5 Keunggulan Bersepeda Bagi yang Ingin Hemat Pengeluaran

bersepeda hemat pengeluaran
Waktu baca: 3 menit

Bersepeda memang dipercaya menjadikanmu lebih hemat dalam hal pengeluaran. Berbeda saat kamu memiliki kendaraan bermotor. Sudah tentu kamu harus memikirkan bahan bakar, biaya perawatan, hingga pajak tahunan.

Tidak hanya itu saja, dengan mengendarai kendaraan bermotor, kamu harus menyiapkan dana lebih untuk biaya parkir, biaya masuk tol, dan siap menghadapi kemacetan yang sering terjadi di kota besar.

Maka dari itu, daripada membeli kendaraan bermotor, alangkah baiknya kamu menggunakan sepeda. Apalagi saat ini sudah banyak jenis sepeda yang dijualbelikan, seperti sepeda lipat yang simpel, city bike, hingga sepeda hybrid.

Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan bersepeda, misalnya menjaga kebugaran tubuhmu. Selain itu, masih ada banyak manfaat lain dari bersepeda yang akan kamu rasakan. Berikut daftar dan penjelasannya.

Mengurangi biaya bahan bakar

Hemat bahan bakar.
Bersepeda bikin kamu hemat bahan bakar. Photo by @gabpili

Kendaraan bermotor normalnya membutuhkan bahan bakar untuk bisa melaju. Itu berarti kamu harus mengeluarkan biaya untuk bahan bakar setiap hari. Walaupun saat ini sudah ada teknologi untuk mengirit bahan bakar kendaraan bermotor, namun tetap saja kamu harus menyiapkan dana untuk hal itu. Lain halnya dengan bersepeda. Kamu tidak perlu pusing memikirkan biaya bahan bakar. Selama kamu bisa mengayuh pedal, sepeda itu akan tetap melaju.

Biaya perawatan berkurang

bersepeda hemat pengeluaran
bersepeda hemat pengeluaran biaya perawatan. Photo by Pexels

Agar bisa bekerja dengan optimal, kendaraan bermotor sudah pasti harus dirawat secara rutin dan berkala. kamu harus mengganti oli, cek ban kendaraan, beli sparepart untuk mengganti yang rusak, dan lain-lain.

Hal di atas tidak perlu dilakukan saat kamu mengendarai sepeda. Memang, perawatan untuk sepeda juga diperlukan agar lebih awet. Namun, perawatan yang dilakukan bisa dikatakan lebihi murah daripada perawatan kendaraan bermotor.

Beli sepeda tidak mahal

Harga sepeda lebih murah.
Harga sepeda lebih murah. Photo by Pexels

Saat ini, untuk membeli sepeda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Apalagi dengan banyaknya jenis dan merk, kamu bisa memilih yang sesuai dengan dirimu. Biasanya, sepeda yang berkualitas bagus bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 2-5 jutaan saja. Belum lagi jika kamu membeli sepeda second yang masih bagus, paling tidak harga bisa lebih murah.

Berbeda saat kamu harus membeli motor, meskipun ada beragam jenis dan merek, tetap saja harganya pasti berada di atas Rp 10 juta. Kalaupun memutuskan untuk beli second, pasti kamu harus teliti sebab bisa saja di luar terlihat bagus tapi di dalam seperti mesin dan onderdilnya sudah rusak berat.

Baca juga: Inilah Tips Beli Mobil Baru Agar Dapat Harga Terbaik

Badan lebih bugar walau tidak ke pusat kebugaran

Badan lebih sehat.
Badan lebih sehat tanpa perlu ke pusat kebugaran. Photo by @victorfreitas

Dengan bersepeda, badanmu bisa lebih bugar karena bersepeda termasuk dalam latihan kardio yang bisa membakar sebagian besar kalori. Sebuah studi pada 2010 pernah menyebutkan bahwa pengendara sepeda ternyata lebih jarang sakit daripada mereka yang bukan pengendrara sepeda. Itu artinya, dengan bersepeda secara rutin bisa meningkatkan kondisi kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuhmu dari penyakit.

Tidak memikirkan biaya parkir

bersepeda hemat pengeluaran biaya parkir.
Tidak perlu memikirkan biaya parkir. Photo by Pexels

Memang saat ini sudah ada beberapa tempat yang menerapkan biaya parkir ke sepeda. Namun, biaya parkir sepeda sudah tentu tidak semahal parkir motor atau mobil bukan?

Itulah beberapa keunggulan bersepeda bagi yang ingin hemat, mulai dari manfaat kesehatan fisik, sampai menghemat biaya pengeluaran. Kamu tertarik?

You may also like...

Leave a Reply