Khiasan.id, Produk Home Decor dari Kerajinan Macrame

produk home decor
Khiasan.id, Produk Home Decor dari Kerajinan Macrame. Photo by KlikCair
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Di masa pandemi seperti sekarang, banyak pekerja yang mau tidak mau harus bekerja di rumah atau biasa disebut dengan work from home (WFH). Nah di masa WFH ini, tentu kamu cukup bosan menjalankannya terlebih jika sudah hampir setahun lamanya. Untuk itu, banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya mendekor rumah atau tempat kerja dengan memasang produk home decor agar suasananya tidak membosankan.

Salah satu bisnis yang menyediakan produk home decor yang bisa dicoba ialah Khiasan.id. Bisnis yang dimiliki oleh Indah Amalia Hasan ini menyediakan home decor dari kerajinan macrame. Tidak hanya home decor saja sebenarnya produk dari Khiasan.id. Ada tableware hingga produk fashion berupa tas yang dalam pembuatannya menggunakan teknik kerajinan macrame.

Awal Mula Khiasan Bikin Produk Home Decor

Indah mengaku bahwa Khiasan baru dimulai pada bulan Oktober 2020. Awalnya, sebelum masa PSBB yaitu tepatnya Maret 2020, Indah mengikuti sebuah workshop macrame bag yang diadakan oleh komunitas RISKA (Remaja Masjid Sunda Kelapa, Jakarta).

“Pada saat mengikuti workshop itulah saya mengenal dan belajar simpul sederhana macrame. Di situ saya juga belajar membuat tas dengan teknik ikatan sederhana macrame. Dari hal itu saya mulai mengekspolr sendiri jenis ikatan lainnya dengan melihat video tutorial di yotube,” kata Indah Amalia Hasan kepada KlikCair.

“Ditambah lagi saat memasuki masa PSBB, otomatis banyak waktu luang karena WFH, jadi saya tertarik untuk membuat satu hiasan dinding pertama saya. Mulai dari situ, datang tawaran dari teman saya untuk membuatkan macrame wall hanging namun beda model dan warna. Sehingga saya merasa tertantang untuk membuat suatu hal yang baru,” ujarnya menambahkan.

Berawal dari pesanan tersebut, akhinya banyak teman-temannya yang lain mengetahui bahwa Indah sedang senang membuat macrame. Apalagi pada bulan Juni ia resmi keluar dari pekerjaan utamanya karena kantor tempat Indah bekerja terdampak pandemi corona. Dari hal itu, ia mulai fokus belajar menjalankan bisnis, mengatur keuangan, pemasaran, hingga inventarisasi material serta perlengkapannya.

Keunggulan Khiasan

Indah mengungkapkan bahwa produk-produk yang dibuatnya memiliki keunggulan tersendiri. Seperti, produknya lebih personalized karena pemesan bisa memesan produk sesuai dengan seleranya, tidak terbatas pada katalog yang sudah ada. Bahkan, biasanya sering terjadi diskusi antara Indah dengan pelanggan sebelum akhirnya memutuskan untuk membuat suatu desain pesanan.

“Saya senang setiap kali ada yang memesan dengan desain yang berbeda, karena dengan begitu khiasan menjadi bertambah portfolio-nya. Selain itu, saya jadi bisa membuat produk atau karya yang dekat dengan pemiliknya. Hasilnya, bisa hanya ada 1 dan khusus dibuatkan untuk pelanggan tersebut” kata Indah.

Meski begitu, Indah mengaku hingga saat ini ia belum memiliki karyawan. Ia masih mengerjakan produknya sendiri. Namun, saat ini ia sudah memiliki seorang reseller.

Adapun untuk omset yang didapatkan dari Indah berjualan produk home decor Khiasan.id ini sudah mencapai sekitar Rp600.000 – Rp1.500.000.

Demikianlah cerita singkat bagaimana Indah menjalankan bisnis Khiasan.id. Nah bagi TemanKlik yang penasaran dengan produk dari Khiasan, kamu bisa mengunjungi akun instagram @khiasan.id atau bisa langsung menghubungi ke nomor 089650992274.

Percaya diri dengan produk yang kamu buat. Coba mulai pasarkan produknya di media sosial, gunakan foto dan deskripsi yang menarik. 

Info lebih lanjut

Alamat: Pancoran, Jakarta Selatan
Telepon : 089650992274
Instgram : @khiasan.id


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai