5 Tips Kelola Keuangan Jelang Lebaran yang Perlu Diketahui

Tips kelola keuangan jelang lebaran.
Tips kelola keuangan jelang lebaran. Photo by Portal Riau 24
Waktu baca: 3 menit

Lebaran adalah hari spesial yang umat muslim di seluruh dunia tunggu-tunggu. Di hari itu, umat muslim merayakannya dengan bersama keluarga dan saling memaafkan. Dikarenakan hari yang istimewa, pengeluaran menjelang lebaran biasanya cukup membengkak. Banyak pengeluaran yang hanya ada di hari lebaran, seperti membeli kue, baju baru, hidangan lebaran dan sebagainya. Untuk itu, sebelum kamu merasa tertekan akibat pengeluaran yang membengkak, ada baiknya mengetahui tips untuk kelola keuangan jelang lebaran.

Apa saja tips kelola keuangan jelang lebaran yang perlu diketahui? Berikut penjelasannya:

Luangkan Waktu untuk Membuat Rencana Keuangan

Mengatur uang dalam waktu singkat.
Luangkan waktu untuk buat rencana keuangan. Photo by Pexels

Agenda yang satu ini yakni membuat rencana keuangan yang harus kamu persiapkan sebelum memulai bulan Ramadhan. Kamu dapat melakukannya dengan menyusun rencana dengan membuat list atau daftar kebutuhan. Hal ini berguna untuk mengontrol jalannya keuangan kamu nantinya. Jangan lupa susun rencana tersebut dengan rinci dan realistis supaya dalam membelinya pun Kamu tidak merasa kaget.

Beli Sesuatu yang Dibutuhkan

Tips hemat untuk ibu rumah tangga.
Beli barang sesuai kebutuhan. Photo by Pexels

Usahakan untuk membeli sesuatu yang lebih kamu prioritaskan dan sesuaikan dengan pemasukan kamu. Kamu tidak boleh menyiapkan langkah yang no 1 dengan sembarangan. Sebab, hal-hal yang perlu dimasukkan ke dalam list merupakan hal-hal yang kamu butuhkan saja. Jangan lupa persiapkan juga daftar yang sesuai untuk menu sahur dan berbuka puasa dengan mencantumkan harga yang masuk akal. Sesuaikan dengan harga di pasaran saat Ramadhan sehingga rencana keuangan yang kamu buat nantinya sesuai dapat memenuhi tujuan dalam mengelola keungan di bulan Ramadhan.

Baca juga: Wajib Baca! Tips Kelola THR Jelang Lebaran

Mengelompokkan Keuangan Kamu ke Beberapa Kebutuhan Tertentu

kelola keuangan jelang lebaran
Kelompokkan keuangan sesuai kebutuhan. Photo by @sharonmccutcheon

Pengelompokkan ini dapat kamu lakukan untuk hari raya. Mengingat keperluan kamu semakin banyak apa lagi ketika harga bahan pokok melonjak naik. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan pengelompokan keuangan. Hal ini harus kamu lakukan sehingga kebutuhan saat ini dan yang akan dating dapat terkendali sesuai dengan harapan awal dalam mengelola keuangan jelang lebaran. Persiapkan pula pengeluaran tersebut mulai dari sekarang dan mulailah untuk rajin menabung supaya dapat menutup kebutuhan-kebutuhan yang tidak terduga jelang lebaran. Hindari hutang untuk kebutuhan-kebutuhan yang tidak perlu meskipun sedikit. Kamu cukup membeli sesuatu sesuai dengan kebutuhan financial saja sehingga bulan Ramadhan juga dapat kamu jalani dengan tenang dan bahagia.

Membuat Catatan Pengeluaran Harian Meskipun itu Sedikit

Melakukan pencatatan arus kas.
Melakukan pencatatan arus kas. Photo by Pixabay

Membuat catatan harian juga sangat perlu untuk kamu lakukan dalam mengelola keuangan termasuk mengelola keuangan jelang lebaran. Mengapa demikian? Sebab, dengan mencatat pengeluaran harian, maka kamu dapat memantau ke mana saja dan untuk apa saja uang tersebut lari. Dengan demikian, Kamu akan selalu ingat untuk kembali ke tujuan awal yaitu berhemat dengan melihat apa saja pengeluaran yang telah kamu lakukan. Dengan begitu, mengelola keuangan jelang lebaran akan lebih aman.

Jangan Terlalu Sering Berbuka Puasa di Luar

Kurangi kebiasaan makan di luar.
Kurangi kebiasaan makan di luar. Photo by @priscilladupreez

Mungkin jika situasinya tidak dalam kondisi pandemic saat ini, berbuka puasa di luar merupakan salah satu pengeluaran yang harus kamu tekan. Hal ini karena saat buka puasa di luar biasanya cukup menguras pengeluaran. Sebenarnya, kamu bisa berkumpul dengan teman-teman dengan memasak makanan buka puasa bersama, misalnya? Hal ini tentu lebih hemat untuk kantongmu. Tapi karena saat ini tengah dalam social distancing, jadi pengeluaran buka puasa di luar bisa ditekan tanpa usaha lebih.

Nah itulah beberapa tips kelola keuangan jelang lebaran yang bisa kamu terapkan. Semoga dengan tips di atas, kondisi keuangan kamu akan tetap aman jelang lebaran.

You may also like...