5 Kebiasaan Agar Keuangan Sehat saat New Normal

keuangan sehat new normal
kebiasaan agar keuangan tetap sehat saat new normal. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Memasuki era new normal, banyak orang yang mengalami masalah dengan kondisi finansial mereka. New normal dapat diartikan sebagai suatu masa di mana kamu diharapkan untuk bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru saat beraktivitas di tengah pandemi corona. Meski begitu, sebenarnya ada beberapa kebaiasaan yang bisa membuat keuangan tetap sehat meski kamu sedang menghadapi era new normal.

Apa saja kebiasaan yang membuat keuangan tetap sehat saat new normal? Berikut penjelasannya.

Disiplin dalam mengelola keuangan

Belajar Atur Uang dari Drakor
Bertanggungjawab dalam mengelola keuangan. Photo by Pixabay

Pengelolaan keuangan dapat disebut sehat jika pengeluaran tidak melebihi pemasukan. Kondisi itu tentu harus bisa didapatkan dengan tetap memenuhi kebutuhan pokok, serta ada sebagian penghasilanmu yang ditabung atau diinvestasikan. Hal itu dapat dicapai dengan disiplin dalam mengelola keuangan.

Maka dari itu, langkah pertama yang bisa dilakukan ialah menyusun anggaran terlebih dahulu. Setelah itu, alokasikan pemasukanmu sesuai dengan perencanaan pos-pos keuangan yang sudah dibuat.

Mengendalikan hasrat untuk belanja

Tidak belanja berlebihan.
Tidak berbelanja secara berlebihan. Photo by @byfoul

Membiarkan kebiasaan konsumtif yang berpotensi membuat keuanganmu tidak sehat adalah hal yang salah. Hal itu perlu untuk dikendalikan di masa new normal karena pusat perbelanjaan, restoran, bioskop, hingga tempat wisata akan kembali dibuka untuk umum.

Di saat seperti inilah sangat penting untuk mengendalikan diri agar tidak mudah tergiur tawaran promo dan diskon. Jangan sampai khilaf membelanjakan uangmu untuk kesenangan diri sendiri. Biasakan untuk belanja sesuai kebutuhan bukan keinginan semata. Biasakan juga untuk membuat anggaran khusus belanja dan sebisa mungkin jangan mengambil jatah dana lainnya jika dana budget untuk belanja sudah habis.

Mempersiapkan dana darurat

keuangan sehat new normal
Dana darurat. Photo by Pexels

Kamu tidak bisa memprediksi dengan tepat mengenai apa saja yang akan terjadi di masa yang akan datang. Terlebih dengan hal-hal yang berkaitan dengan keuangan. Maka dari itu, untuk antisipasi kamu bisa mulai menyiapkan dana darurat dengan menyisihkan sebagaian penghasilanmu. Jika sebelumnya sudah ada dana darurat, kamu bisa menambahkannya lagi.

Dengan adanya dana darurat, kamu bisa lebih siap menghadapi hal-hal yang memiliki kemungkinan buruk di masa yang akan datang.

Menghindari gaya hidup konsumtif

Sudahkah kurangi gaya hidup konsumtif?
Sudahkah kurangi gaya hidup konsumtif? Photo by Pexels

Gaya hidup konsumtif memang harus dihindari. Sebab, gaya hidup tersebut akan memperburuk kondisi keuangamu. Jadi, selama barang yang kamu miliki masih layak dan berfungsi dengan baik sebisa mungkin untuk tidak membeli yang baru agar pengeluaran tidak bertambah.

Hindari berutang untuk hal yang tidak perlu

Saat memutuskan resign, jangan berhutang.
Jangan berutang. Photo by Pexels

Gaya hidup konsumtif biasanya akan berkesinambungan dengan kebiasaan berutang yang sudah tentu akan membuat kondisi keuanganmu tidak sehat. Maka dari itu, kamu harus menghindari utang. Namun, ada kalanya berutang itu diperlukan. Misalnya saja saat kamu tidak bisa memenuhi kebutuhan pokokmu kamu boleh berutang. Perlu diingat bahwa saat berutang harus sesuai dengan nominal kebutuhan pokok tersebut.

Demikian penjelasan mengenai kebiasaan yang dapat membuat keuangan tetap sehat di masa new normal ini. Semoga dapat menambah wawasanmu.

Mungkin Anda juga menyukai