. Karena dengan inilah investor mendapatkan sharing profit yang banyak juga.

Nah, itulah beberapa strategi cerdas saat kamu mencari investor. Yang pasti, ada banyak sekali orang kaya yang mau berinvestasi. Dengan satu syarat. Bisnis kamu harus bagus dan ada potensi untuk berkembang. Jika bisnis kamu memenuhi kriteria, kamu justru tidak perlu mencari seorang investor tapi justru investor yang bakal berbondong-bondong ingin berinvestasi di bisnis kamu.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai