Keunikan Cita Rasa dari Jogja, Mie Kakap Restoran Mahkota

Mie Kakap Restoran Mahkota Asli Jogja
Waktu baca: 2 menit

Bagi para penggemar mie, pasti sudah tidak heran dengan banyaknya makanan olahan yang berbahan dasar mie. Mie sendiri merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang mengandung karbohidrat, protein, dan kandungan zat besi. Selain itu mie juga bisa dimodifikasi jadi mie yang berkualitas, dengan campuran dari berbagai sayuran yang ada.

Ada banyak jenis mie yang saat ini beredar di kalangan masyarakat, di antaranya ialah mie telor, mie soun, kwetiauw, hingga bihun. Dari sekian banyak jenis mie yang ada, apakah kamu pernah mendengar dan mencoba mie Kakap?

Mie Kakap salah satu menu favorit Ratu Mahkota

Mie Kakap merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh salah satu restoran Chinese di Yogyakarta yaitu Restoran Mahkota yang sebelumnya dikenal dengan Rumah Makan Tiong San. Restoran yang terletak di Jalan Pajeksan No. 25, Ngupasan, Gondomanan, ini sudah berdiri sejak 1937. Selain Mie Kakap, restoran Mahkota juga menjual makanan-makanan berat khas restoran pada umumnya.

Kelezatan Mie Kakap Jogja ini mesti kamu coba
Kelezatan Mie Kakap Jogja ini mesti kamu coba. Photo by KlikCair.

Dengan harga Rp 60,000 kamu sudah bisa menyantap satu porsi Mie Kakap yang bisa dinikmati oleh 3 hingga 4 orang. Selain menyantap kenikmatan Mie Kakap di restorannya langsung, restoran ini juga menyediakan Mie Kakap dalam bentuk kering atau belum diolah. Ketahanannya sendiri apabila berada dalam kondisi suhu ruangan bisa bertahan hingga 1 bulan, dan jika dimasukan ke kulkas bisa mencapai 3 bulan.

Mie Kakap juga tersedia dalam bentuk kering.
Mie Kakap Kering Buatan Restoran Ratu Mahkota. Photo by KlikCair.

Yang paling menarik, dalam proses pembuatannya sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet apapun. Selain itu, proses pembuatan Mie Kakap juga membutuhkan waktu yang cukup lama karena prosesnya masih manual dan tidak memanfaatkan mesin sama sekali.

Baca juga: 5 Keahlian yang Dibutuhkan Agar Sukses Buka Usaha Kuliner

“Jadi, sang Koki dalam membuat Mie Kakap ini masih mengandalkan pisau untuk memotong-motongnya. Maka dari itu, ukuran yang dihasilkan dari Mie Kakap ini besar-besar dan itu menjadi keunikan tersendiri,” kata Ibu Liem Ing, salah satu pengelola Restoran Mahkota yang diwawancarai pada acara Maju Festival, Minggu (22/09/2019).

Packagingnya yang rapi memastikan Mie Kakap ini akan tiba di tempat kamu dengan aman.
Mie Kakap Ratu Mahkota bisa jadi alternatif oleh-oleh dari Jogja. Photo by KlikCair.

Bagi kamu yang sedang berlibur ke Yogyakarta dan bingung menentukan oleh-oleh apa yang ingin dibawa, kamu bisa pilih Mie Kakap ini sebagai alternatif selain Bakpia atau Gudeg. Dan jika kamu tinggal di luar kota dan ingin membeli Mie Kakap tersebut, kamu bisa memesan dan nantinya pihak restoran akan mengirimkan Mie Kakap dalam kondisi kering melalui ekspedisi. Dengan begitu, kamu tidak usah khawatir tidak bisa menikmati Mie Kakap saat lokasimu jauh dari Yogyakarta.

Info lebih lanjut:
Restoran Mahkota
Jl. Pajeksan No. 25, Ngupasan, Gondomanan
Yogyakarta
No. Telepon: +62 274 513568

You may also like...

Leave a Reply