3 Investasi Wajib untuk Seorang Ayah Agar Keluarga Nyaman

Investasi wajib ayah
Waktu baca: 3 menit

Saat ini sudah mulai banyak bermunculan berbagai jenis investasi untuk masyarakat luas. Dengan makin banyaknya jenis investasi itu, kamu bisa memilih jenis yang diinginkan. Namun, sebagian orang masih beranggapan investasi hanya untuk orang yang kaya saja. Padahal, semua kalangan masyarakat bisa berinvestasi tanpa kecuali.

Bahkan, seorang mahasiswa bisa saja berinvestasi misalnya investasi reksa dana yang bisa dimiliki dengan hanya modal Rp 100 ribu. Selain itu, dengan investasi reksa dana kamu tidak perlu repot untuk memantau pergerakannya. Hal itu karena danamu akan dikelola oleh manajer investasi yang sudah berpengalaman.

Sebenarnya, investasi juga memiliki banyak keuntungan. Salah satunya ialah menjamin kehidupan yang nyaman hingga masa tua. Oleh sebab itu seorang ayah selaku kepala keluarga wajib berinvestasi. Sebab kebutuhan keluarga semakin banyak dan harga juga terus naik.

Adapun investasi yang bisa dipilih oleh seorang ayah ada banyak sekali jenisnya. Namun, ada 3 jenis investasi wajib untuk seorang ayah miliki agar keluarga yang dikepalainya memiliki jaminan di masa yang akan datang. Berikut investasi yang dimaksud.

Investasi kesehatan

Investasi kesehatan ayah
Investasi kesehatan untuk seorang ayah. Photo by Pexels

Sebenarnya, semua anggota keluarga memiliki tugas untuk mencari nafkah. Namun, yang paling wajib menafkahi keluarga ialah seorang ayah. Oleh karena itu, seorang ayah harus memiliki kesehatan yang baik. Semakin sehat seorang ayah maka semakin rendah pula risiko keluarga mengalami kesulitan ekonomi. Makanya bisa dikatakan kesehatan menjadi salah satu investasi yang dimiliki oleh seorang ayah.

Untuk menjaga kesehatan, kamu bisa memulainya dengan olahraga secara teratur dan kurangi makanan yang punya dampak negatif kepada kesehatan. Selain itu, pastikan juga keluargamu memiliki asuransi kesehatan seperti BPJS Kesehatan maupun asuransi swasta. Sehingga kamu bisa menekan pengeluaran yang besar saat harus dirawat di rumah sakit.

Investasi properti

Investasi properti
Rumah, salah satu investasi properti yang harus dilakukan oleh seorang ayah. Photo by Pixabay

Selanjutnya, investasi yang wajib dimiliki seorang ayah ialah investasi properti. Dengan memiliki investasi properti, kamu tidak perlu mengeluarkan uang bulanan untuk membayar sewa tempat tinggal. Untuk memulainya, kamu bisa membeli rumah dengan sistem KPR yang mana sudah hampir semua bank di Indonesia menyediakan fasilitas itu. Dengan sistem tersebut, kamu bisa memiliki rumah walaupun harus mencicil tiap bulannya. Terlebih, harga properti yang selalu naik tiap tahunnya bisa menguntungkan untukmu.

Baca juga: Mengenal Pentingnya Asuransi Properti untuk Perlindungan Aset

Investasi finansial

Investasi emas
Investasi emas untuk menjaga nilai uang yang dimiliki. Photo by Pexels

Investasi wajib bagi seorang ayah yang terakhir ialah investasi finansial, seperti reksa dana, saham, emas, peer-to-peer lending, dan lainnya. Dalam memilih jenis investasi, kamu harus menyesuaikan dengan profilmu sendiri. Selain itu, nominal yang dikeluarkan juga harus disesuaikan dengan pengeluaranmu per bulan. Kamu bisa mencoba mengatur pengeluaran dengan sistem 50/20/30 sehingga tidak merasa keberatan.

Itu dia tiga jenis investasi wajib yang dimiliki oleh seorang ayah. Dengan demikian, masa depan keluargamu bisa terjamin.

You may also like...

Leave a Reply