Ide Bisnis Mahir Bahasa Inggris dengan Prospek Menjanjikan

Ide Bisnis Mahir Bahasa Inggris dengan Prospek Menjanjikan
Ide Bisnis Mahir Bahasa Inggris dengan Prospek Menjanjikan. Photo by Freepik
Waktu baca: 3 menit

Mahir berbahasa Inggris menjadi berkah tersendiri. Kamu bisa memaksimalkan keterampilan tersebut untuk membangun sebuah bisnis. Lantas, apa saja ide bisnis mahir Bahasa Inggris yang cocok digeluti?

Keterampilan menggunakan bahasa asing tidak sekedar untuk berkomunikasi saja. Terlebih Bahasa Inggris yang dikenal sebagai bahasa Internasional.

Berbekal keterampilan berbahasa ini, kamu bisa membuka dan mengembangkan sebuah bisnis. Tentunya, bisnis tersebut menjanjikan keuntungan sehingga cocok untuk ditekuni.

Di sini, kami akan menunjukkan beberapa peluang bisnis bagi kamu yang mahir berbahasa Inggris. Jadi, mari simak beberapa idenya di bawah ini!

Baca juga: Pahami, Sustainable Business Adalah Kunci Sukses Pebisnis di Era Modern

Ide Bisnis untuk yang Mahir Berbahasa Inggris

Ide bisnis untuk yang mahir berbahasa Inggris
Ide Bisnis untuk yang Mahir Berbahasa Inggris. Photo by Pexels

Selain sebagai pendukung karir di dunia pekerjaan, nyatanya bahasa Inggris juga bisa dimaksimalkan untuk membuka bisnis. Berikut ini beberapa ide bisnis mahir Bahasa Inggris yang dapat kamu pertimbangkan.

1. Translator

Translator atau penerjemah bahasa banyak dicari di tengah masyarakat. Beberapa perusahaan hingga instansi membutuhkan jasa ini. Tentunya, keterampilan ini akan dihargai cukup tinggi.

Tugas utamanya adalah menerjemahkan bahasa. Baik dari Indonesia ke Inggris atau dari Inggris ke Indonesia.

Kunci utamanya adalah ketepatan dalam menerjemahkannya. Di samping itu, pemilihan diksi dan grammar yang tepat harus diutamakan.

Untuk menjadi penerjemah, kamu bisa membuka layanan mandiri atau bergabung ke dalam situs penerjemah bahasa. Dari sini, penghasilan akan didapatkan. Bahkan, pendapatannya bisa lebih tinggi.

2. Guru Privat Bahasa Inggris

Ide bisnis yang juga menarik untuk dicoba adalah membuka jasa sebagai guru privat. Jasa ini dibutuhkan untuk membantu pelajar agar lebih mahir dalam berbahasa.

Biasanya, orang tua lebih memilihnya karena pengajaran yang dilakukan lebih terfokus. Artinya, orang tua sadar jika pilihannya akan memberikan hasil yang signifikan.

Pilihan seperti ini tentu membuka peluang. Kamu bisa membuka jasa sebagai guru privat dan mempromosikannya di tengah masyarakat.

Promosi ini bisa dilakukan di berbagai platform. Yang paling mudah adalah promosi melalui media sosial.

Jika kamu bisnis sudah berjalan, hasilnya jauh lebih menjanjikan. Bahkan jika dibandingkan dengan guru di sekolah.

Alasannya, kamu bebas menentukan tarif mengajar di tiap pertemuan. Kemudian, terkadang orang tua juga akan memberikan tip sebagai tambahan penghasilan.

3. Penulis Artikel Berbahasa Inggris

Apabila kamu lancar berbahasa Inggris, kamu dapat memanfaatkan keterampilan ini untuk membuka jasa penulisan artikel. Peluang ini sangat menjanjikan. Karena, kamu akan mendapatkan penghasilan di tiap kali menyelesaikan artikelnya.

Menariknya, penulis artikel berbahasa Inggris ini banyak dicari oleh perusahaan. Baik perusahaan di Indonesia atau luar negeri.

Untuk penulisan ini, kamu harus memiliki kosakata cukup luas. Kemudian, pemilihan diksinya juga tepat. Dengan begitu, artikel yang dibuat lebih enak dibaca.

Untuk memulainya, kamu bisa membuat profil di berbagai media sosial yang profesional. Setelah itu, lakukan promosi mengenai jasa yang hendak ditawarkan.

Setelah mendapatkannya, pastikan untuk mengerjakannya dengan maksimal. Tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan. Bahkan, membuat pengguna jasa tertarik untuk memperpanjang kerja sama.

Selama kamu bisa memberikan layanan yang terbaik, jasa yang ditawarkan akan terus digunakan. Secara tidak langsung, kamu sudah berhasil untuk menjalankan bisnis.

4. Membuka Kursus

Ide bisnis mahir Bahasa Inggris lainnya adalah membuka kursus. Bisnis ini juga memiliki prospek yang cerah. Karena, masyarakat di era modern membutuhkan seseorang yang terampil untuk membimbingnya.

Ketika membuka sebuah kursus, persiapkan beberapa fasilitas penunjangnya. Di antaranya adalah tempat, buku hingga perlengkapan pendukung lainnya.

Jika melihat dari persiapannya, ini menunjukkan bahwa modal yang dibutuhkan juga cukup banyak. Tetapi, modal yang dikeluarkan akan sepadan dengan apa yang akan kamu dapatkan nanti.

5. Membuka Jasa Tour Guide

Apakah tempat tinggal kamu dekat dengan obyek wisata? Jika benar, membuka layanan jasa tour guide layak untuk dipertimbangkan.

Tentu saja, target utamanya adalah turis asing. Tetapi, bisa juga wisatawan lokal yang memang membutuhkan pemandu wisata.

Tantangannya, layanan ini membutuhkan keterampilan berbahasa dan pengetahuan seputar lokasi. Tentunya, kamu harus mempelajari seluk beluk lokasi sehingga bisa memberikan tambahan pengetahuan bagi pengguna jasa.

Di samping itu, kamu mungkin perlu bekerja sama dengan layanan lain seperti persewaan kendaraan. Ini berlaku jika tidak memiliki layanan untuk menyewakan kendaraan pada wisatawan.

Kerja sama seperti ini jauh lebih mudah. Pasalnya, promosi biasanya dilakukan oleh penyedia layanan sewa kendaraan saja.

Kamu akan dilibatkan khusus sebagai pemandu wisata. Tentunya, cukup memandu dan bercakap-cakap dengan wisatawan. Setelah itu, kamu akan mendapatkan bayaran dari layanan yang diberikan.

Tetapi bila kamu ingin mandiri, buka layanan secara profesional. Setelah itu, promosikan layanan tersebut secara tepat.

Opsi tersebut akan memberikan garansi penghasilan yang jauh lebih tinggi. Karena, penghasilan akan didapatkan secara utuh. Bahkan, berpotensi lebih tinggi karena terkadang ada tip tambahan yang diberikan oleh pengguna jasa.

Demikianlah beberapa ide bisnis mahir Bahasa Inggris yang menarik untuk ditekuni. Yang perlu dilakukan adalah kemauan dan keberanian untuk memulai. Kemudian, mulailah promosi secara teratur untuk menemukan pelanggan. Setelah mendapatkannya, berikan pelayanan terbaik sehingga bisnis yang kamu bangun semakin dipercaya oleh masyarakat.

Mungkin Anda juga menyukai