Mengenal Apa Itu KTA dan Perbandingannya dengan KDA

Mengenal Apa Itu KTA dan Perbandingannya dengan KDA. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Baik bank ataupun lembaga non-bank seperti perusahaan fintech saat ini menyediakan layanan yang sangat beragam. Tentunya layanan-layanan ini sangat mempermudah para nasabah diberbagai aspek yang berkaitan dengan keuangan.

Kini meminjam uang banyak pilihannya. Pihak-pihak pemberi pinjaman yang legal juga banyak sekali saat ini. Mulai dari yang harus memberikan jaminan sampai tidak mewajibkan pihak yang ingin meminjam untuk memberikan jaminan.

Layanan untuk pemberian pinjaman sering dikenal sebagai KTA ataupun KDA. Mari ketahui tentang layanan ini lebih dalam.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Pinjaman Usaha Tanpa Jaminan

Apa Itu KTA?

ilustrasi pinjaman
Apa itu KTA. Photo by Pexels

Kredit Tanpa Agunan atau KTA merupakan layanan yang diberikan oleh pihak peminjam kepada pihak yang akan meminjam tanpa harus memiliki agunan atau jaminan. Lembaga-lembaga yang menyediakan KTA biasanya dari bank ataupun Lembaga non-bank seperti perusahaan fintech.

Walaupun sama-sama tidak ada jaminan, syarat pengajuan KTA dari bank ataupun lembaga non-bank berbeda. Jenis KTA yang ditawarkan setiap bank pun berbeda-beda. Setiap bank memiliki programnya masing-masing. Begitu juga dengan syaratnya. Namun syarat yang paling umum biasanya calon nasabah harus mempersiapkan;

  • Kartu tanda penduduk
  • Bukti penghasilan/slip gaji terakhir
  • Surat izin usaha dan praktik untuk kalangan professional dan wirausaha
  • Rekening bank
  • Nomor pokok wajib pajak

Selain harus memenuhi data-data tersebut, biasanya calon nasabah diwajibkan memiliki kartu kredit dari pihak bank. Dari data ini juga, pihak bank dapat menentukan akan memberikan KTA kepada nasabah atau tidak.

Berbeda jika kamu ingin mengajukan KTA di perusahaan fintech. Karena berbasis teknologi, proses pengajuannya juga relatif mudah dan cepat. Pengajuan pinjaman akan dilakukan secara online dan tidak perlu tatap muka. Sama seperti bank, syarat dan ketentuan setiap perusahaan fintech juga berbeda-beda. Pada umumnya, calon nasabah tidak diwajibkan untuk memiliki kartu kredit saat ingin melakukan pinjaman di perusahaan fintech.

Pencairan dananya juga sangat cepat. Pencairan dana di bank membutuhkan waktu paling cepat 1 minggu. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 hari saja jika ingin melakukan pinjaman di perusahaan fintech.

Apa Itu KDA?

Ilustrasi pinjaman
Apa itu KDA. Photo by Pixabay

Kredit Dengan Agunan atau KDA merupakan layanan yang mengharuskan calon nasabahnya untuk memberikan jaminan. Jaminan yang diberikan cukup beragam. Biasanya tergantung dari kesepakatan antara pihak peminjam dan calon nasabah. Jaminan dapat berupa barang atau aset seperti surat kendaraan, sertifikat rumah, motor, emas ataupun deposito.

Perbandingan Antara KTA dan KDA

Beberapa lembar uang kertas yang dipegang
Perbandingan KTA dan KDA. Photo by Pexels

Lalu, mana yang lebih baik? KTA atau KDA? Semuanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kamu memilih untuk mengikuti program KTA, hal yang paling menguntungkan adalah tidak adanya agunan atau jaminan. Karena tidak semua orang memiliki barang atau aset yang dapat dijadikan jaminan. Selain itu syarat dan prosesnya juga sangat cepat dan fleksible. Tentunya ini menjadi nilai tambah dimata calon nasabah.

Namun dibalik keuntungannya, KTA memiliki kelemahan di suku bunganya. Suku bunga KTA relatif tinggi. Karena proses yang cepat, sering mengandalkan teknologi dan prosesnya tidak rumit, sering terjadinya penipuan. Penting bagimu untuk lebih selektif.

Jika dibandingkan dengan KTA, KDA memiliki keuntungan dalam perihal suku bunga. Nilai suku bunga KDA relatif rendah. Keunggulan selanjutanya juga masalah waktu. Saat kamu menggunakan KDA tambahan jangka waktunya cenderung lebih lama dibandingkan dengan KTA.

Namun disaat kamu tidak bisa melunasi tagihan ataupun cicilan, maka pihak peminjam akan menjual atau melelang barang dan aset yang menjadi jaminanmu.

Setelah mengetahui lebih dalam mengenai KTA dan perbandingannya dengan KDA. Kini kamu bisa menentukan layanan mana yang paling cocok sesuai dengan kebutuhanmu. Namun selalu pastikan tempat kamu meminjam di tempat yang legal dan sudah terdaftar di OJK ya.

Artikel Lainnya