Mau Tahu di Mana Saja Daerah Penghasil Kopi di Indonesia?

Daerah Penghasil Kopi di Indonesia
Mau Tahu di Mana Saja Daerah Penghasil Kopi di Indonesia? Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Ada banyak sekali daerah penghasil kopi di Indonesia. Namun, mana daerah yang memiliki kopi terenak? Mungkin ini pertanyaan yang sulit untuk dijawab. Sebenarnya, setiap pecinta kopi akan memiliki preference tersendiri. Lidah setiap orang berbeda-beda. Mereka bebas menentukan kopi mana yang paling enak menurut masing-masing.

Akan tetapi, kamu harus tahu bahwa 10 daerah ini merupakan penghasil kopi yang menurut kebanyakan orang sangat enak. Apakah salah satunya adalah daerah di mana kamu tinggal?

10 Lokasi Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia 

Berikut ini 10 daerah penghasil kopi terenak di Indonesia menurut kebanyakan pecinta kopi:

  1. Aceh 

Apakah kamu pernah minum kopi gayo? Apakah kamu tahu lokasi penghasil kopi gayo adalah Aceh? Kopi gayo berasal dari sebuah daerah di dataran tinggi di Aceh. Namanya Gayo. Nama kopi ini diambil dari tempat di mana kopi tersebut dibudidayakan. Kabarnya, di daerah ini, petani mampu memanen kopi sebanyak 73.419 ton per tahun. Luar biasa, bukan?

Sebenarnya, tidak perlu diragukan lagi ketika Aceh merupakan daerah penghasil kopi di Indonesia. Dari dahulu kala, masyarakat di sana menjadikan minum kopi sebagai kebiasaan setiap hari, terutama di pagi hari. Ketika kopi menjadi minuman yang sangat difavoritkan, maka para petani kopi pun berlomba-lomba untuk memberikan suplai.

  1. Toraja

Toraja merupakan salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Tengah. Ini juga termasuk penghasil kopi terenak di Indonesia. Ciri khas dari Kopi Toraja adalah aromanya yang harum khas Toraja. Sekarang ini, Kopi Toraja tidak hanya dinikmati masyarakat Sulawesi Tengah saja. Kopi ini juga cocok di lidah pecinta kopi yang ada di luar Sulawesi. Bahkan, banyak pecinta kopi dari luar negeri suka dengan kopi yang satu ini.

  1. Bali

Siapa sangka jika Bali juga ternyata salah satu penghasil kopi terenak di Indonesia. Jika kamu pecinta kopi dan berencana berwisata di Pulau Dewata, sempatkan datang ke daerah Kintamani. Inilah daerah di mana kopi terbaik di Bali di budidayakan. Yang menarik dari kopi ini adalah aromanya kuat tapi tidak begitu pahit di lidah. Kemungkinan besar ini disebabkan karena kondisi tanah di mana kopi tersebut ditanam.

Baca juga: Apapun Gol Bisnismu, Pelajari Cara Capai Target Tahunan Ini

  1. Lampung

Lampung sempat dinobatkan sebagai produsen kopi terbesar kedua di Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan. Pertama, lahan pertanian kopi di sana sangat luas. Yang kedua, masyarakat sana sudah menjadikan minum kopi sebagai kebiasaan turun menurun dari nenek moyang. Ciri khas dari Kopi Lampung adalah teksturnya yang sangat halus. Namun, jangan tanya masalah rasa. Meskipun teksturnya halus, rasanya sangat kuat.

Kebanyakan kopi dari Lampung itu adalah kopi robusta. Jika kamu pecinta robusta, kamu tidak boleh melewatkan mencoba kopi yang satu ini.

  1. Sumatera Selatan

Nama daerah penghasil kopi di Indonesia yang satu ini memang masih asing. Akan tetapi, siapa sangka jika Sumatera Selatan menyumbang kurang lebih 26 persen produksi kopi yang ada di Indonesia. Salah satu nama kopi yang terkenal dari daerah ini adalah Kopi Gerudag? Sudah pernah mencoba? Atau jangan-jangan kamu baru pertama kali mendengar nama ini? Kamu harus mencoba.

  1. Sumatera Utara

Pernah dengar nama Kopi Mandailing? Ini merupakan kopi yang berasal dari Sumatera Utara. Kopi ini sudah mendunia lho. Ada nama internasionalnya, yaitu Mandheling Coffee. Ada yang bilang kopi ini memiliki cita rasa yang aneh. Rasanya kompleks. Teksturnya halus namun aroma dan rasanya begitu kuat. Untuk kamu yang merupakan pecinta kopi, kamu harus coba Kopi Mandailing dari Sumatera Utama ini.

  1. Jawa Tengah

Ada banyak sekali daerah di Jawa Tengah yang merupakan area pertanian kopi. Sebut saja Dieng. Dataran tinggi yang ada di Kabupaten Wonosobo ini tidak hanya tempat pertanian kentang dan sayuran, melainkan juga kopi. Ada daerah khusus yang bernama Bowongso. Ini daerah pegunungan sekitar Dieng yang ditanami kopi oleh para petani. Kopi yang mereka panen dinamai Kopi Bowongso.

Kopinya sangat pekat. Pahitnya kuat. Aromanya sedikit asam. Ini yang menjadi ciri khas dari Kopi Bowongso, Jawa Tengah.

  1. Jawa Timur

Memang Jawa Timur tidak begitu dikenal sebagai daerah penghasil kopi di Indonesia. Namun, siapa yang menduga ketika daerah ini menjadi daerah keenam terbesar penghasil kopi di Indonesia. Ada dua kopi yang sekarang ini sedang naik pamor. Yaitu Kopi Ijen dan Kopi Raung. Kedua kopi jenis arabika yang ditanam oleh petani yang berada di sekitar Jember, Situbondo, Lumajang, dan Banyuwangi.

  1. Jawa Barat

Di daerah ini, ada beberapa kopi yang sempat dibawa ke Italia. Salah satunya Kopi Masigit. Ini termasuk kopi andalan dari Jawa Barat. Ini kopi jenis arabika. Tidak hanya masyarakat saja yang berpendapat bahwa Kopi Masigit ini enak. Dinas Perkebunan setempat juga mengatakan hal yang sama.

  1. Bengkulu

Ada daerah di Bengkulu yang berada di ketinggian 1.400 MDPL. Di sanalah lokasi di mana kopi robusta terbaik dibudidayakan. Luas lahannya juga tidak kecil, mencapai 85.703 hektar. Dan lahan tersebut, tercatat sekitar 62 ribu ton kopi bisa diproduksi selama satu tahun.

Itulah 10 daerah penghasil kopi di Indonesia. Apakah salah satunya daerah kamu?

Artikel Lainnya