Mengenal Apa Itu Analisis Peluang Usaha: Pengertian, Tujuan, Cara dan Metodenya

Cara menganalisis peluang usaha
Mengenal Apa Itu Analisis Peluang Usaha: Pengertian, Tujuan, Cara dan Metodenya. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

7 Cara Melakukan Analisis Peluang Usaha

Bagaimana cara melakukan analisis peluang usaha? Nah, berikut ini adalah cara-cara untuk dapat menganalis peluang usaha demi mendapatkan hasil yang maksimal, yaitu;

  • Menentukan Peluang Usaha

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan peluang usaha dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT akan menganalisis keseluruhan aspek mulai dari kelemahan, kelebihan, hambatan, kesempatan hingga cara jalan keluar jika terjadinya hambatan. Analisis SWOT dapat jadi langkah preventif jika terjadi hambatan dalam bisnismu dikemudian hari.

  • Mengantisipasi Ancaman Bisnis

Berikutnya adalah antisipasi ancaman bisnis. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Namun, jika kamu sudah mempersiapkan bagaimana cara menaggulangi hal-hal terburuk apa saja yang memungkinkan akan terjadi di masa depan, tentu akan membuat bisnismu bertahan di masa sulit sekalipun.

  • Menetukan Target Pasar

Selain mempersiapkan untuk mencari solusi disaat keadaan terburuk terjadi, kamu perlu menentukan target pasar dari bisnis yang kamu jalani. Jika kamu tidak menentukan target pasar dengan benar, tentunya proses penjualan akan terhambat. Jika proses penjualan terhambat akan berimbas pada keuntungan yang akan kamu peroleh nantinya.

  • Menghitung Anggaran Dana

Sebuah bisnis tidak akan dapat bergerak jika tidak ada dana. Semua bisnis memang membutuhkan dana agar dapat berjalan dengan semestinya. Maka dari itu, penting untuk menghitung anggaran dana. Jangan sampai kamu malah merugi.

  • Merencanakan dan Menjalankan Promosi

Apalah artinya produk yang berkualitas namun tidak dikenal oleh orang banyak. Maka dari itu, peran promosi sangat berdampak akan kelancaran penjualan barang dalam suatu bisnis. Agar produk yang kamu produksi dapat dikenal orang banyak, tentunya kamu perlu untuk merencanakan strategi promosi yang tepat. Tidak hanya merencanakannya saja, namun kamu juga harus menjalankannya dengan baik.

  • Meminta dan Menerima Saran dan Kritik

Saran dan kritik faktanya sangat membantu bisnismu untuk lebih maju. Meminta dan menerima saran dan kritik dari orang lain dapat membantumu untuk tahu apa yang harus kamu kembangkan dan perbaiki. Dengan menerima saran dan kritik, bisnismu akan mudah untuk maju dan berkembang menjadi lebih baik lagi.

  • Melakukan Evaluasi

Tidak hanya meminta dan menerima kritik saja, jika kamu ingin maju kamu harus bergerak. Oleh karena itu, penting bagimu untuk mengevaluasi hal-hal yang menjadi hambatan untuk majunya bisnis atau usahamu.

Metode Analisis Peluang Usaha

Setelah mengetahui bagaimana cara-cara menganalisis peluang usaha, ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan dalam mengumpulkan data analisamu. Metode tersebut, yaitu;

  • Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat)
  • Menggunakan Metode Business Plan
  • Menganalisis dengan Pertanyaan 5W + 1H  (What, Where, When, Why, Who dan How)
  • Dengan Studi Kelayakan Bisnis atau Usaha

Demikianlah cara menganalisis peluang usaha beserta penjelasan mengenai metode-metode yang dapat digunakan. Semoga kamu bisa menerapkannya di bisnismu ya TemanKlik!

Mungkin Anda juga menyukai